Ini Kuliner Betawi Paling Diminati

Ingin Sukses Berbisnis Kuliner Betawi?

Sabtu, 19/10/2013

Kuliner khas Betawi memang banyak sekali ragamnya, tetapi kalau ingin membuat bisnis kuliner, ada beberapa makanan khas yang banyak diminati masyarakat baik yang asli Betawi ataupun pendatang. Dengan kata lain makanan Betawi inilah yang bisa digadang-gadang untuk mendulang keuntungan usaha.

Nasi Uduk

Masakan ini, paling populer seantero Jakarta, akibatnya penjual makanan ini begitu mudah ditemui. Terbuat dari beras putih yang dimasak dengan santan, serta diberi bumbui garam, daun serai, daun salam dan daun jeruk mampu menggugah selera konsumennya yang tidak hanya berasal dari Jakarta tetapi dari berbagai daerah di Indonesia.

Karena, rasanya sangat gurih dan nikmat, terutama bila disantap saat hangat. Biasanya nasi uduk ini ditemani lauk seperti semur, dengdeng, ayam goreng, tahu goreng, telur dadar dan lain sebagainya. Nasi Uduk juga sering disajikan dengan bawang goreng, emping, ketimun dan tentunya sambel kacang nan istimewa.

Nasi Ulam

Berbeda dengan nasi uduk, nasi ini dimasak tanpa santan. Ciri khasnya adanya taburan serundeng kelapa di atas nasi putih. Kemudian juga tambahannya seperti tempe goreng, tempe goreng tepung, dadar telur, sedikit taoge, ketimun iris dan daun semanggi. Tidak lupa juga kerupuk, emping serta bawang goreng.

Nasi ulam adalah bukti hadirnya pengaruh dari berbagai budaya kuliner yang pernah singgah ke Jakarta. Ya, dendeng dan bihun merupakan pengaruh budaya luar. Perkedel merupakan "sumbangan" Belanda. Semur mempunyai kemiripan dengan Calderada dari Portugis, atau juga mirip dengan kebanyakan hidangan Belanda yang dimasak dengan cara direbus.

Sop Betawi

Sejarah lahirnya sop Betawi berawal pada saat penjajahan Belanda. Saat itu, masyarakat Betawi hanya mampu membeli tangkar, buntut dan kaki sapi yang hanya berdaging sedikit untuk kemudian diolah menjadi sajian yang enak. Tapi sekarang jenis masakan ini dapat ditambahkan dengan daging dan beragam jeroan sapi sesuai selera.

Soto Betawi

Sama seperti sop Betawi, soto Betawi juga berisi jeroan, bahkan organ-organ lain seperti mata sapi, torpedo termasuk hati juga bisa masuk di dalamnya. Meski demikian, itu tidak mengurangi kenikmatan soto ini. Bedanya dengan sop Betawi, masakan ini menggunakan santan, namun banyak juga penjual soto Betawi yang kini menggunakan susu sebagai kuah kentalnya.

Bubur Betawi

Bubur Betawi atau juga disebut bubur ase adalah makanan khas Betawi sudah sangat jarang dijumpai penjualnya. Istilah "Ase" sendiri artinya adalah berkuah manis. Bubur Betawi adalah bubur nasi yang disantap dengan kuah kecap, ditambah tahu goreng serta aneka sayuran seperti toge dan ikan teri.

Ketupat Betawi

Soal ketupat, Betawi punya dua ragam ketupat istimewa, yakni ketupat sayur dan ketupat laksa. Ketupat sayur sama dengan ketupat lainnya di Indonesia. Hanya saja, sayur pelengkapnya berbahan dasar kacang panjang. Makanan ini alangkah nikmat jika disertai aneka semur Betawi, baik itu semur tahu, tempe, telor, daging atau jengkol. Sementara ketupat laksa, ketupat yang diberi kuah laksa nan kental disertai toge segar bisa menjadi pilihan usaha yang menarik bagi Anda.