Citibank Akan Luncurkan Komik Pendidikan Keuangan

NERACA

Sebagai bagian dari upaya mengembangkan pendidikan keuangan, Citibank Indonesia bersama Yayasan Mitra Mandiri Indonesia (YMMI) akan segera meluncurkan seri terbaru komik “Petualangan Agen Penny: Belajar Mengolah Dana” yang akan dibagikan kepada lebih dari 75 Sekolah Dasar (SD) se-Jabodetabek pada November 2013 mendatang.

Komik Petualangan Agen Penny berisikan kisah seru perjalanan Agen Penny and Will Power yang mengajarkan pengetahuan dasar keuangan kepada para siswa, di antaranya mengenai ATM dan cara kerjanya, mengapa uang tidak dapat dicetak sembarangan, serta cara menabung dan mengelola pengeluaran.

Semua pengetahuan dasar tersebut dikemas dalam cerita menarik dalam sebuah komik, dan juga dilengkapi dengan Buku Panduan Guru yang dapat digunakan untuk keperluan kegiatan ekstrakurikuler di dalam ruang kelas. Penyampaian komik dan buku panduan guru dilakukan saat sekolah mendapatkan kunjungan pertunjukan teater musikal Petualangan Agen Penny yang dibawakan oleh Teater Koma.

“Melalui cerita komik, buku panduan guru dan pertunjukan musikal yang menarik, anak-anak akan lebih mudah memahami pesan mengelola keuangan dengan lebih baik. Oleh karena itu, kami menggandeng kelompok teater ternama Indonesia, Teater Koma, untuk menyadur cerita komik ke dalam sebuah pertunjukan musikal,” tutur Director, Head of Corporate Affairs, Citi Indonesia, Agung Laksamana.

Hingga 2013, Citi Indonesia telah menyediakan dana sebesar US$ 765,000 (atau sekitar Rp7,4 miliar) untuk melaksanakan program Petualangan Agen Penny. Di awal tahun 2013, Citi Indonesia melalui Citi Peka menandatangi kerjasama CSR senilai US$ 860.000 (sekitar Rp8,3 miliar) dengan tujuh LSM di Indonesia.

Petualangan Agen Penny merupakan salah satu kegiatan Citi Peka (PEduli dan berKArya) dalam menyajikan pendidikan keuangan sejak dini kepada siswa sekolah dasar (SD) melalui kerjasama. Citi Peka merupakan unit di dalam Citi Indonesia yang bertujuan mengelola kegiatanCorporate Social Responsibilty(CSR) dengan pendidikan keuangan sebagai salah satu fokusnya di Indonesia.

Pendidikan keuangan dini sebagai sesuatu yang penting kerap dianggap rumit dan sulit diterapkan untuk siswa SD. Citi Indonesia bersama YMMI dan Teater Koma menyederhanakan materi pendidikan keuangan dalam bentuk pertunjukan teater yang menghibur, seru dan interaktif, sehingga mudah dimengerti siswa-siswi SD.

Pendidikan keuangan perlu diberikan sedini mungkin guna membangun generasi muda yang melek keuangan, sehingga mereka dapat lebih selektif dan cermat melakukan pengaturan keuangan dalam menyongsong masa depan. Hal ini menjadi perhatian Citi Indonesia melalui Citi Peka untuk memberikan pendidikan keuangan terutama untuk siswa-siswi sekolah dasar.

“Citi Indonesia sangat mendukung segala kegiatan yang berkaitan dengan pendidikan keuangan kepada seluruh lapisan masyarakat. Ini merupakan bentuk komitmen Citi Indonesia untuk terus mendukung perkembangan dan pertumbuhan Indonesia,” tambah Agung Laksamana.

BERITA TERKAIT

Sinergi DJP-DJBC: Strategi Pengamanan Keuangan Negara

  Oleh: Aditya Wibisono, Kepala Seksi Kerja sama dan Humas Kanwil DJP WP Besar *) Direktorat Jenderal Pajak (DJP) dan…

Moody’s Naikkan Peringkat XL Axiata - Profil Keuangan Dinilai Stabil

NERACA Jakarta – Meski pencapaian kinerja keuangan di kuartal pertama 2018 tidak terlalu positif dengan laba bersih terkoreksi 63% dari…

Bandara Soetta akan Bangun Terminal IV

    NERACA   Tangerang - Bandara Soekarno Hatta, Tangerang, Banten, akan membangun terminal IV untuk menambah kapasitas penumpang. “Saya…

BERITA LAINNYA DI CSR

Lewat Permainan Interaktif Digital - SHARP Bersedekah Bagikan 1000 Paket di 22 Kota

Indahnya berbagi kepada sesama kembali dilakukan PT SHARP Electronics Indonesia. Lewat program tanggung jawab sosial perusahaan atau corporate social responsibility…

APP Sinar Mas Wakafkan 10 Ribu Al-Quran ke Penjuru Riau

Melanjutkan program tahun sebelumnya, Asia Pulp & Paper (APP) Sinar Mas bersama PT Arara Abadi, PT Indah Kiat Pulp &…

Sinergi Dalam Kebaikan - Pertamina Santuni 38 Ribu Anak Yatim dan Dhuafa

Memanfaatkan keberkahan di bulan Ramadhan dan Idul Fitri 1439 H, PT Pertamina (Persero) pacu meningkatkan kinerja dan semangat spiritualitas dengan…