Zhu Min Dipercaya Jabat Managing Director IMF

Zhu Min Dipercaya Jabat Managing Director IMF

Washington – Ekonom China Zhu Min dipercaya Dana Moneter Internasional (IMF) menjabat deputi managing director baru. Zhu sebelumnya menjabat sebagai Deputi Gubernur Bank Sentral China yang bertanggung jawab pada hubungan internasional, riset dan informasi kredit.

Terpilihnya wakil dari China itu sekaligus untuk menunjukkan IMF ingin memberikan peran yang besar bagi China sebagai salah satu kekuatan ekonomi terbesar dunia.

IMF juga menunjuk penasihat Gedung Putih, David Lipton sebagai deputi pertama managing director, menggantikan John Lipsky yang akan habis masa tugasnya pada 31 Agustus mendatang.

Lipton untuk sementara akan menjabat sebagai penasihat khusus Managing Director mulai 26 Juli 2011, sebelum akhirnya resmi menjabat sebagai Deputi Pertama Managing Director mulai 1 September 2011.

Sementara Lipsky akan bertahan sebagai penasihat khusus Managing Director mulai 1 September hingga November 2011. Lipsky sebelumnya juga menjabat sebagai pejabat sementara Managing Director ketika Strauss-Kahn mengundurkan diri akibat kasus dugaan percobaan pemerkosaan, sementara managing director baru belum terpilih.

Kedua pejabat tersebut merupakan orang-orang pertama yang ditunjuk oleh Christine Lagarde, setelah resmi menjabat sebagai Managing Director IMF, menggantikan Dominique Strauss-Kahn.

Zhu akan mulai bekerja sebagai Deputi Managing Director mulai 26 Juli 2011, dan bekerjasama dengan 3 Deputi Managing Director lainnya untuk mendukung Managing Director.

"Min Zhu membawa banyak pengalaman di pemerintahan, pembuatan kebijakan internasional dan pasar finansial, manajerial yang kuat dan kemampuan komunikasi sebaik pengertiannya akan IMF dan saya membutuhkan nasihatnya," ujar Lagarde dalam pernyataannya seperti dikutip dari situs IMF, (13/7) **cahyo

BERITA TERKAIT

IMF: Uang Digital Harus Diatur dan Diawasi

Jakarta-Direktur Pelaksana Dana Moneter Internasional (IMF) Christine Lagarde menegaskan, hanya tinggal menunggu waktu sebelum uang digital (cryptocurrency) berada di bawah…

Presiden : Harus Dipercaya Publik - Kriteria Calon Gubernur BI

    NERACA   Depok - Presiden Joko Widodo menyebutkan calon Gubernur Bank Indonesia haruslah orang yang dapat dipercaya publik…

Bank Banten Dipercaya Layani Pajak Kendaraan

      NERACA   Banten - PT Bank Pembangunan Daerah Banten, Tbk (Bank Banten) dipercaya kembali oleh Badan Pendapatan…

BERITA LAINNYA DI BERITA EKONOMI

BI : Siklus Krisis Ekonomi 10 Tahunan Tak Relevan

      NERACA   Jakarta - Pernyataan bahwa siklus krisis ekonomi di Indonesia akan terjadi setiap 10 tahun sekali…

Jepang Tertarik Bangun MRT Di Jakarta

      NERACA   Jakarta - Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Salahuddin Uno melakukan kunjungan kerja ke Tokyo, Jepang…

Empat Provinsi Siaga Karhutla

      NERACA   Jakarta - Sebanyak empat provinsi, yaitu Sumatra Selatan (Sumsel), Riau, Kalimantan Barat (Kalbar), dan Kalimantan…