Citibank Akan Luncurkan Komik Pendidikan Keuangan

NERACA

Sebagai bagian dari upaya mengembangkan pendidikan keuangan, Citibank Indonesia bersama Yayasan Mitra Mandiri Indonesia (YMMI) akan segera meluncurkan seri terbaru komik “Petualangan Agen Penny: Belajar Mengolah Dana” yang akan dibagikan kepada lebih dari 75 Sekolah Dasar (SD) se-Jabodetabek pada November 2013 mendatang.

Komik Petualangan Agen Penny berisikan kisah seru perjalanan Agen Penny and Will Power yang mengajarkan pengetahuan dasar keuangan kepada para siswa, di antaranya mengenai ATM dan cara kerjanya, mengapa uang tidak dapat dicetak sembarangan, serta cara menabung dan mengelola pengeluaran.

Semua pengetahuan dasar tersebut dikemas dalam cerita menarik dalam sebuah komik, dan juga dilengkapi dengan Buku Panduan Guru yang dapat digunakan untuk keperluan kegiatan ekstrakurikuler di dalam ruang kelas. Penyampaian komik dan buku panduan guru dilakukan saat sekolah mendapatkan kunjungan pertunjukan teater musikal Petualangan Agen Penny yang dibawakan oleh Teater Koma.

“Melalui cerita komik, buku panduan guru dan pertunjukan musikal yang menarik, anak-anak akan lebih mudah memahami pesan mengelola keuangan dengan lebih baik. Oleh karena itu, kami menggandeng kelompok teater ternama Indonesia, Teater Koma, untuk menyadur cerita komik ke dalam sebuah pertunjukan musikal,” tutur Director, Head of Corporate Affairs, Citi Indonesia, Agung Laksamana.

Hingga 2013, Citi Indonesia telah menyediakan dana sebesar US$ 765,000 (atau sekitar Rp7,4 miliar) untuk melaksanakan program Petualangan Agen Penny. Di awal tahun 2013, Citi Indonesia melalui Citi Peka menandatangi kerjasama CSR senilai US$ 860.000 (sekitar Rp8,3 miliar) dengan tujuh LSM di Indonesia.

Petualangan Agen Penny merupakan salah satu kegiatan Citi Peka (PEduli dan berKArya) dalam menyajikan pendidikan keuangan sejak dini kepada siswa sekolah dasar (SD) melalui kerjasama. Citi Peka merupakan unit di dalam Citi Indonesia yang bertujuan mengelola kegiatanCorporate Social Responsibilty(CSR) dengan pendidikan keuangan sebagai salah satu fokusnya di Indonesia.

Pendidikan keuangan dini sebagai sesuatu yang penting kerap dianggap rumit dan sulit diterapkan untuk siswa SD. Citi Indonesia bersama YMMI dan Teater Koma menyederhanakan materi pendidikan keuangan dalam bentuk pertunjukan teater yang menghibur, seru dan interaktif, sehingga mudah dimengerti siswa-siswi SD.

Pendidikan keuangan perlu diberikan sedini mungkin guna membangun generasi muda yang melek keuangan, sehingga mereka dapat lebih selektif dan cermat melakukan pengaturan keuangan dalam menyongsong masa depan. Hal ini menjadi perhatian Citi Indonesia melalui Citi Peka untuk memberikan pendidikan keuangan terutama untuk siswa-siswi sekolah dasar.

“Citi Indonesia sangat mendukung segala kegiatan yang berkaitan dengan pendidikan keuangan kepada seluruh lapisan masyarakat. Ini merupakan bentuk komitmen Citi Indonesia untuk terus mendukung perkembangan dan pertumbuhan Indonesia,” tambah Agung Laksamana.

BERITA TERKAIT

DISKUSI PENDIDIKAN NASIONAL

Ketua Lembaga Badan Pengkajian MPR RI Rully Chaerul Azwar (tengah) didampingi Pimpinan Lembaga Badan Pengkajian Jafar Hapsah (kiri), Samsul Bahri…

Sinarmas MSIG Life Luncurkan 4 Produk Bancassurance - Gandeng Bank BJB

      NERACA   Jakarta - PT Asuransi Jiwa Sinarmas MSIG (Sinarmas MSIG Life) dan Bank BJB, berkolaborasi meluncurkan…

Kedua Kalinya, KPPU Akan Kembali Gelar JICF

Kedua Kalinya, KPPU Akan Kembali Gelar JICF NERACA Jakarta - Komisi Pengawas Persaingan Usaha (KPPU), untuk kali kedua akan menyelenggarakan…

BERITA LAINNYA DI CSR

Jangkau Luas Rumah Layak Huni - Lagi, Yayasan Intiland Gandeng Habitat

Melanjutkan kesuksesan dalam menyediakan rumah layak huni kepada masyarakat yang tidak mampu, perusahaan properti PT Intiland Development Tbk, melalui Yayasan…

Ringkan Beban Disabilitas Tuna Rungu - Mensos Serahkan 424 Alat Bantu Dengar di Sulsel

Dalam rangka memudahkan komunikasi bagi penyadang disabilitas yang kurang mampu, Menteri Sosial Khofifah Indar Parawansa menyerahkan 425 alat bantu dengar…

Menaklukan Soal Matematika - Siswa di Daerah Pun Kini Lebih Percaya Diri

Percaya atau tidak, terkadang sumpah serapah ada kalanya bisa menjadi kenyataan. Hal inilah yang menggambarkan pengalaman Adit, guru privat di…