Transaksi Rekening Ponsel CIMB Niaga Dapat Dilakukan di 4 Merchant - Mulai Hari Ini

NERACA

Jakarta - PT Bank CIMB Niaga Tbk terus memanjakan pengguna Rekening Ponsel melalui penambahan fitur-fitur terbaru untuk kemudahan transaksi perbankan. Yang terbaru, terhitung Senin (21/10) hari ini, Rekening Ponsel sudah bisa digunakan untuk pembelian/pembayaran di toko-toko (merchant) yang memiliki mesin Electronic Data Capture (EDC) CIMB Niaga.

“Untuk tahap awal, transaksi pembelian/pembayaran melalui Rekening Ponsel bisa dilakukan di empat merchant di seluruh Indonesia, yaitu Cineplex XXI, 7 Eleven, J.CO Donuts & Coffee, dan BreadTalk. Merchant-merchant lainnya akan segera menyusul,” ujar Arwin Rasyid, Direktur Utama CIMB Niaga, di Jakarta, pekan lalu.

Menurut dia, mekanisme pembayaran menggunakan EDC CIMB Niaga ini sangatlah mudah dan dapat dilakukan dengan dua cara. Pertama, melalui pembuatan kupon elektronik, nasabah Rekening Ponsel dapat dengan mudah mengirimkan SMS ke 1418, bertuliskan Kupon disertai dengan maksimal nilai kupon (misalnya Kupon 100000). Apabila nasabah menggunakan smart phone, maka dapat menggunakan aplikasi Go Mobile, dengan memilih menu “Isi ulang prabayar”.

Dan setelah berhasil, 10 digit kode kupon elektronik tersebut bisa diberitahukan kepada kasir saat melakukan proses pembayaran. Jika terdapat sisa saldo kupon setelah penggunaan, maka sisa saldo kupon akan dikembalikan ke saldo Rekening Ponsel. Kedua, adalah pembayaran langsung yang biasanya digunakan untuk pembayaraan delivery order. Cukup mudah, pengguna menyebutkan nomor ponsel yang sudah didaftarkan, yang kemudian dimasukkan ke dalam mesin EDC.

Tidak lupa setiap transaksi akan selalu diminta untuk memasukkan dua digit PIN challenge yang akan diterima oleh pengguna melalui SMS. Kehadiran fitur terbaru Rekening Ponsel ini, lanjut Arwin, melengkapi fitur-fitur lainnya yang telah ada sebelumnya. Yaitu pengiriman uang ke seluruh nomor ponsel di Tanah Air, pengiriman uang ke rekening CIMB Niaga ataupun rekening lain anggota ATM Bersama, pembayaran tagihan, pembelian pulsa ponsel pra bayar, serta tarik tunai tanpa kartu di mesin ATM CIMB Niaga.

Selain itu, pengguna Rekening Ponsel juga dapat melakukan setoran tunai tanpa kartu di mesin setor tunai (Cash Deposit Machine/CDM) CIMB Niaga, dan melihat saldo rekening dan catatan 10 transaksi terakhir.

“Melalui Rekening Ponsel, kami ingin agar seluruh masyarakat, tanpa terkecuali, dapat merasakan kemudahan dalam bertransaksi perbankan, kapan pun dan di mana pun. Hal ini sejalan dengan program financial inclusion yang dicanangkan Bank Indonesia serta penerapan agent banking untuk terus memasyarakatkan produk dan layanan perbankan ke seluruh lapisan masyarakat,” jelas Arwin.

Kemudahan layanan serta fitur-fitur inovatif yang dihadirkan Rekening Ponsel, diharapkan mampu meningkatkan jumlah pengguna Rekening Ponsel. Sejak diluncurkan akhir Maret lalu, jumlah pengguna Rekening Ponsel saat ini telah mencapai 200 ribu pengguna.

“Kami akan terus berupaya menghadirkan fitur-fitur terbaru yang inovatif, sebagai komitmen untuk mempermudah serta memperluas layanan Rekening Ponsel kepada seluruh masyarakat di Tanah Air,” tandas Arwin.

Meningkat 131%

Sebagaimana diketahui, jumlah pengguna Rekening Ponsel, per Juli 2013, telah meningkat 131% dibandingkan posisi Mei 2013 yang saat itu baru mencapai sekitar 50 ribu pengguna. Budiman Poedjirahardjo, Head of Branch & Branchless Banking CIMB Niaga mengungkapkan, untuk lebih meningkatkan pelayanan kepada masyarakat, saat ini CIMB Niaga sudah semakin melengkapi fitur Rekening Ponsel.

Melalui fitur terbaru ini, pengguna Rekening Ponsel dapat melakukan transfer dana secara langsung ke sejumlah pengguna ponsel sekaligus, dan demikian pula sebaliknya. Sebelumnya, transfer dana hanya dapat dilakukan ke satu nomor ponsel saja.

“Kemudahan fitur terbaru ini dapat diaplikasikan, contohnya saat satu lembaga sosial hendak memberi donasi ke sejumlah penerima bantuan. Cukup sekali kirim, maka dana sudah dapat diterima langsung di ribuan ponsel penerima bantuan, tidak perlu mengirimkan satu persatu ke masing-masing penerima bantuan. Lembaga sosial tersebut juga tidak perlu mengharuskan penerima bantuan untuk membuka rekening bank, karena dana dapat dikirimkan ke nomor ponsel langsung,” terangnya, belum lama ini.

Selain fitur tersebut di atas, akses Rekening Ponsel juga sudah semakin luas karena kirim uang (transfer) tidak hanya dapat dilakukan ke nomor ponsel, tetapi juga ke ATM/rekening bank mana pun.

“Selain itu, apa yang telah kami lakukan ini pada prinsipnya adalah untuk mempermudah masyarakat dalam melakukan transaksi perbankannya, dan juga selaras dengan aktivitas yang dilakukan Bank Indonesia dalam mengenalkan produk dan layanan perbankan secara luas ke masyarakat, sebagai bagian dari program financial inclusion,” kata Budiman.

Ke depan, untuk memperluas layanan Rekening Ponsel, kata Budiman, CIMB Niaga akan terus memperbanyak tempat-tempat penyetoran dan penarikan tunai Rekening Ponsel di gerai-gerai milik rekan bisnis CIMB Niaga. [rindy rosandya]

Related posts