Jakarta Games Show 2013 - Tingkatkan Industri Games Lokal

Digelar bersamaan dengan Indocomtech,Jakarta Game Show 2013(JGS 2013) yang ditunggu-tunggu para pecinta game Indonesia, hadir kembali untuk yang ke-tiga kalinya. Bertempat di area Plenary Hall, JGS 2013 kali ini diramaikan oleh berbagai perkembangan terbaru di industrigamingIndonesia. Pada penyelenggaran Indonesia ICT Award tahun ini, panitia menyatakan bahwa kategorigamesadalah yang paling banyak menerima pendaftar. Hal inimenunjukkan tren positif potensi perkembangan industri teknologi Indonesia, terutama di industrigames.

JGS kali ini banyak membahas dan menunjukkan perkembangan pengembanggamelokalyang kian menjamur dan peluang besar industri ini untuk terus berkembangdi tahun-tahun mendatang. Hingga akhir tahun lalu tercatat ada sekitar 400pengembanggamedi Indonesia yang menghasilkan sekitar 1.000 games. IDC memperkirakan pertumbuhan industri game di Indonesia tahun lalu mencapai 30% dengan nilai pendapatan mencapai US$150 juta.

Melihat kenyataan di atas tidaklah mengherankan bahwa para pengembang akan terus berinovasi mengembangkangame-gamebaru tidak hanya untuk pasar lokal tetapi juga pasar internasional. Salah satu pemainlokal yang berhasil menembus industrigamedunia adalah Touchten. Duagamekeluaran perusahaan ini, yaitu Train Legend dan Infinite Sky, sukses menjadi 10 permainanpaling digemari pengguna Android di seluruh dunia. Selain Touchten, pengembang lokal lain yang berhasil mengangkat namanya di tingkat dunia adalahToge Productions.

Selain memberikan ruang bagi pengembang lokal untuk menunjukkan potensinya, bekerjasama dengan Digitalife, penyelenggaraan JGS tahun ini juga kembali dimeriahkan dengan berbagai kompetisi seru. Yang menjadihighlights pada JGS tahun ini adalah kompetisi final dariThe Super League, yang merupakan rangkaian akhir dari2Major Leauge yakni: Indonesia E-sport Super Leauge (IESL) dan E-sport Grand Champion Leauge (EGCL). Rangkaian kompetisigamepopuler Couter Strike (CS) dan DOTA 2 yang sudah berlangsung sejak awal tahun 2013 ini akan ditutup dengan penyelenggaraanThe Super League Awards Ceremonypada JGS2013.

Selain kompetisiSuper League, berbagaikegiatan pendukung lain seperti gathering pecinta game,cosplay,juga menyemarakkan JGS 2013.Selain lomba game, JGS juga menampilkan Trick Art. Bagi kamu yang belum tahu, Trick Art merupakan sebuah lukisan 3D yang membuatnya terlihat hidup. Pengunjung yang ingin berfoto atau sekedar melihat-lihat akan dikenakan biaya. Namun penyelenggara juga akan memberikan tiket gratis secara terbatas yang akan dibagikan ke penguanjung yang beruntung ketika pembelian tiket masuk JGS 2013 berlangsung.

Related posts