Model Rumah Panggung - Hidup Lebih Sehat dan Segar

Setiap orang memiliki rancangan rumah yang ideal bagi mereka masing-masing. Tak jarang banyak yang memimpikan sebuah hunian berupa rumah panggung dari kayu karena unik dan segar. Tetapi, masalahnya tidak semua orang atau tukang bangunan bisa mewujudkan keinginan tersebut. Karena untuk membangun rumah seperti itu diperlukan keterampilan tinggi.

Tak heran kenapa harga pembuat desain rumah itu sangat mahal. Sudah begitu kita juga harus sabar mengantre jasa mereka, karena mereka biasanya sering kebanjiran order. Intinya, pilihan memang sangat banyak, namun yang kita ingin cari orangt/tukang yang dapat mengaplikasikan keinginan kita.

Meski demikian rumit, soal membuat konsep, kita bisa merancang sendiri bagaimana hunian yang kita inginkan. Kita bisa membuat rumah panggung yang semuanya terbuat dari kayu, artinya rumah kita tidak permanen. Atau kita menggunakan dinding juga tidak masalah tetapi agar terkesan alami lapisi dengan wallpaper berbahan dasar kayu.

Mengapa kayu? Selain terlihat lebih berseni, kayu juga merupakan sesuatu yang membuat nyaman karena memiliki sifat alami. Ya, jika suhu udara di ruangan panas, maka kayu akan dapat mendinginkan ruangan tersebut. Demikian pula jika suhu udara ruangan dingin, maka kayu akan dapat memberi kehangatan. Walaupun belum ada penelitian akan hal ini secara pasti, tetapi yang jelas banyak pendapat demikian beredar di masyarakat.

Model Antik

Kita bisa membuat model rumah bergaya unik dan antik. Bukan hal aneh sekarang jika banyak orang yang memiliki banyak uang, pasti merindukan hunian dengan nuansa alami seperti rumah panggung nan antik.

Bahkan banyak rumah adat di Indonesia merupakan bangunan dengan unsur utama kayu tanpa ketiadaan semen. Pilihannya, rumah dengan tipe panggung yang tinggi agar tidak terkena banjir atau yang lebih terlihat trasidional bisa jadi pilihannya.

Tentu saja sebuah rumah yang mewah dan antik akan terlihat jauh berbeda dengan rumah yang memang dibangun seadanya. Karena urusan kenyamanannya pun berbeda. Apalagi, kenyamanan merupakan sebuah hal penting dan harus disediakan di sebuah hunian.

Variasi Kayu-Bambu

Beberapa model rumah panggung juga menggunakan unsur bambu agar terlihat lebih baik. Meski demikian buka berarti kita dapat mengaplikasikannya seenak hati kita. Tentu saja kita harus melapisinya kembali dengan berbagai macam cat agar tampil lebih oke. Baik menggunakan cat kayu atau menggunakan pernis agar warna alami sebuah kayu dan bambu keluar.Rumah seperti ini bisa menjadi solusi jika kita ingin memiliki hunian yang unik yang beda dari hunian pada umumnya.

Model Modern

Model modern bisa kita jadikan sebagai rumah yang akan kita huni, tetapi biasanya rumah jenis ini lebih banyak digunakan untuk rumah singgah atau villa di daerah pegunungan. Meski demikian, buka berarti tak laik diterapkan di perkotaan. Agar lebih cantik, sediakanlah tanaman di pekarangan. Pastinya, hal itu akan menghadirkan kesan sehat dan segar.

Related posts