Menjaga Kesehatan Saat Cuaca tak Menentu

NERACA

Cuaca di sebagian wilayah Indonesia mulai tak menentu, sewaktu-waktu hujan bisa turun disertai angin kencang. Agar tidak mudah jatuh sakit dalam cuaca buruk seperti ini, Menteri Kesehatan menyampaikan pesan untuk masyarakat.

"Pertama, yang pasti jaga ketahanan tubuh," kata Menteri Kesehatan Nafsiah Mboi saat ditemui usai membuka Lokakarya Nasional Pengembangan dan Pemberdayaan SDM Kesehatan tahun 2013.

Bagaimana cara menjaga kesehatan tubuh, Menkes mengatakan keseimbangan adalah kuncinya. Bila memiliki aktivitas berkegiatan tinggi, maka harus diimbangi dengan istirahat yang cukup. Ia berpesan untuk mengurangi begadang di malam hari bila tidak ingin daya tahan tubuh melemah.

Pesan Menkes berikutnya, asupan gizi yang seimbang jangan ditinggalkan. Pilihan mkanan yang tepat bisa membantu meningkatkan daya tahan dan membentengi tubuh dari gempuran penyakit. "Vitamin C terutama, itu bagus untuk daya tahan tubuh," pesan Menkes.

Cuaca dingin pada musim penghujan memang banyak memicu penularan penyakit karena daya tahan tubuh melemah. Flu, pilek dan batuk (ISPA) termasuk infeksi yang banyak ditularkan pada musim hujan.

Selain itu, waspadai juga risiko kekambuhan penyakit akibat hawa dingin. Di beberapa rumah sakit, umumnya keluhan asma akan meningkat di awal-awal musim penghujan seperti sekarang ini.

Tetap beraktivitas di dalam ruangan

Agar dapat tumbuh optimal, anak perlu tetap melakukan aktivitas. Sebagian besar anak sekarang lantaran terlalu banyak duduk bermain games, nonton televisi, mengakibatkan bertambah berat badannya. Apalagi kalau porsi menunya tidak dibatasi.

Jarang beraktivitas juga membuat jantung dan paru-parunya tidak berkembang ke arah yang menyehatkan. Kekuatan jantung memompa, dan toleransi terhadap penyakit yang mungkin dialaminya ketika dewasa nanti, ikut ditentukan pula oleh aktivitas fisik selama masa kanak-kanak.

Anak yang selalu aktif, bergerak badan maupun berolahraga, akan memiliki jantung yang lebih kokoh dan tidak gampang payah jantung setelah dewasa dan tua nanti dibanding anak yang kurang aktif. Maka jangan biarkan anak kekurangan aktivitas fisik sepanjang masa kanak-kanaknya.

Untuk menyiasati selama cuaca tak bersahabat, kita dapat memilih kegiatan di dalam ruangan. Jika di rumah ada cukup ruangan untuk bergiat fisik, sekadar kegiatan gimnastik ringan saja pun sudah membantu. Atau dapat memilih bermain pingpong, dan sekarang sedang tren bermain futsal, dan olahragaindoorlainnya.

Untuk melawan kondisi cuaca yang cenderung dingin, tubuh perlu dibuat lebih hangat. Memilih minuman serba hangat, makanan hangat dengan menu cukup berprotein dan tubuh bisa dibaluri minyak penghangat (kayuputih, balsam).

Related posts