CRAFINA 2013 - Pamerkan, Kenalkan dan Pasarkan Kerajinan Indonesia

Indonesia tidak hanya dikenal dengan keindahan alamnya ataupun berbagai objek wisatanya saja, tapi juga dikenal sebagai negara yang memiliki beragam kebudayaan yang sangat menarik untuk ditelusuri lebih jauh. Beragam kebudayaan inilah yang akhirnya membuat Indonesia menjadi kaya akan tradisi dan sejarah yang terus dijaga secara turun-menurun. Di antara kekayaan tradisi itu berbentuk aneka macam kerajinan.

Salah satu pameran kerajinan terbesar di Indonesia yaitu Crafina 2013 akan diadakan pada 20-24 November 2013 di Jakarta Convention Center, Hall A dan B. Crafina ke-6 ini mengusung tema 'From Natural Resources to Creative Product for Lifestyle'. Crafina sendiri merupakan upaya untuk memamerkan, mengenalkan dan memasarkan kerajinan Indonesia sekaligus menjawab dinamika dan gaya hidup yang berkembang di tengah masyarakat luas.

Pagelaran Crafina 2013 akan semarak dengan memberi warna dan nuansa yang berbeda. Direktur Jenderal Pengembangan Ekspor Nasional Kementerian Perdagangan Gusmardi Bustami menyebutkan bahwa Crafina 2013 akan menampilkan karya terbaik anak bangsa yang mampu memenuhi kebutuhan masyarakat sesuai perkembangan selera masyarakat tanpa melupakan aspek kelestarian lingkungan dan proses produksi yang berkelanjutan.

Semenjak dihelat pada 2008 lalu, Crafina terus menunjukkan keberhasilanya melalui jumlah peserta dan transaksi yang terus bertambah setiap tahunnya serta besarnya dukungan dari DJPEN Kemendag. Tahun ini Crafina ditargetkan menghasilkan transaksi sebesar Rp20 miliar dengan jumlah pengunjung bertambah 20% dari tahun lalu yang mencapai 3 ribu pengunjung. Crafina telah menjadi sebuah wahana promosi yang penting dan strategis bagi mereka yang bergelut dalam industri kerajinan Indonesia.

Selain bekerjasama dengan dengan PT Mediatama Binakreasi, Kementerian Perdagangan (Kemendag) juga menggandeng beberapa kementerian lain yaitu Kementerian Luar Negeri, Kementerian Perindustrian, Kementerian BUMN, Kementerian Pertanian, dan BKPM. Crafina 2013 ini akan menjadi wadah interaksi bagi perajin, pengusaha, serta produsen kerajinan Indonesia untuk membangun jaringan yang lebih luas.

Di festival ini pengunjung dapat menemukan produk kerajinan Indonesia yang berkualitas atau menjalin relasi bisnis industri kreatif. Diharapkan dari event seperti ini nantinya akan melahirkan banyak peluang usaha lewat industri kreatif ini, serta membangun industri kreatif dan ikut mengembangkan industri kreatif yang ada di Indonesia ini.

BERITA TERKAIT

Liburan ke Jepang Makin Ramai, Howliday Travel Tawarkan Private Trip Eksklusif

  Liburan ke Jepang Makin Ramai, Howliday Tracel Tawarkan Private Trip Eksklusif NERACA  Jakarta - Organisasi Pariwisata Jepang (JNTO) telah…

The Apurva Kempinski Bali Luncurkan Program Powerful Indonesia : Bhinneka Tunggal Ika

  The Apurva Kempinski Bali Luncurkan Program Powerful Indonesia : Bhinneka Tunggal Ika NERACA Jakarta - The Apurva Kempinski Bali…

Hadir di 4 Wilayah, The Pokemon Company Umumkan Proyek Pikachu's Indonesia Journey

  Hadir di 4 Wilayah, The Pokemon Company Umumkan Proyek Pikachu's Indonesia Journey NERACA Jakarta - The Pokémon Company, perusahaan…

BERITA LAINNYA DI Wisata Indonesia

Liburan ke Jepang Makin Ramai, Howliday Travel Tawarkan Private Trip Eksklusif

  Liburan ke Jepang Makin Ramai, Howliday Tracel Tawarkan Private Trip Eksklusif NERACA  Jakarta - Organisasi Pariwisata Jepang (JNTO) telah…

The Apurva Kempinski Bali Luncurkan Program Powerful Indonesia : Bhinneka Tunggal Ika

  The Apurva Kempinski Bali Luncurkan Program Powerful Indonesia : Bhinneka Tunggal Ika NERACA Jakarta - The Apurva Kempinski Bali…

Hadir di 4 Wilayah, The Pokemon Company Umumkan Proyek Pikachu's Indonesia Journey

  Hadir di 4 Wilayah, The Pokemon Company Umumkan Proyek Pikachu's Indonesia Journey NERACA Jakarta - The Pokémon Company, perusahaan…