Tips Menentukan SOHO Sebagai Perkantoran

Sabtu, 19/10/2013

Konsep SOHO atau Small Office Home Office memang menjadi pilihan yang sangat menarik untuk sebuah perkantoran. Konsep perkantoran ini memberikan banyak kemudahan seperti mudah dalam mengakses kendaraan, karena bisa dikelola dengan pihak kantor sendiri.

Selain itu terkadang perkantoran dengan konsep ini bisa terhindar dari kemacetan karena biasanya perumahan seperti ini berada ditempat yang strategis namun tetap berada diareal perkotaan. Namun ada beberapa tips penting untuk mempertimbangkan SOHO sebagai perkantoran.

Penentuan Jenis Bidang Kerja

Tentukan jenis bidang kerja yang akan Anda bangun. Apakah bidang jasa desain, usaha butik, katering, studio foto, atau jasa motivator. Buatlah daftar rincian bidang kerja, jumlah calon karyawan yang akan direkrut, perangkat teknologi yang dibutuhkan, hingga kemungkinan area parkir untuk kendaraan operasional

Perjelas Zona dan Pembatas Ruang

Ruang kerja yang dapat dilebur adalah area publik, seperti foyer, carport, dan teras. Anda juga dapat memanfaatkan ruang yang berdekatan, seperti ruang servis, kamar mandi, ruang makan, dan dapur. Gunakan partisi agar setiap ruang memiliki batas fungsinya. Partisi juga dapat menyembunyikan kegiata tertentu yang menurut Anda tidak perlu dilihat oleh semua orang.

Akses Masuk dan Keluar

Akses dapat menggunakan dua pilihan dari depan lewat pintu utama, dan dari samping lewat pintu di area carport. Jika Anda memilih akses dari pintu depan, Anda perlu mempertimbangkan kemudahan anggota keluarga masuk dan keluar rumah. Agar praktis dan tidak repot, Anda dapat menggunakan bidang, ukuran, dan jenis pintu yang berbeda.

Akses pintu samping biasanya dipilih untuk menghindari benturan aktivitas pemilik rumah dengan karyawan. Karyawan bisa langsung menuju kantor tanpa melewati ruang keluarga. Begitu pula, keluarga yang hendak pergi dan pulang tak perlu melintasi ruang karyawan.

Gunakan Furnitur Multifungsi

Ada banyak pilihan furnitur untuk hunian kantor. Namun Anda perlu mempertimbangkan kemudahan mengatur jika terjadi pengembangan aktivitas. Anda dapat menggunakan furnitur multifungsi. Misalnya bangku yang dapat dilipat menjadi sebuah meja sementara. Atau sebuah sofabed untuk tempat duduk atau ranjang sementara saat karyawan Anda ingin rebahan.

Sediakan Storage atau Gudang Mini

Ukuran gudang dapat disesuaikan dengan jenis dan jumlah barang yang kelak disimpan. Letak sebaiknya berdekatan dengan ruang kerja karyawan agar mereka mudah mengambil dan menyimpan sesuatu. Buatlah kompartemen penyimpanan berdasarkan jenis penggunaan. Jangan lupa, sediakan lubang ventilasi agar udara di dalamnya tidak pengap.