SistemPengawasan Bank Berbasis Corporate Governance - Oleh: Achmad Deni Daruri, President Director Center for Banking Crisis

Krisis ekonomi yang menghantam perekonomian Indonesia saat ini tampaknya merupakan siklus 15 tahunan. Aliran dana ke pasar negara berkembang telah meningkat tajam dalam beberapa tahun terakhir. Lima belas tahun yang lalu,  International Finance (1997) melaporkan bahwa agregat kapital neto mengalir ke pasar negara berkembang meningkat empat kali lipat dari US$71,1 miliar pada tahun 1985 menjadi US$284,6 milyar pada tahun 1996 (Emerging Markets Factbook 1997). 

Minat investor di pasar-pasar ini melonjak sebagai respon dari prospek mereka atas pertumbuhan ekonomi yang cepat, deregulasi keuangan, dan manfaat dari diversifikasi internasional. Meskipun, minat yang luas di pasar saham negara berkembang, relatif sedikit yang diketahui tentang biaya perdagangan di pasar tersebut.

Sebelumnya studi biaya perdagangan malah beralih fokus pada pasar negara maju. Misalnya, Bessembinder dan Kaufman (1997), Chan dan Lakonishok (1993, 1997) dan Keim dan Madhavan (1996, 1997) mengestimasi biaya perdagangan di Amerika Serikat (AS), sementara Perold dan Sirri (1995) mengestimasi biaya perdagangan pasar saham di sembilan belas negara maju non-AS.

Pengetahuan tentang biaya perdagangan di pasar negara berkembang, bagaimanapun, itu menjadi hal yang sangat penting, setidaknya untuk dua alasan. Pertama, biaya perdagangan memiliki dampak yang penting untuk strategi investasi pada pasar negara berkembang. Jika biaya perdagangan rendah, maka berbagai strategi alokasi aset seperti yang dibahas dalam Harvey (1994) berpotensi menarik. Jika biaya perdagangan tinggi, bagaimanapun, maka strategi buy-and-hold mungkin menjadi satu-satunya alternatif yang layak.

Kedua, analisis biaya perdagangan dapat memberikan wawasan kepada faktor yang mempengaruhi perilaku harga antar hari di pasar negara berkembang. Studi sebelumnya telah menunjukkan bahwa perilaku harga antar hari untuk saham AS dipengaruhi oleh ukuran perusahaan, kesulitan perdagangan, dan siapa yang melakukan perdagangan. Dampak dari variabel-variabel ini, juga serupa dengan pasar negara berkembang.

Salah satu aspek penting lainnya adalah pengaruh tata kelola perusahaan dan juga pengawasan perbankan. Tata kelola perusahaan adalah suatu subjek yang memiliki banyak aspek. Salah satu topik utama dalam tata kelola perusahaan adalah menyangkut masalah akuntabilitas dan tanggungjawab mandat, khususnya implementasi pedoman dan mekanisme untuk memastikan perilaku yang baik dan melindungi kepentingan pemegang saham.

Fokus utama lainnya adalah efisiensi ekonomi yang menyatakan bahwa sistem tata kelola perusahaan harus ditujukan untuk mengoptimalisasi hasil ekonomi, dengan penekanan kuat pada kesejahteraan para pemegang saham. Ada pula sisi lain yang merupakan subjek dari tata kelola perusahaan, seperti sudut pandang pemangku kepentingan, yang menuntut perhatian dan akuntabilitas lebih terhadap pihak-pihak lain selain pemegang saham, misalnya karyawan atau lingkungan.

Berbeda dengan Shin (2008) dan Hahm et al. (2011), yang mempunyai model statis, model tata kelola perusahaan adalah model keseimbangan umum stokastik dinamis (DSGE), sehingga lebih cocok untuk analisis kuantitatif. Berbeda juga dengan Bernanke et al. (1999), dan Jermann Quadrini (2010), dan Gertler Karadi (2011), yang mempelajari dinamika sistem linierisasi di sekitar kondisi mapan di dalam model dimana guncangan yang merugikan diperkuat oleh friksi pasar, model analisis tata kelola perusahaan mencirikan inklusif dinamika ekuilibrium yang penuh dari non-linearities penting dan kritis seperti kebekuan yang terjadi pada pasar inter bank.

Hal ini merupakan pembeda yang penting karena mendekati kondisi mapan, model tata kelola perusahaan mempunyai fitur sebuah akselerator keuangan tradisional. Tapi menjauh dari situ (dan keberangkatan besar dari kondisi mapan adalah hasil endogen dari sebuah siklus endogen ledakan, bukan kejutan besar) menimbulkan krisis perbankan. Krisis jarang terjadi tetapi menghasilkan kerugian output yang sangat besar dan ketidakefisienan karena adanya eksternalitas yang berkenaan dengan uang.

Model-model dari Bianchi (2009), Bianchi dan Mendoza (2010), dan Korinek (2010) juga menunjukkan non-linearities dan eksternalitas yang berkenaan dengan uang tetapi mengasumsikan bahwa tingkat bunga bersifat eksogen, sehingga model-model mereka berlaku dengan baik untuk perekonomian terbuka kecil dan emerging market.

Model Tata Kelola Perusahaan, bank bersifat heterogen dalam hal (pengamatan non publik) efisiensi intermediasi. Mereka membiayai kegiatan mereka dengan dana yang diperoleh dari deposan/pemegang saham atau diambil dari pasar antar bank.

Terdapat masalah yang biasa tentang lembaga di pasar ini seperti bank yang melakukan peminjaman selalu dapat mengalihkan sebagian dana ke dalam aktiva pengembalian yang rendah yang tidak dapat dipulihkan oleh bank yang meminjamkan.

Insentif untuk pengalihan lebih kuat bagi bank yang kurang produktif dan tergantung pada tingkat suku bunga dalam perekonomian. Semakin rendah pengembalian pinjaman, semakin besar insentif untuk terlibat dalam pengalihan dana dan karenanya risiko counterparty menjadi lebih besar di pasar antar bank.

Sementara itu, jangka waktu peristiwa yang menyebabkan krisis keuangan adalah sebagai berikut. Adanya sebuah urutan yang baik, non-permanen, dan guncangan pasokan memukul perekonomian. Hasil peningkatan produktivitas modal menyebabkan dorongan permintaan ekspansi kredit meningkat sehingga suku bunga naik. Bank-bank yang lebih efisien memperluas operasi pinjaman mereka dengan menarik dana dari bank-bank yang  kurang efisien dan pendanaan pasar di sektor perbankan meningkat secara keseluruhan.

Ekonomi memang menjadi booming. Tetapi ketika pasokan mengguncangkan program mereka, kemungkinan pembalikan segera terhadap produktivitas rata-rata menjadi naik. Hal ini memperlambat permintaan perusahaan atas pinjaman, sementara pada saat yang sama rumahtangga terangsang untuk mengumpulkan tabungan untuk memperlancar konsumsi. Ekspansi kredit menjadi pendorong pasokan, memberikan tekanan pada suku bunga sehingga menjadi rendah.

Tingkat pengembalian bunga pinjaman antar bank yang menurun membuat bank-bank yang kurang efisien menjadi lebih rentan untuk melakukan peminjaman dan mengalihkan dana tersebut.

Ketika identitas bank-bank tersebut tidak diketahui,  risiko counterparty pada pasar antar bank naik, pinjaman antar bank menurun, dan keuangan pasar menjadi surut. Semakin kuat ekspansi kredit selama masa booming, semakin besar penurunan suku bunga dan masalah keagenan di pasar antar bank menjadi lebih akut.

Model Tata Kelola Perusahaan menunjukkan bahwa ada ambang batas nilai suku bunga di bawah yang membuat pasar antar bank menjadi membeku, dan membuat kredit korporasi runtuh. Ambang batas ini dapat secara alternatif dinyatakan dalam hal tingkat aset perbankan relatif terhadap tingkat produktivitas (output) di dalam suatu ekonomi, yang kita sebut kapasitas penyerapan dari sektor perbankan.

Tak dapat dipungkiri untuk menyelamatkan perbankan dari ancaman krisis kali ini adalah dengan memasukkan Tata Kelola Perusahaan sebagai basis pengawasan perbankan nasional!

BERITA TERKAIT

Bansos Pangan atau Beras oleh Bapanas dan Bulog Langgar UU Pangan dan UU Kesejahteraan Sosial?

  Oleh: Anthony Budiawan, Managing Director PEPS (Political Economy and Policy Studies) Presiden Joko Widodo memutuskan perpanjangan pemberian Bantuan Sosial…

Pembangunan Papua Jadi Daya Tarik Investasi dan Ekonomi

  Oleh : Clara Anastasya Wompere, Pemerhati Ekonomi Pembangunan   Bumi Cenderawasih memang menjadi fokus pembangunan yang signifikan di era…

Pastikan Stabilitas Harga dan Stok Beras, Pemerintah Komitmen Ketahanan Pangan

  Oleh : Nesya Alisha, Pengamat Pangan Mewujudkan ketahanan pangan di Indonesia sangat penting karena memiliki dampak besar pada stabilitas…

BERITA LAINNYA DI Opini

Bansos Pangan atau Beras oleh Bapanas dan Bulog Langgar UU Pangan dan UU Kesejahteraan Sosial?

  Oleh: Anthony Budiawan, Managing Director PEPS (Political Economy and Policy Studies) Presiden Joko Widodo memutuskan perpanjangan pemberian Bantuan Sosial…

Pembangunan Papua Jadi Daya Tarik Investasi dan Ekonomi

  Oleh : Clara Anastasya Wompere, Pemerhati Ekonomi Pembangunan   Bumi Cenderawasih memang menjadi fokus pembangunan yang signifikan di era…

Pastikan Stabilitas Harga dan Stok Beras, Pemerintah Komitmen Ketahanan Pangan

  Oleh : Nesya Alisha, Pengamat Pangan Mewujudkan ketahanan pangan di Indonesia sangat penting karena memiliki dampak besar pada stabilitas…