Perjalanan Proyek MRT Jakarta

Perjalanan Proyek MRT Jakarta

2008

Proyek Pertama di Indonesia yang menggunakan skema sub-loan agreement tiga tingkat antara lender (JICA) dengan Pemerintah Pusat, Pemerintah Daerah, dan BUMD (PT MRT Jakarta).

17 Juni: PT Mass Rapit Transit (MRT) Jakarta dibentuk melalui Perda Nomor 3 Tahun 2008 dan Perda Nomor 4 Tahun 2008.

2009

•Maret: -Penandatanganan Naskah Perjanjian Penerusan Hibah (NPPH) antara Pemerintah RI dengan Pemprov DKI.

. Maret: Perjanjian Kredit Tahap 2 (L/A 2) untuk pinjaman tahap konstruksi senilai 48,15miliar Yen.

17 Februari: Pertama kalinya Direksi dan komisaris PT MRT Jakarta diangkat.

2010

•Proses Basic Engineering Design bersama JWG

-Desember Minutes of Discussion 2010 yang membahas Proyek MRT Jakarta Tahap I dan Tahap II.

2011

•Januari

Basic Engineering Design selesai, siap lelang

•Juni

Surat Gubernur perihal penunjukan PT MRT Jakarta untuk melaksanakan lelang konstruksi

•Juni

Proses lelang Konstruksi Sipil

2012

•Mei

Minutes of Discussion 2012 perihal Engineering Services Tahap II

•November

Revisi Bluebook Bappenas 2012 perihal penambahan Pinjaman MRT

•November

Public Hearing

2013

- Mei – Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo meresmikan dimulainya proyek MRT di Bunderan HI

- Oktober

DPRD DKI mensahkan Perda pembentukan PT MRT Jkarta sebagai BUMD

Dimulainya paket konstruksi layang (elevated)

Tender railway system (CP 107) & trackwork dan rolling Stock (kereta, CP 108) yang terbagi menjadi dua, yaitu CP 107 dan CP 108.

Anatomi Proyek MRT

Panjang lintasan:

15,7 km meliputi: (9,8 km elevated) dan 5,9 km bawah tanah (underground)

Stasiun:

13 ( 7 layang dan 6 bawah tanah)

Waktu tempuh:

30 menit

Jarak antar stasiun:

0,6 – 2,0 km

Headway:

5 menit (pada 2018)

Rolling Stock:

+ 16 set kereta (96 gerbong)

Listrik:

60 MVA

Kapasitas depo:

Lebakbulus 84 gerbong. (saksono)

BERITA TERKAIT

MRT Simbol Peradaban Baru Indonesia

  Oleh : Anisa Rahmawati, Mahasiswa PTN di Jakarta   Salah satu primadona dalam pelaksanaan Nawacita di bawah pemerintahan Presiden…

Bikin JV Proyek Kereta Api - Geliat PTPP Berburu Pendapatan Berulang

NERACA Jakarta – Berhasil memenangkan lelang proyek kerjasama kereta api trans Sulawesi, segmen Makassar –Parepare, mendorong PT PP (Persero) Tbk…

Danai Proyek Meikarta - Mahkota Sentosa Rilis MTN Rp 122,30 Miliar

NERACA Jakarta – Danai proyek pembangunan Meikarta, PT Mahkota Sentosa Utama kembali menerbitkan surat utang jangka menengah alias medium term…

BERITA LAINNYA DI BISNIS INDONESIA

Media dan Tantangan Teknologi Milenial

Indonesia merupakan negara di dunia yang memiliki banyak media dengan perkiraan berjumlah 47 ribu media yang terbagi dari berbagai model,…

Pers dan Usaha Mendorong Ekonomi Digital

Pers memiliki peran vital mendorong pertumbuhan ekonomi kerakyatan berbasis digital di Indonesia. Melalui pemberitaan, pers dapat mempromosikan sekaligus mengedukasi pelaku…

Pers di Era Digital: Idealisme Versus Industri

Pers di Indonesia lahir dari idealisme para pendiri bangsa guna menyuarakan semangat memperjuangkan kemerdekaan kepada masyarakat luas, sejak zaman penjajahan…