National Traffic Management Centre - Membantu Masyarakat Menghindari Kemacetan

NERACA

Kondisi lalu lintas pada saat ini sudah sampai di tinggkat yang mengkhawatirkan baik dari tingginya tingkat kemacetan, pelanggaran, dan kecelakaan lalu lintas. Masalah ini telah banyak korban jiwa, kerugian material yang diderita masyarakat dalam menghadapi masalah yang diakibatkan oleh kondisi lalu lintas sekarang ini.

Data menunjukkan bahwa di tahun 2012 yang lalu, terjadi 100.776 kecelakaan, dengan korban jiwa 31.185 orang meninggal dunia. Melihat hal ini diperlukan suatu aksi nyata untuk memikul semua tanggung jawab baik dari sisi pemangku kepentingan di bidang lalu lintas dan tentunya dengan dukungan dan kerjasama dari pihak lain.

Dalam hal ini Korps Lalu Lintas Polisi Republik Indonesia (Korlantas Polri) berupaya mengembangkan langkah-langkah preventif dengan memanfaatkan teknologi informasi yang sudah dimiliki yaitu NTMC atau National Traffic Management Centre sebagai pusat kendali informasi dan komunikasi yang terintegrasi.

Terobosan ini merupakan kerjasama antara Korlantas Polri dengan PT Prima Interaktif selaku perusahaan yang bergerak di bidang IT, solusi di sektor telekomunikasi yang selama ini fokus sebagai content provider untuk perusahaan telekomunikasi .

Kesepakatan penandatanganan Nota Kesehatan antara Kepolisian Negara Republik Indonesia dengan PT Prima Interaktif tentang penggunaan fasilitas. Data yang dapat digunakan adalah photo dan video dari semua kamera CCTV yang telah dipasang dan tersebar di berbagai titik rawan kemacetan di sejumlah lokasi di Pulau Jawa, Sumatera dan Bali.

“Kerjasama ini adalah untuk memberikan akses pelayanan kepada masyarakat yang membutuhkan informasi cepat, akurat dan realtime tentang informasi lalu lintas dan lainnya. Korlantas Polri akan terus mewujudkan kemitraan dengan berbagai instansi pemerintah dan swasta serta elemen masyarakat dalam rangka memilihara dan mewujudkan kamseltibcar lantas,” tutur Kakorlantas Polri Irjen Pol Drs. Pudji Hartanto, MM.

Hal senada juga di ungkapkan Fendy Riyanto, direktur PT Prima Interaktif. Pihaknya, kata Fendy, berkomitmen akan terus mengembangkan solusi inovasi untuk menciptakan aplikasi-aplikasi baru guna mendukung perkembangan industri telekomunikasi di Indonesia. Hal itu tentunya sangat membantu para pengguna telepon selular dan netizen, khususnya untuk info lalu lintas dan lainnya yang bisa diakses dengan mudah, sehingga manfaatnya bisa dirasakan oleh masyarakat.

BERITA TERKAIT

Honda Rebel Tampil Semakin Ekspresif dan Maskulin

NERACA Jakarta – PT Astra Honda Motor (AHM) menghadirkan Honda Rebel sebagai motor kustom yang menjadi cerminan gaya hidup dan…

Ini Dia Cara Merawat Plafon Mobil

NERACA Jakarta - Noda kotoran memang membuat risih bila sudah mengenai material berbahan kain berserat atau beledu yang ada di…

Mitsubishi Motors Pastikan Pelanggan Tetap Dapatkan Kenyamanan Layanan Purnajual

NERACA Jakarta - Layanan yang prima untukpelangganmerupakansebuahprioritasutama, dan sejak 21 Maret 2020 PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI)…

BERITA LAINNYA DI OTOMOTIF

XPANDER Berinovasi untuk Menemani Perjalanan Keluarga

NERACA Jakarta - Mitsubishi XPANDER terus melakukan inovasi dengan berbagai peningkatan dan penambahan fitur untuk menjadi jawaban akan sebuah kendaraan…

Selama 5 Tahun Perawatan SUV SUZUKI XL7 Sangat Minim

Jakarta - Respons positif dari masyarakat Indonesia terhadap Suzuki XL7 sebagai  SUV terbaru dari PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) terbukti melalui Surat…

Cegah Penyebaran Covid-19, Astra Kucurkan Bantuan Rp 63 M

NERACA Jakarta - Astra dan perusahaan-perusahaan Grup Astra menyerahkan berbagai bantuan tahap awal senilai total sekitar Rp63 miliar guna membantu…