National Traffic Management Centre - Membantu Masyarakat Menghindari Kemacetan

NERACA

Kondisi lalu lintas pada saat ini sudah sampai di tinggkat yang mengkhawatirkan baik dari tingginya tingkat kemacetan, pelanggaran, dan kecelakaan lalu lintas. Masalah ini telah banyak korban jiwa, kerugian material yang diderita masyarakat dalam menghadapi masalah yang diakibatkan oleh kondisi lalu lintas sekarang ini.

Data menunjukkan bahwa di tahun 2012 yang lalu, terjadi 100.776 kecelakaan, dengan korban jiwa 31.185 orang meninggal dunia. Melihat hal ini diperlukan suatu aksi nyata untuk memikul semua tanggung jawab baik dari sisi pemangku kepentingan di bidang lalu lintas dan tentunya dengan dukungan dan kerjasama dari pihak lain.

Dalam hal ini Korps Lalu Lintas Polisi Republik Indonesia (Korlantas Polri) berupaya mengembangkan langkah-langkah preventif dengan memanfaatkan teknologi informasi yang sudah dimiliki yaitu NTMC atau National Traffic Management Centre sebagai pusat kendali informasi dan komunikasi yang terintegrasi.

Terobosan ini merupakan kerjasama antara Korlantas Polri dengan PT Prima Interaktif selaku perusahaan yang bergerak di bidang IT, solusi di sektor telekomunikasi yang selama ini fokus sebagai content provider untuk perusahaan telekomunikasi .

Kesepakatan penandatanganan Nota Kesehatan antara Kepolisian Negara Republik Indonesia dengan PT Prima Interaktif tentang penggunaan fasilitas. Data yang dapat digunakan adalah photo dan video dari semua kamera CCTV yang telah dipasang dan tersebar di berbagai titik rawan kemacetan di sejumlah lokasi di Pulau Jawa, Sumatera dan Bali.

“Kerjasama ini adalah untuk memberikan akses pelayanan kepada masyarakat yang membutuhkan informasi cepat, akurat dan realtime tentang informasi lalu lintas dan lainnya. Korlantas Polri akan terus mewujudkan kemitraan dengan berbagai instansi pemerintah dan swasta serta elemen masyarakat dalam rangka memilihara dan mewujudkan kamseltibcar lantas,” tutur Kakorlantas Polri Irjen Pol Drs. Pudji Hartanto, MM.

Hal senada juga di ungkapkan Fendy Riyanto, direktur PT Prima Interaktif. Pihaknya, kata Fendy, berkomitmen akan terus mengembangkan solusi inovasi untuk menciptakan aplikasi-aplikasi baru guna mendukung perkembangan industri telekomunikasi di Indonesia. Hal itu tentunya sangat membantu para pengguna telepon selular dan netizen, khususnya untuk info lalu lintas dan lainnya yang bisa diakses dengan mudah, sehingga manfaatnya bisa dirasakan oleh masyarakat.

BERITA TERKAIT

MA-Kemlu Perkuat Kerja Sama Layani Masyarakat

MA-Kemlu Perkuat Kerja Sama Layani Masyarakat NERACA Jakarta - Mahkamah Agung (MA) dan Kementerian Luar Negeri (Kemlu) akan melakukan pembaharuan…

Fatayat NU Minta Masyarakat Tak Terprovokasi Maraknya Aksi Penyerangan Pesantren

Jakarta, Pimpinan Pusat Fatayat Nahdlatul Ulama (PP Fatayat NU) meminta masyarakat tetap tenang dan mempercayakan penanganan maraknya teror terhadap ulama…

Merindukan Kemacetan di Kawasan Puncak

Hujan lebat mengawali Sabtu (11/2) pagi di kawasan Puncak Cipanas, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat. Usai hujan reda, matahari mulai menampakkan…

BERITA LAINNYA DI OTOMOTIF

AHM Berikan Tampilan Baru Pada New Honda Scoopy

PT Astra Honda Motor (AHM) memberikan tampilan baru pada New Honda Scoopy melalui grafis desain stripe dan pilihan warna baru…

Sedan Mewah Lexus LS 500 Mulai Masuk Pasar RI

Lexus Indonesia menghadirkan sedan mewah Lexus LS 500 mulai awal Februari 2018 setelah pertama kali diperkenalkan di Asia pada pameran…

Mobil Listrik Pangkas Biaya Perjalanan Hingga 40%

Kendaraan listrik otonom akan merevolusi mobilitas perkotaan dengan memangkas biaya perjalanan hingga 40 persen dan mengurangi emisi CO2 menjadi nol…