Program CSR Di Industri Perhotelan - Sebuah Keuntungan Atau Kerugian Untuk Hotel

Perubahan paradigma industri perhotelan di tanah air adalah telah menerapkan standar dan kriteria serta meningkatkan pengelolaan yang berkelanjutan yang berwawasan lingkungan. Hal itu menjadi fenomena positif dan memberikan efek balik yang signifikan bagi keberlangsungan industri perhotelan itu sendiri.

NERACA

Dalam dunia bisnis, khususnya dalam industri perhotelan, program Corporate Social Responsibility (CSR) adalah program jangka panjang yang walaupun hasilnya bukan keuntungan yang cepat didapat, tetapi hasilnya adalah keuntungan citra/image yang baik di masyarakat.

Pasalnya, secara jangka panjang, konsumen akan menganggap jika mereka menggunakan produk atau jasa perusahaan tersebut, maka konsumen akan terlibat juga dalam suatu kegiatan sosial sebagai komitmen tanggung jawab perusahaan terhadap lingkungan dan masyarakat.

Ini dibuktikan dengan penerapan kampanye hijau yang telah membuahkan hasil bagi Accor di Indonesia, dimana enam hotel di jaringan Accor di Indonesia (Pullman Jakarta Central Park, Novotel Palembang, Novotel Lampung, Novotel Bandung, Novotel Manado Golf Resort & Convention Centre, dan Mercure Surabaya) meraihGreen Hotel Award 2013dari Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia.

Green Hotel Award merupakan bentuk penghargaan kepada hotel-hotel akan prestasi mereka yang luar biasa terkait dengan hal-hal sosial kemasyarakatan yang berkesinambungan, termasuk pengelolaan lahan, konservasi air dan energi, penggunaan bahan-bahan ramah lingkungan, pengelolaan kualitas udara dan limbah, kebijakan belanja yang mempertimbangkan lingkungan, pengurangan limbah makanan dan inisiatif program CSR.

Dengan PLANET 21, operator hotel terkemuka di dunia ini menempatkan program sosial kemasyarakatan yang berkelanjutan sebagai bagian dari strategi bisnis perusahaan dan telah menegaskan komitmen yang kokoh terhadap lingkungan dan program sosial kemasyarakatan dengan target yang ingin dicapai pada tahun 2015.

Target-target tersebut antara lain adalah penghematan air sebesar 15%, penghematan energi sebesar 10% dan pengurangan emisi gas rumahkaca serta larangan total untuk menyajikan menu di hotel yang berasal dari hewan laut yang terancam punah.

Untuk memenuhi syarat sebagai hotel dengan program PLANET 21, hotel harus terlebih dahulu memenuhi kriteria tertentu, seperti memasang regulator air dengan aliran rendah dan lampu hemat energi, menerapkan program daur ulang dan menyajikan makanan yang sehat. Hampir 90% hotel Accor di Indonesia merupakan hotel PLANET 21.

Dari 20 hotel yang mendapat penghargaan dari Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia, enam di antaranya adalah hotel Accor di Indonesia. "Ini adalah bukti bahwa PLANET 21, program sosial kemasyarakatan berkelanjutan kami serta program Plant for the Planet dan A Tree for A Child (ATFAC), telah benar-benar membantu hotel kami menanamkan kelestarian dalam kegiatan operasional sehari-hari mereka,” tutur Senior Vice President, Accor Malaysia, Indonesia dan Singapura, Gerard Guillouet.

Plants for the Planet

Accor baru saja merayakan momen bersejarah, dengan mengumumkan bahwaPlant for the Planet – proyek inovatif GrupAccor yaitu Towel Reuse (penggunaan kembali handuk) dan penghijauan hutan kembali – telah berhasil menanam lebih dari 3 juta pohon di seluruh dunia.Plant for the Planet adalah bukti komitmen perusahaan untuk pembangunan yang berkelanjutan dan berfokus untuk mendukung proyek-proyek agroforestri lokal di seluruh dunia.

Lebih dari 1.400 hotel, termasuk hotel-hotel Accor di Indonesia, telah bergabung dengan program ini sejak diluncurkan pada tahun 2009. Hotel-hotel ini menggunakan cara berikut untuk mendorong tamu mereka menggunakan kembali handuk yang sudah dipakai: setiap lima handuk yang digunakan kembali, Accor berkomitmen untuk menanam sebuah pohon.

Indonesia merupakan salah satu pelopor dari program Plant for the Planet, dimulai pada saat Accor Indonesia bermitra dengan Perum Perhutani terkait Program Pengelolaan Hutan sejak tahun 2007. Program ini telah melakukan penanaman hutan kembali pada lebih dari 78 hektar lahan di Gelandang, Jawa Tengah, menanam lebih dari100.000 pohondan menyediakan lapangan pekerjaan kepada lebih dari 150 petani lokal di kawasan tersebut.

Selain itu, Accor Indonesia juga menanam lebih dari 10.000 pohon pada tahun 2012 dan 3.000 pohon lainnya di seluruh Indonesia tahun ini untuk merayakan PLANET 21 Day - sebuah perayaan tahunan Grup Accor terkait pelestarian lingkungan yang melibatkan para karyawannya.

“Accor terus mendorong hotel-hotel jaringan kami di Indonesia untuk menemukan cara agar menjadi semakin ramah lingkungan dan memiliki tanggung jawab sosial yang lebih sehingga dapat memperoleh penghargaan yang lebih bergengsi di masa depan,” imbuh dia

Related posts