Invasi Smartwatch, Berlomba Tampilkan Keunggulan

Smartwatch kini menjadi salah satu produk yang seperti dilombakan, hampir semua produsen gadget ataupun pabrikan berusaha untuk menciptakan produk yang disebut jam pintar dengan keunggulannya masing-masing. Smartwatch sendiri memang memiliki fungsi yang sangat beragam, dari membantu fungsi smartphone hingga menggantikan fungsi smartphone. Namun pada dasarnya, smartwatch memang dihubungkan dengan smartphone. Beberapa produsen yang baru saya mengeluarkan produk smartwatchnya adalah Adidas, Nike, sony dan juga Samsung di kuartal ini.

Adidas miCoach Smart Run

Smartwatch pertama yang akan kita bahas ialah Adidas miCoach Smart Run. Adidas resmi meluncurkan jam tangan pintar bernama miCoach Smart Run. Smartwatch besutan Perusahaan peralatan olahraga terkenal ini dirancang khusus untuk aktifitas olahraga lari, dan akan tersedia di pasaran global mulai 1 November 2013. miCoach Smart Run dibekali layar TFT 1,45 inci dengan resolusi 184 x 184 piksel plus bahan pelapis kaca berteknologi Gorilla Glass.

Smartwatch ini berjalan pada platformAndroid4.1.1 Jelly Bean. miCoach Smart Run juga dilengkapi 4GB penyimpanan data, ditambah kapasitas baterai 410 mAh plus tali silikon. Smart Run adalah sebuah perangkat AIO (all-in-one) yang dilengkapi teknologi sensor optik untuk melacak detak jantung pengguna dari pergelangan tangan.

Membenamkan built -in accelerometer menghitung setiap langkah saat berlari, juga GPS untuk melacak kecepatan, jarak dan log rute lintasan, berikut fitur pemutar MP3 dengan Bluetooth 4.0 audio nirkabel serta konektifitas WLAN memberikan hiburan musik tanpa kabel headphone dan mempermudah transfer data. Soal harganya, Adidas miCoach Smart Run kabarnya bakal dibanderol USD 399 atau sekitar Rp 3,9 jutaan.

Nike+ Fuelband SE

Sebagai evolusi Nike+ FuelBand, gelang canggih yang memiliki banyak fungsi pendukung olahraga ini hadir dalam kombinasi pilihan warna yang lebih trendi seperti hitam dan crimson, hitam dan pink foil, serta hitam dan volt. Fuelband SE kini juga lebih tahan terhadap bahaya alam seperti hujan dan debu, berkat penyekatan yang baru.

Bagian sirkuit alat ini juga telah diperbaharui agar lebih fleksibel dan dilengkapi satu tombol untuk mengendalikan lampu LED yang terang. Lampu LED ini berguna untuk menginformasikan hasil olahraga kita yang telah dicapai tiap harinya dengan pergerakkan warna lampu LED dari merah ke hijau. Nike+ Fuelband SE ini juga telah mendukung M7 motion coprocessor yang dimiliki iPhone 5S. Dengan begitu, aktivitas Anda akan dapat terpantau tanpa mengenakan Fuelband SE, selama kita masih membawa atau mengantungi iPhone 5s.

Aplikasi iOS Nike+ Fuelband juga mengalami peningkatan. Nike+ Fuelband SE ditenagai oleh baterai isi ulang Lithium Polymer yang dapat digunakan hingga sekitar 4 hari sekali isi. Sama seperti versi terdahulu, Nike+ Fuelband SE hanya dapat digunakan di perangkat iOS. Nike+ Fuelband SE akan terseedia mulai 6 November 2013 di Amerika Serikat, Kanada, Inggris, Perancis, Jerman, dan Jepang dengan harga US$149.

Sony SmartWatch 2

Jam tangan pintar besutanSonyMobile generasi kedua yang telah ditunggu-tunggi,SonySmartWatch 2, akhirnya sudah mulai tersedia di pasar global dalam waktu dekat ini. Awal kemunculannya, smartwatch Sony ini banyak menuai ‘cemoohan’ karena dianggap tak penting dan ‘meniru’ produk serupa vendor lain.

Namun, jam tangan pintar generasi keduaSonyMobile ini ternyata memiliki banyak keunggulan yang tak dimiliki produk serupa. Salah satunya adalah telah dikantonginya sertifikasi IP57, yang menunjukan bahwa gadget ini memiliki kemampuan anti air.

Selain itu, smartwatch berlayar 1.6 inci dengan resolusi 220x176 piksel ini juga didukung teknologi Near Field Communication (NFC), sebagai sarana koneksi selain Bluetooth. Di Inggris,Sony SmartWatch 2 dibanderol £ 149,99 atau sekitar Rp. 2,7 Jutaan.

Samsung Galaxy Gear

Smartwatch Galaxy Gear akhirnya resmi diluncurkan oleh Samsung. Galaxy Gear memang layak disebut sebagai jam tangan yang cerdas, namun Galaxy Gear ternyata tidak bisa berfungsi maksimal jika hanya digunakan secara mandiri atau berdiri sendiri. Pada dasarnya, Galaxy Gear didesain sebagai kepanjangan tangan dari smartphone Galaxy Note III.

Galaxy Gear dan Galaxy Note III dapat terhubung melalui koneksi bluetooth. Di Galaxy Note III sendiri, ada menu khusus yang digunakan untuk mengendalikan fungsionalitas Galaxy Gear. Jika ada panggilan telepon di Galaxy Note III, pengguna dapat menerimanya melalui Galaxy Gear. Untuk mengendalikan pemutar musik Galaxy Note III, pengguna juga dimungkinkan melakukannya dengan Galaxy Gear.

Jam tangan ini memiliki layar sentuh seluas 1,63 inch yang responsif seperti layar smartphone. Kameranya terletak di bagian kalep, bukan di bodi Galaxy Gear, ini menjadi suatu hal yang sangat aneh. Galaxy Gear memiliki daya tahan baterai 25 jam. Menggunakan prosesor 800 MHz dan RAM 512MB. Belum jelas berapa harganya, namun diprediksi di kisaran Rp 3 sampai 4 jutaan.

Related posts