50 Pemimpin Muda Jadi Jembatan Antar Budaya

Friendship Express

Sabtu, 19/10/2013

NERACA

Belum lama ini 50 mahasiswa dari Malaysia, Indonesia, dan Singapura berkumpul di Bandung, pada kunjungan terakhir dari ekspedisi tahunanFriendship Express (FX)dari Singapore International Foundation (SIF), untuk terlibat dengan beberapa SMA setempat. Acara ini juga mengikutsertakan alumni Program SIF dari Indonesia baik individu maupun organisasi yang telah berpartisipasi dan mendukung proyek SIF di Indonesia dan Singapura.

Di Indonesia, para peserta multinasional FX ini dijamu pada sebuah program apresiasi budaya sebagai bagian dari upaya SIF untuk memperkuat dan meningkatkan hubungan antar masyarakat lintas batas. Ini adalah pertama kalinya program FX SIF diselenggarakan di Indonesia.

"Di SIF, kami bertujuan membawa masyarakat dunia untuk bersama-sama berbuat baik. Melalui FX 2013, para pemimpin muda dari tiga negara akan mengenal satu sama lain lebih baik, memperoleh wawasan budaya yang berbeda dan terlibat dalam inovasi sosial yang berguna bagi masyarakat. Kami berharap kekuatan hubungan dan perspektif bersama ini dapat dikembangkan oleh para pemimpin muda kita saat ini untuk dapat membangun masa depan yang lebih baik," kata Direktur Eksekutif SIF, Jean Tan.

50 peserta dari enam negara, termasuk mahasiswa dari Politeknik Manufaktur Negeri Bandung (POLMAN), akan berbagi wawasan mengenaiDesign Thinking(DT) terlibat dalam lokakarya bagi 100 siswa-siswi dari empat SMA di Bandung sebagai bagian dari Program Perpustakaan KelilingWords on Wheelsdarikemitraan SIF dengan Badan Perpustakaan dan Arsip Daerah (BAPUSIPDA) Jawa Barat.

Pada FX edisi tahun ini terdapat 20 organisasi pendukung dan kemitraan – yang meningkat dari sebelumnya 14 organisasi pada tahun 2012 – di tiga negara yang bekerjasama dengan SIF untuk mendukung ekspedisi pembelajaran lintas budaya ini.

"Tahun ini SIF sangat senang mendapat dukungan yang terus-menerus dari mitra programWords on Wheelskami yaitu BAPUSIPDA dan jaringan kemitraan kami dengan organisasi-organisasi di Indonesia yang semakin berkembang, yang telah bekerjasama untuk membuat FX 2013 menjadi terlaksana," ujar dia