National Traffic Management Centre - Membantu Masyarakat Menghindari Kemacetan

NERACA

Kondisi lalu lintas pada saat ini sudah sampai di tinggkat yang mengkhawatirkan baik dari tingginya tingkat kemacetan, pelanggaran, dan kecelakaan lalu lintas. Masalah ini telah banyak korban jiwa, kerugian material yang diderita masyarakat dalam menghadapi masalah yang diakibatkan oleh kondisi lalu lintas sekarang ini.

Data menunjukkan bahwa di tahun 2012 yang lalu, terjadi 100.776 kecelakaan, dengan korban jiwa 31.185 orang meninggal dunia. Melihat hal ini diperlukan suatu aksi nyata untuk memikul semua tanggung jawab baik dari sisi pemangku kepentingan di bidang lalu lintas dan tentunya dengan dukungan dan kerjasama dari pihak lain.

Dalam hal ini Korps Lalu Lintas Polisi Republik Indonesia (Korlantas Polri) berupaya mengembangkan langkah-langkah preventif dengan memanfaatkan teknologi informasi yang sudah dimiliki yaitu NTMC atau National Traffic Management Centre sebagai pusat kendali informasi dan komunikasi yang terintegrasi.

Terobosan ini merupakan kerjasama antara Korlantas Polri dengan PT Prima Interaktif selaku perusahaan yang bergerak di bidang IT, solusi di sektor telekomunikasi yang selama ini fokus sebagai content provider untuk perusahaan telekomunikasi .

Kesepakatan penandatanganan Nota Kesehatan antara Kepolisian Negara Republik Indonesia dengan PT Prima Interaktif tentang penggunaan fasilitas. Data yang dapat digunakan adalah photo dan video dari semua kamera CCTV yang telah dipasang dan tersebar di berbagai titik rawan kemacetan di sejumlah lokasi di Pulau Jawa, Sumatera dan Bali.

“Kerjasama ini adalah untuk memberikan akses pelayanan kepada masyarakat yang membutuhkan informasi cepat, akurat dan realtime tentang informasi lalu lintas dan lainnya. Korlantas Polri akan terus mewujudkan kemitraan dengan berbagai instansi pemerintah dan swasta serta elemen masyarakat dalam rangka memilihara dan mewujudkan kamseltibcar lantas,” tutur Kakorlantas Polri Irjen Pol Drs. Pudji Hartanto, MM.

Hal senada juga di ungkapkan Fendy Riyanto, direktur PT Prima Interaktif. Pihaknya, kata Fendy, berkomitmen akan terus mengembangkan solusi inovasi untuk menciptakan aplikasi-aplikasi baru guna mendukung perkembangan industri telekomunikasi di Indonesia. Hal itu tentunya sangat membantu para pengguna telepon selular dan netizen, khususnya untuk info lalu lintas dan lainnya yang bisa diakses dengan mudah, sehingga manfaatnya bisa dirasakan oleh masyarakat.

BERITA TERKAIT

Masyarakat Ikut Berperan Dalam Pencegahan Kebakaran Hutan

NERACA   Jakarta - Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan mendorong masyarakat terus terlibat aktif mengantisipasi kebakaran hutan dan lahan mengingat…

Arinal-Nunik Ajak Warga Masyarakat Membangun Lampung Berjaya

  NERACA Lampung Tengah  – Pasangan calon Gubernur dan Wakil Gubernur Lampung periode 2019-2024 nomor urut 3, Arinal-Chusnunia mengajak seluruh…

Konsumsi Sayuran Dan Buah Masyarakat Indonesia Masih Kurang

      NERACA   Jakarta - Southeast Asian Food and Agriculture Science and Technology (SEAFAST) Center Institut Pertanian Bogor…

BERITA LAINNYA DI OTOMOTIF

Apa Saja Deretan Mobil Terbaru yang Bakal Mejeng di IIMS 2018?

Indonesia International Motor Show (IIMS) 2018 akan menjadi panggung bagi para agen pemegang merek (APM) untuk memperkenalkan produk terbarunya ke…

VW Akan Produksi Mobil Sport Pertama di Brasil

Volkswagen (VW) berencana memproduksi kendaraan sport (SUV) pertamanya di Brasil guna menyambut pulihnya pasar otomotif di Amerika Selatan, meski pertumbuhan…

Audi Ingin Gandakan Penjualan di China Dalam 6 Tahun

NERACA Jakarta – Merek premium dari grup Volkswagen, Audi, menyatakan ingin melipatgandakan angka penjualan selama enam tahun mendatang di China…