Zhu Min Dipercaya Jabat Managing Director IMF

Zhu Min Dipercaya Jabat Managing Director IMF

Washington – Ekonom China Zhu Min dipercaya Dana Moneter Internasional (IMF) menjabat deputi managing director baru. Zhu sebelumnya menjabat sebagai Deputi Gubernur Bank Sentral China yang bertanggung jawab pada hubungan internasional, riset dan informasi kredit.

Terpilihnya wakil dari China itu sekaligus untuk menunjukkan IMF ingin memberikan peran yang besar bagi China sebagai salah satu kekuatan ekonomi terbesar dunia.

IMF juga menunjuk penasihat Gedung Putih, David Lipton sebagai deputi pertama managing director, menggantikan John Lipsky yang akan habis masa tugasnya pada 31 Agustus mendatang.

Lipton untuk sementara akan menjabat sebagai penasihat khusus Managing Director mulai 26 Juli 2011, sebelum akhirnya resmi menjabat sebagai Deputi Pertama Managing Director mulai 1 September 2011.

Sementara Lipsky akan bertahan sebagai penasihat khusus Managing Director mulai 1 September hingga November 2011. Lipsky sebelumnya juga menjabat sebagai pejabat sementara Managing Director ketika Strauss-Kahn mengundurkan diri akibat kasus dugaan percobaan pemerkosaan, sementara managing director baru belum terpilih.

Kedua pejabat tersebut merupakan orang-orang pertama yang ditunjuk oleh Christine Lagarde, setelah resmi menjabat sebagai Managing Director IMF, menggantikan Dominique Strauss-Kahn.

Zhu akan mulai bekerja sebagai Deputi Managing Director mulai 26 Juli 2011, dan bekerjasama dengan 3 Deputi Managing Director lainnya untuk mendukung Managing Director.

"Min Zhu membawa banyak pengalaman di pemerintahan, pembuatan kebijakan internasional dan pasar finansial, manajerial yang kuat dan kemampuan komunikasi sebaik pengertiannya akan IMF dan saya membutuhkan nasihatnya," ujar Lagarde dalam pernyataannya seperti dikutip dari situs IMF, (13/7) **cahyo

BERITA TERKAIT

IMF & Stiglitz Ingatkan Bahaya Bitcoin - MASYARAKAT DIMINTA BERHATI-HATI

Jakarta-Lembaga keuangan internasional IMF dan pemenang nobel ekonomi Joseph Stiglitz mengingatkan, masyarakat supaya berhati-hati spekulasi terhadap maraknya transaksi mata uang…

Randi Anto Jabat Dirut Jamkrindo

      NERACA   Jakarta - Kementerian Badan Usaha Milik Negara mengangkat Randi Anto sebagai Direktur Utama Perusahaan Umum…

Pertemuan IMF dan World Bank Bakal Beri Keuntungan untuk Indonesia

      NERACA   Jakarta - Bank Indonesia menyatakan pertemuan Dana Moneter Internasional (IMF) dan Bank Dunia yang berlangsung…

BERITA LAINNYA DI BERITA EKONOMI

Menkeu Harap Swasta Makin Banyak Terlibat di Infrastruktur

      NERACA   Jakarta - Menteri Keuangan Sri Mulyani berharap makin banyak pihak swasta yang terlibat dalam pembangunan…

Menggenjot Skema KPBU di Sektor Pariwisata

    NERACA   Jakarta - Sektor pariwisata menjadi salah satu sektor yang tumbuh secara masif di tahun ini. Bahkan,…

BPJS Ketenagakerjaan Siapkan Layanan Digital

      NERACA   Jakarta - Era digital menuntut semua pihak untuk dapat memenuhi tuntutan pelanggan dengan mudah dan…