Musi Triboatton 2013

Olahraga Bernuansa Pariwisata

Sabtu, 19/10/2013

Kegiatan perhelatan olahraga di Indonesia memanglah tidak pernah sepi. Antusiasme penggemar olahraga selalu tak henti-hentinya mendukung segala kegiatan olahraga di Indonesia. Namun tidak hanya itu saja, perhelatan olahraga pun selalu mendatangkan banyak wisatawan domestik maupun mancanegara. Para wisatawan datang tidak hanya untuk menyaksikan perhelatan olah raga saja, namun lebih dari itu wisatawan datang sekaligus untuk menikmati keindahan alam Indonesia seperti perhelatan olahraga yang satu ini.

Untuk kedua kalinya gelaranMusi Triboatton 2013akan berlangsung diPalembang,Sumatera Selatanpada 26 November - 1 Desember 2013. Kegiatan ini merupakan program Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif didukung pemerintah Sumatera Selatan selaku tuan rumah. Tujuan acara ini adalah sebagai salah satu promosi potensi pariwisata di Sumatera Selatan melalui kegiatan olah raga(sport and tourism)yang bernuansa pariwisata.

Musi Triboatton menggabungkan olah raga arung jeram, kano, dan lomba perahu tradisional. Perlombaan ini tentunya akan menjadi salah satu acara yang paling ditunggu-tunggu terutama bagi wisatawan minat khusus. Lokasi kegiatannya akan berlangsung di sepanjang Sungai Musi dan direncanakan melintasi rute sejauh 500 km yang dibagi dalam 5 level.

Di atas sungai Musi ini sendiri membentang Jembatan Ampera yang terkenal. Di salah satu pinggiran sungai, ada Benteng Kuto Besak (BKB) yang merupakan salah satu obyek wisatasejarah. Bila menyusuri sungai Musi, biasanya sekalian mampir ke Pulau Kemaro, pulau yang merupakan delta sungai Musi. Pulau Kemaro mempunyai sejarah dan kisah yang unik dan legendaris. Bahkan setiap kali event Cap Go Me, masyarakat keturunan Tionghoa banyak kegiatan di Pulau ini.

Musi Triboatton 2013 melibatkan lima kabupaten dan kota di Sumatera Selatan, yakni Kabupaten Empat Lawang, Musi Rawas, Musi Banyuasin, Banyuasin, dan berakhir di Palembang. Masing-masing kota tersebut akan memamerkan budaya, kesenian daerah, dan makanan khasnya masing-masing untuk menambah daya tarik kegiatan berskala internasional ini.

Selain itu, Musi Triboatton 2013 juga akan diramaikkan sejumlah kegiatan seperti bazaar, pagelaran seni dan budaya tradisional juga modern, pameran, festival kuliner, serta konser musik bertema lingkungan. Kota Palembang sendiri merupakan pusat wisata air dengan julukan berjuluk "Venice of the East". Bagaimana tidak, Sungai Musi yang ada di kota ini adalah sungai terpanjang di Sumatera mencapai 750 km.

Bagi Palembang, sungai ini juga ibarat pantai memanjang dan tempat riuh ramai kegiatan ekonomi masyarakat. Sungai Musi juga menjadi lokasi rekreasi di tepiannya. Masyarakat dan wisatawan biasanya menikmati suasana sungai dengan duduk santai di café atau restoran. Lebih menyenangkan lagi, di tepian sungai ini tersedia perahu jelajah untuk mengarungi Musi.