Upaya Membentuk Tubuh yang Ideal

Mulai Diet OCD

Sabtu, 26/10/2013

Sekarang ini bagi sebagian anak remaja Indonesia lagi marak-maraknya berbincang-bincang tentang OCD. Obsessive Corbuzier’s Diet atau yang disingkat OCD adalah cara sederhana untuk mendapatkan tubuh sehat dan bugar dengan cara angkat beban, olahraga, dan puasa yang dibuat dan dipopulerkan oleh Deddy Corbuzier.

NERACA

Obsessive Corbuzier's Diet (OCD) merupakan salah satu cara untuk melakukan penurunan berat badan. OCD dikenalkan oleh mentalist ternama Indonesia, Deddy Corbuzier. Diet ini memakai metoda puasa tapi masih diizinkan untuk minum air putih selama puasa, yang terpenting tidak mengonsumsi asupan kalori.

OCD memiliki waktu makan yang berbeda-beda atau disebut 'jendela makan' dalam e-book yang ditulis oleh pria 36 tahun itu. Jendela makan adalah waktu Anda boleh menyantap makanan. Keempat tingkat OCD dimulai dari 16 jam puasa, 18 jam, 20 jam, hingga akhirnya 24 jam atau sehari satu kali. Bingung bagaimana bisa tidak makan seharian? Apa artinya tubuh akan lemas?

Puasa 24 jam dalam OCD berarti Anda hanya boleh makan sekali dalam sehari. Misalnya, Anda baru makan pukul 10 pagi. Jika sudah memasuki tahap 24 jam berarti Anda baru menyantap makanan kembali pukul 10 pagi esok harinya. Meskipun hanya makan sekali, bukan berarti Anda menjadi rakus.

Waktu untuk memulai makan Anda yang menentukan. Akan tetapi, bukan makan pagi hari. "Ingat bukan menjadi rakus, bukan makan pagi dan selama puasa Anda boleh minum apa pun yang tidak berkalori," tulis Deddy dalam e-book berjudul 'OCD'.

Banyak orang menganggap bahwa puasa 24 jam akan menyebabkan pusing atau maag kambuh. Itu tidak akan terjadi saat menjalani diet OCD dengan puasa 24 jam. Ingat, Anda masih bisa meminum air putih sebanyak mungkin saat puasa OCD untuk menambah cairan dalam tubuh. Jika Anda sudah bisa mencapai tingkat 24 jam, otomatis tubuh sudah beradaptasi.

"Maag terjadi ketika asupan makan pertama dan asupan makan kedua terlalu jauh. Kalau nggak makan pagi dulu nggak akan maag. Saya maag akut dan OCD 24 jam setiap hari, tidak apa-apa. Tidak akan pusing juga. Pusing itu terjadi ketika tidak ada asupan air," jelas Deddy.

Puasa 24 jam bisa diterapkan di tengah-tengah minggu sebanyak dua kali. Akan tetapi, saat baru mulai coba dulu satu kali seminggu yang bisa dikombinasikan dengan jendela makan. Dalam e-book 'OCD' yang dirilis melalui situs ready for fit, Deddy mencontohkan, jika Anda baru makan pukul 11 kemudian baru makan pukul 11 keesokan harinya lalu masuk ke jendela makan, entah yang makan hanya 8 jam, 6 jam, atau 4 jam. Anda disarankan mengombinasikan yang 4 jam untuk mendapatkan hasil maksimal. Jadi, setelah puasa 24 jam, Anda boleh makan selama 4 jam esok harinya.

Deddy menyarankan, agar bisa konsisten menjalani diet ini, sebaiknya fokus dengan program yang sedang dijalani. Pikirkan bahwa Anda sedang menjalani diet OCD dan seminggu lagi berat badan akan turun. Lakukan itu setiap hari sampai terbiasa. Semua tergantung bagaimana Anda berpikir.

"Kalau Anda mau melakukan ini dan mind set Anda mau melakukan ini Anda akan beradaptasi. Beda dengan mau cari makanan ternyata nggak ada makanan. Otak Anda memerintahkan harus makan tapi nggak ada makanan, stres. Kalau otak Anda mengatakan, saya nggak boleh makan, jadi beda," tuturnya.

Penderita Maag

Deddy juga memberikan tips bagi yang takut terkena penyakit maag, karena dalam OCD ini kita tidak boleh sarapan pagi, sedangkan kita selalu biasa sarapan pagi. "Kalau tiba-tiba mendadak tidak sarapan pagi biasanya sih muncul yang namanya maag. Nah mari kita selesaikan masalah maag ini," ujarnya.

Tahukah kamu sebab terjadinya maag? Maag muncul karena asam lambung (HCl) yang dikeluarkan oleh lambung tidak bercampur dengan makanan yang masuk ke dalam tubuh kita, karena kita tidak makan. Nah, yang menyebabkan maag itu kedua sisi lambung yang saling bergesekan kedua sisinya telah dilumasi oleh asam lambung.

Perlu diketahui asam lambung dikeluarkan oleh tubuh ketika jam-jam makan saja dan banyaknya asam lambung yang dikeluarkan itu sesuai dengan porsi makan yang biasa kita makan. Itu sebabnya, sebelum melakukan OCD alangkah baiknya 4-7 hari sebelumnya melakukanpenurunan porsi sarapan pagi sedikit demi sedikit hingga nantinya pada hari ke 5-8 benar-benar melakukan OCD, artinya kita tidak sarapan pagi sama sekali. "Makanya tadi diawal saya bilang saya melakukan OCD ini 4 hari setelah OCD dipublikasikan pertama kali, 4 hari itu saya isi dengan penurunan porsi sarapan pagi secara perlahan-lahan," kata presenter 'Hitam Putih' itu.

Deddy pun menyarankan kita biasa minum madu.Daripada minum obat maag mending minum madu saja. Awalnya dia tahu madu itu baik untuk penyembuhan maag dari gurunya. "Beliau berkata bahwa istrinya juga punya penyakit maag, ternyata sembuh ketika rutin minum madu," ujarnya.

Topik Terkait

ocd 24 jam setiap hari