Panasonic DMC-GM1 - Kamera DSLM Termungil

Perlombaan di lini kamera memang sedang memanas. Khususnya dalam pasar kamera DSLM (Digital Single LensMirrorless) atau biasa disebut kamera mirrorless. Para produsen kamera saat ini mulai terlihat serius menggarap pasar kamera DSLM dan memiliki senjatanya masing-masing untuk menarik perhatian konsumen. Tidak heran jika belakangan dunia fotografi dibanjiri dengan berita kamera DSLM canggih yang inovatif dari berbagai pabrikan.

Kabar terbaru kini datang dari Panasonic. Salah satu pionir kamera dengan sensor 4/3 ini kembali menggebrak dunia fotografi dengan memperkenalkan Panasonic DMC-GM1, kamera DSLM termungil dari seluruh jajaran DSLM Panasonic. Panasonic DMC-GM1 ini hanya berukuran 98.5 x 54.9 x 23.5mm, lebih kecil dibandingkan dengan DSLM Panasonic DMC-GF6 yang berdimensi 111 x 65 x 38 mm. Bahkan ukurannya ini menghantarkannya menjadi kamera Micro Four Thirds (MFT) paling kecil di dunia saat ini.

Desainnya menganut konsep modern retro dengan sudut-sudut yang agak membulat. Yang kurang, kamera itu tidak dilengkapi viewfinder. Sebagai pengganti hilangnya lubang intip elektronik, untuk membantu membidik foto tersedia sebuah layar sentuh berukuran 3-inci dengan tingkat kerapatan yang cukup tinggi mencapai 1.036.000 titik. Panasonic rupanya telah menyiapkan beberapa pilihan kombinasi warna bodi dan kulit yang tampil gaya seperti hitam-hitam, oranye-silver, putih-silver dan hitam-silver.

Menggunakan sensor Live MOS 16 megapixel terbaru, prosesor Venus Engine yang telah ditingkatkan dengan kemampuan menekan noise pada ISO tinggi yang lebih baik hingga Light Speed Autofocusyang cepat dan responsif. Panasonic DMC-GM1 juga dilengkapi denganSilent Modeuntuk pengambilan foto tanpa bunyi shutter. Pada silent mode, flash dan lampu AF Assist akan dinonaktifkan secara otomatis sehingga Anda bisa membidik subyek dengan nyaris tanpa suara.

Dilengkapi dengan koneksi WiFi. Dengan dukungan Panasonic Image App yang dapat digunakan oleh perangkat tablet PC atau smartphone berbasis Android dan iOS, pengguna dapat berbagi file hasil bidikan foto, atau menggunakan tablet PC dan smartphone sebagai remote untuk membantu membidik foto. Dan untuk berkreasi, Panasonic Lumix GM1 menyediakan opsi filter kreatif sebanyak 22 pilihan dan tersedia juga mode time lapse, animasi stop motion hingga panorama.

Untuk menemani Lumix DMC-GM1, Panasonic juga telah menyiapkan sebuah lensa baru yaitu Lumix G Vario 12-32mm F3.5-5.6. Lensa yang juga berdesain mungil ini hanya memiliki bobot sekitar 70 gram dan hadir dengan 8 elemen optik dalam 7 grup. Untuk membuatnya lebih optimal, Panasonic juga menyertakan fitur Mega OIS agar hasil bidikan Anda dapat terhindar dari blur akibat goyangan tangan.

Panasonic DMC-GM1 rencananya baru akan hadir di kawasan Asia akhir 2013 ini. Harganya sekitar US$750 sepaket dengan lensa Lumix G Vario 12-32mm F3.5-5.6. Untuk aksesori handgripnya dijual dengan US$99 dan lensa Lumix G Vario 12-32mm F3.5-5.6 dibanderol dengan harga US$349.99.

Related posts