National Traffic Management Centre - Membantu Masyarakat Menghindari Kemacetan

NERACA

Kondisi lalu lintas pada saat ini sudah sampai di tinggkat yang mengkhawatirkan baik dari tingginya tingkat kemacetan, pelanggaran, dan kecelakaan lalu lintas. Masalah ini telah banyak korban jiwa, kerugian material yang diderita masyarakat dalam menghadapi masalah yang diakibatkan oleh kondisi lalu lintas sekarang ini.

Data menunjukkan bahwa di tahun 2012 yang lalu, terjadi 100.776 kecelakaan, dengan korban jiwa 31.185 orang meninggal dunia. Melihat hal ini diperlukan suatu aksi nyata untuk memikul semua tanggung jawab baik dari sisi pemangku kepentingan di bidang lalu lintas dan tentunya dengan dukungan dan kerjasama dari pihak lain.

Dalam hal ini Korps Lalu Lintas Polisi Republik Indonesia (Korlantas Polri) berupaya mengembangkan langkah-langkah preventif dengan memanfaatkan teknologi informasi yang sudah dimiliki yaitu NTMC atau National Traffic Management Centre sebagai pusat kendali informasi dan komunikasi yang terintegrasi.

Terobosan ini merupakan kerjasama antara Korlantas Polri dengan PT Prima Interaktif selaku perusahaan yang bergerak di bidang IT, solusi di sektor telekomunikasi yang selama ini fokus sebagai content provider untuk perusahaan telekomunikasi .

Kesepakatan penandatanganan Nota Kesehatan antara Kepolisian Negara Republik Indonesia dengan PT Prima Interaktif tentang penggunaan fasilitas. Data yang dapat digunakan adalah photo dan video dari semua kamera CCTV yang telah dipasang dan tersebar di berbagai titik rawan kemacetan di sejumlah lokasi di Pulau Jawa, Sumatera dan Bali.

“Kerjasama ini adalah untuk memberikan akses pelayanan kepada masyarakat yang membutuhkan informasi cepat, akurat dan realtime tentang informasi lalu lintas dan lainnya. Korlantas Polri akan terus mewujudkan kemitraan dengan berbagai instansi pemerintah dan swasta serta elemen masyarakat dalam rangka memilihara dan mewujudkan kamseltibcar lantas,” tutur Kakorlantas Polri Irjen Pol Drs. Pudji Hartanto, MM.

Hal senada juga di ungkapkan Fendy Riyanto, direktur PT Prima Interaktif. Pihaknya, kata Fendy, berkomitmen akan terus mengembangkan solusi inovasi untuk menciptakan aplikasi-aplikasi baru guna mendukung perkembangan industri telekomunikasi di Indonesia. Hal itu tentunya sangat membantu para pengguna telepon selular dan netizen, khususnya untuk info lalu lintas dan lainnya yang bisa diakses dengan mudah, sehingga manfaatnya bisa dirasakan oleh masyarakat.

BERITA TERKAIT

Bank Dunia Minta Pemerintah Dorong Masyarakat Melek Teknologi

    NERACA   Jakarta - Bank Dunia meminta kepada pemerintah Indonesia agar terus mendorong masyarakat untuk melek teknologi (digital…

Rutin Kritik Pemerintah, Masyarakat Maklumi Kinerja DPR Jeblok

  Oleh : Sapri Rinaldi, Pemerhati Sosial Politik   Tak terasa beberapa minggu lagi tahun 2019 akan mengganti tahun 2018.…

Minat Investasi Reksadana Meningkat - Narada Aset Management Raih Rekor MURI

NERACA Jakarta – Pacu pertumbuhan investor pasar modal, khususnya di kalangan milenial, PT Narada Aset Manajemen (NAM) meraih rekor MURI…

BERITA LAINNYA DI OTOMOTIF

Tiga Pabrikan Otomotif Rilis Pernyataan Bersama Kuatkan Aliansi

Para pucuk pimpinan dalam aliansi Nissan Motor Co, Renault SA dan Mitsubishi Motors Corp mengeluarkan pernyataan bersama baru-baru ini, yang…

Daimler Mulai Produksi Mobil Listrik di China Pada 2019

Daimler akan mulai memproduksi mobil listrik di China pada tahun depan, sebagai cara untuk memenuhi ketatnya kuota anti polusi di…

All-New Mazda3 Dijual Secara Global Mulai Tahun Depan

Mazda Motor Corporation hari ini menjadi tuan rumah peluncuran perdana All-New Mazda3 untuk pertama kalinya di dunia. Model yang dirancang…