CSR Sharp Garap Hutan Kota Bandung

NERACA

Pemanasan global (global warming) telah menjadi sorotan utama berbagai masyarakat dunia, terutama negara yang mengalami industrialisasi dan gaya hidup konsumtif yang tinggi. Tidak banyak memang yang memahami dan peduli pada isu perubahan iklim. Pasalnya, banyak yang mengatakan dampak lingkungan itu biasanya terjadi secara akumulatif. Pada titik inilah masalah lingkungan sering dianggap tidak penting oleh banyak kalangan.

Melihat kondisi tersebut, PT Sharp Electronics Indonesia terus menyebarkan semangat peduli lingkungan di tengah masyarakat Indonesia melalui rangkaian kegiatan Apresiasi Indonesia Roadshow. Belum lama ini, program CSR PT SEID yang bertajuk Bakti Kami Untuk Negeri, Sharp mengunjungi kota Bandung untuk melakukan kegiatan aksi bersih dan tanam pohon di Hutan Kota Dunia Babakan Siliwangi yang dikemas dengan unsur edukasi dan berwawasan lingkungan.

Senior General Manager Brand Strategy Group PT Sharp Electronics Indonesia Masahito Matsumura menuturkan, PT SEID melihat betapa Hutan Kota Babakan Siliwangi merupakan Ruang Terbuka Hijau (RTH) yang sangat penting bagi kota Bandung, selain menjadi daerah resapan air, hutan kota ini pun menjadi kebanggaan bagi warga kota Bandung karena berhasil di nobatkan menjadi Hutan Kota Dunia pada tahun 2011 lalu oleh PBB.

“Melalui kegiatan ini, Sharp berharap semoga apa yang dilakukan hari ini dapat bermanfaat bagi pelestarian dan keanakeragaman hayati yang terdapat di dalam hutan kota Babakan Siliwangi,” kata dia.

Di kota Bandung Sharp mengundang 100 pelajar dari SMUN 1 Bandung, warga dan perkumpulan ibu-ibu PKK dari kelurahan Babakan Siliwang, serta Komunitas Seniman Bandung. Mereka melakukan aksi nyata menjaga lingkungan dengan melakukan aksi bersih hutan, menanam 100 bibit pohon buah-buahan seperti belimbing, sirsak, jambu air, kersen, tangkil, durian, rambutan, kayu manis, salam dan petai Cina, selain itu Sharp pun mengajak para peserta melakukan diskusi mengenai lingkungan dan pengamatan burung yang difasilitasi oleh Transformasi Hijau.

Selain itu, Sharp juga menyumbangkan papan himbauan, alat-alat kebersihan dan tong sampah yang ditempatkan di sekitar Hutan Kota Babakan Siliwangi sebagai sarana untuk menyadarkan para pengunjung untuk selalu menjaga kebersihan demi terciptanya lingkungan yang bersih dan sehat

’’Kegiatan seperti ini memang sangat dibutuhkan untuk mengedukasi masyarakat, tidak hanya aksi nyata melakukan bersih-bersih tapi dengan adanya pendidikan lingkungan dapat memberikan pemahaman dan menanamkan kesadaran diri akan pentingnya menjaga lingkungan yang akan menjadi dasar bagi masyarakat untuk terus melakukannnya tidak hanya pada saat kegiatan berlangsung, karena masih banyak pengunjung yang membuang sampah sembarangan ini dikarenakan kurang pemahaman akan menjaga lingkungan,” tutup Nur Shomaddin, lurah Babakan Siliwangi.

Related posts