Bijak Memilih Kredit Kendaraan

NERACA

Sistem pembelian mobil dengan cara kredit cukup digandrungi konsumen di Indonesia. Cara itu dinilai lebih mempermudah konsumen untuk mendapatkan mobil yang diinginkan.

Pengamatekonomi dari Universitas Atma Jaya Agustinus Prasetyantoko mengatakan, dengan memberikan uang muka serta data gaji atau penghasilan tetap, konsumen bisa membawa mobil idaman ke rumah. Sekilas, teorinya memang mudah. Terlebih banyak bertebaran perusahaan pembiayaan(multifinance)yang menyediakan fasilitas kredit.

Namun, bukan berarti membeli mobil dengan sistem kredit tidak memiliki risiko yang berujung pada kesulitan keuangan di kemudian hari. Berikut tips jitu kredit mobil agar keuangan tetap aman:

Pilih sumber pembiayaan yang tepat

Selama ini, ada dua lembaga yang biasa menyediakan sumber pembiayaan dan bekerja sama dengan dealer penjualan mobil, yaitu bank dan perusahaan pembiayaan. Masing-masing memiliki kelebihan dan kekurangan.

Pada umumnya, bank biasanya menetapkan bunga yang lebih kecil ketimbangmultifinance. Hanya, syarat dan proses persetujuan kredit dari bank jauh lebih ketat. Begitu pun sebaliknya.

Bank juga lebih kompromi bila Anda mengalami kesulitan membayar cicilan. Kemungkinan untuk melakukan jadwal ulang atau restrukturisasi kredit jauh lebih terbuka.

Oleh karena itu, tempatkan bank sebagai prioritas utama pilihan, kemudian baru perusahaan pembiayaan. Bila ternyata showroomtempat Anda akan membeli mobil tak memberikan pilihan bank danmultifinance, sebaiknya tinggalkan saja.

Pilih mobil sesuai kebutuhan

Memilih jenis mobil yang Anda dan keluarga butuhkan. Tipe mobil akan sangat berperan penting menjalankan fungsinya, terutama dari segi kapasitas penumpang dan barang bawaan.

Sebaiknya hal ini didiskusikan dengan anggota keluarga lain. Jangan pernah mengutamakan gengsi ketimbang fungsi.

Survei harga

Setelah Anda memutuskan jenis mobil yang diinginkan, maka langkah berikutnya adalah mencari tahu berapa harga terbaik yang ditawarkan. Mungkin didapatkan dengan menanyakan ke beberapa dealer yang mengeluarkan jenis mobil yang Anda inginkan.

BERITA TERKAIT

Bank Mandiri Targetkan Pertumbuhan Kredit 11,5%

  NERACA   Jakarta - PT Bank Mandiri (Persero) Tbk menargetkan pertumbuhan kredit sebesar 11,5 persen pada 2019 lebih rendah…

Memilih Pemimpin Amanah, Jangan yang Hidup Mewah

  Oleh : Joko Aristanto, Pemerhati Ekonomi, Sosial dan Politik               Posisi ke-85 pada daftar 100 orang terkaya di…

OJK Dorong Perbankan Di Bali Optimalkan Penyaluran Kredit Pariwisata

    NERACA   Denpasar - Otoritas Jasa Keuangan (OJK) mendorong perbankan di Bali untuk mengoptimalkan penyaluran kredit sektor pariwisata…

BERITA LAINNYA DI KEUANGAN

KUR, Energi Baru Bagi UKM di Sulsel

Semangat kewirausahaan tampaknya semakin membara di Sulawesi Selatan. Tengok saja, berdasarkan data yang dimiliki Dinas Koperasi dan UKM Provinsi Sulsel,…

Obligasi Daerah Tergantung Kesiapan Pemda

Otoritas Jasa Keuangan (OJK) menilai penerbitan obligasi daerah (municipal bond) tergantung pada kesiapan pemerintahan daerah karena OJK selaku regulator hanya…

Bank Mandiri Incar Laba Rp24,7 T di 2018

PT Bank Mandiri Persero Tbk mengincar pertumbuhan laba 10-20 persen (tahun ke tahun/yoy) atau sebesar Rp24,7 triliun pada 2018 dibanding…