Besutan Honda Mobilio Bidik Pasar Low MPV - Jadi Impian Mobil Keluarga

NERACA

Jakarta – Sejak dibukanya pasar penjualan mobil murah alias Low Cost Green Car (LCGC), tercatat beberapa produsen kendaraan yang merilis mobil murah langsung saja kebanjiran permintaan. Alhasil, daftar antrean pembelinya pun sudah mengular. Hal ini pula yang dialami agen tunggal pemegang merek PT Honda Prospect Motor (HPM) yang juga kebanjiran permintaan mobil varian low multi purpose vehicle Honda Mobilio. Sejak pertama kali di luncurkan dalam ajang Indonesia International Motor Show (IIMS) 2013, pemesanan Honda Mobilio mencapai 2.508 unit atau 36,5% dari total penjualan HPM di IIMS 2013 sebesar 6.868 unit. Lantaran banyaknya peminat Honda Mobilio memaksa Honda akan menambah produksi.

Presiden Direktur HPM Tomoki Uchida mengatakan akan menambah produksi mobil Honda Mobilio di awal tahun dengan harapan waktu tunggu konsumen bisa lebih singkat, “Kami bersyukur bahwa produk-produk Honda begitu diminati oleh konsumen di ajang IIMS kali ini. Khusus mengenai tingginya angka pemesanan untuk Honda Mobilio, kami akan menambah produksi mobil ini di awal tahun sehingga waktu tunggu konsumen bisa lebih singkat,” kata dia.

Berkat inovasi dan kualitas kenyamanan berkendara menjadi alasan Honda Mobilio mudah diterima masyarakat Indonesia. Terlebih, harga yang ditawarkan terjangkau sehingga makin memudahkan semua orang memiliki Honda. Alasan lainnya, Honda Mobilio dari awal memang dirancang khusus untuk pasar lokal Indonesia yang menginginkan kendaraan mobil tujuh tempat duduk.

President, Chief Executive Officer and Representative Director Honda Motor Co., Ltd., Takanobu Ito menegaskan, Honda Mobilio dirancang secara khusus sesuai dengan kebutuhan unik dari sebagian besar konsumen di Indonesia. “Saya percaya Honda Mobilio akan memenuhi impian konsumen Indonesia akan sebuah mobil keluarga yang terjangkau dengan standar kualitas Honda yang tinggi,”ujarnya.

Segmen LMPV merupakan segmen otomotif dengan pangsa pasar terbesar di Indonesia, mencangkup sekitar 32% dari seluruh total market di tahun 2013. Segmen ini diminati konsumen karena menawarkan mobil keluarga berkapasitas tiga baris yang memiliki harga lebih terjangkau, sangat ideal dengan karakter sebagian besar konsumen di Indonesia yang banyak menghabiskan waktu bersama keluarga maupun kerabat. Konsumen di segmen ini terdiri dari pembeli mobil pertama yang mengutamakan harga yang terjangkau namun mementingkan kualitas.

Sejak awal, Honda Mobilio dirancang sebagai sebuah model yang tidak hanya memenuhi semua yang dibutuhkan dari sebuah LMPV, namun dapat membawa standar kualitas tinggi dan performa sporty yang menjadi ciri khas produk Honda. Untuk mencapai hal tersebut, Honda melakukan penelitian mendalam terhadap konsumen di Indonesia, kondisi jalan, serta penggunaan mobil demi memastikan bahwa Honda Mobilio benar-benar sesuai dengan kebutuhan konsumen di Indonesia.

Survei Pasar

Hasil riset tersebut dituangkan dalam desain dan fitur-fitur yang ditawarkan Honda Mobilio. Dimensi mobil sepanjang 4,39 meter merupakan ukuran ideal untuk menciptakan kabin yang lapang, namun tidak menyulitkan saat parkir. Ground clearance yang tinggi (185mm) memberikan kenyamanan dan keyakinan berkendara untuk konsumen di berbagai kondisi jalan di Indonesia. Selain itu, wheel-base sepanjang 2.650 mm serta tinggi yang optimal menghasilkan tingkat manuver sekaligus stabilitas yang baik.

Dimensi yang dirancang dengan sangat teliti tersebut, ditambah desain yang dinamis, tenaga mesin terbesar di kelasnya, serta efisiensi bahan bakar yang tinggi menghasilkan paket yang sangat kompetitif bagi Honda Mobilio.

Hal senada juga disampaikan Jonfis Fandy, Marketing & After Sales Service Director PT Honda Prospect Motor, kehadiran Mobilio juga ambisi Honda mengincar 20% pasar kendaraan serbaguna kecil (low multi purpose vehicle/LMPV) yang selama ini dikuasai Toyota Avanza. "Kami menargetkan penjualan sebanyak 80 ribu atau sekitar 20% dari pasar LMPV tahun depan," kata Jonfis Fandy.

Dia memperkirakan pasar LMPV tahun depan akan menembus angka sekitar 400 ribu unit. Menurut dia, selama ini LMPV menguasai sekitar 40% pasar otomotif di Indonesia. Pada Januari-Agustus tahun ini saja, penjualan mobil di segmen tersebut secara nasional telah menembus angka 300 ribu unit.

Diakuinya, Honda masuk belakangan ke segmen tersebut dibandingkan merek lain. Karena pihaknya mencoba menampilkan LMPV terbaru yang lebih baik dibandingkan merek-merek lain yang sudah ada sebelumnya, baik dari segi desain maupun kinerja mesin. Kesuksesan Honda dalam penjualan di IIMS 2013 semakin lengkap juga dengan terpilihnya stand Honda menjadi Favorite Booth kategori di atas 1.300 m2. Kali ini Honda menampilkan desain booth yang bersih sekaligus tetap terlihat canggih dan sporty, didukung pengerjaan yang berkualitas dan rapi. Booth Honda juga berusaha memberikan kenyamanan bagi pengunjung dengan menyiapkan dealing area yang nyaman dan luas, bahkan dengan tambahan area di luar booth sebagai dealing area untuk mengantisipasi banyaknya konsumen.

Selain itu, Honda Brio Satya terpilih sebagai Favorite Car IIMS 2013. Brio Satya tampil kepada publik untuk pertama kalinya di ajang IIMS 2013 setelah diluncurkan pada tanggal 11 September 2013. Brio Satya merupakan keluarga terbaru dari New Honda Brio yang menawarkan kualitas tinggi, fitur lengkap, sekaligus harga yang paling terjangkau dari seluruh model Honda.

Kata Jonfis, kehadiran Honda di IIMS kali ini didukung produk-produk yang segar serta berbagai program penjualan yang dirancang untuk memudahkan semua orang untuk memiliki mobil Honda. “Kami bersyukur bahwa selain melampaui target penjualan, Honda juga meraih berbagai prestasi lainnya termasuk penghargaan untuk Brio Satya dan booth favorit”.

Related posts