Toyota Perkenalkan Mobil Otopilot

NERACA

Toyota memperkenalkan mobil generasi mendatang dengan fitur otopilot akhir pekan ini. Fitur ini memungkinkan mobil berbelok untuk menghindari tabrakan dan menjaga kendaraan tetap di jalurnya tanpa pengemudi memegang stir. Teknologi "mengemudi sendiri" ini akan tersedia di pasaran dalam beberapa tahun mendatang.

“Teknologi canggih ini dapat mencegah kesalahan manusia, mengurangi stres mengemudi dan membantu pengemudi menghindari kecelakaan,” kata direktur pelaksana Toyota Moritaka Yoshida, belum lama ini.

Toyota dan Nissan sudah bertahun-tahun mengembangkan teknologi "mengemudi sendiri" maupun "mengemudi dengan bantuan".

Pihak Toyota menyatakan sistem itu pada dasarnya memungkinkan pengendara untuk menggunakan otopilot dan menyerahkan sebagian besar pengemudian pada sistem komputer. Namun, pengendara masih perlu waspada dan tetap ambil bagian selama perjalanan.

Sistem bernama Automated Highway Driving Assist (AHDA) memungkinkan kendaraan berkomunikasi secara nirkabel sehingga tidak menabrak kendaraan lain dan tetap berada di jalurnya. “Mobil dengan teknologi ini tahu kapan menekan gas dan kapan mengerem berdasarkan objek di depannya, mobil ini juga dapat membantu menghindari kemacetan lalu lintas,” kata manajer proyek Mitshuda Shida.

Teknologi ini secara nirkabel mentransfer data setiap 0,1 detik. Perusahaan ini berencana memasang AHDA pada model komersial dalam beberapa tahun ke depan. Toyota telah memperkenalkan sistem pengereman pra-tabrakan pada sedan mewah Lexus dan berencana memasangnya di model-model lain pada 2015, yang disertai teknologi-teknologi lainnya. Mereka juga mengatakan telah melipatgandakan pendeteksian waktu untuk menghindari tabrakan dua detik menjadi empat detik.

BERITA TERKAIT

Honda Rebel Tampil Semakin Ekspresif dan Maskulin

NERACA Jakarta – PT Astra Honda Motor (AHM) menghadirkan Honda Rebel sebagai motor kustom yang menjadi cerminan gaya hidup dan…

Ini Dia Cara Merawat Plafon Mobil

NERACA Jakarta - Noda kotoran memang membuat risih bila sudah mengenai material berbahan kain berserat atau beledu yang ada di…

Mitsubishi Motors Pastikan Pelanggan Tetap Dapatkan Kenyamanan Layanan Purnajual

NERACA Jakarta - Layanan yang prima untukpelangganmerupakansebuahprioritasutama, dan sejak 21 Maret 2020 PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI)…

BERITA LAINNYA DI OTOMOTIF

XPANDER Berinovasi untuk Menemani Perjalanan Keluarga

NERACA Jakarta - Mitsubishi XPANDER terus melakukan inovasi dengan berbagai peningkatan dan penambahan fitur untuk menjadi jawaban akan sebuah kendaraan…

Selama 5 Tahun Perawatan SUV SUZUKI XL7 Sangat Minim

Jakarta - Respons positif dari masyarakat Indonesia terhadap Suzuki XL7 sebagai  SUV terbaru dari PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) terbukti melalui Surat…

Cegah Penyebaran Covid-19, Astra Kucurkan Bantuan Rp 63 M

NERACA Jakarta - Astra dan perusahaan-perusahaan Grup Astra menyerahkan berbagai bantuan tahap awal senilai total sekitar Rp63 miliar guna membantu…