Uniknya Desain Ruko Minimalis

Sabtu, 12/10/2013

Ruko, mungkin kini bukanlah hal aneh lagi, setiap kita tentunya Anda sudah mengenal betul produk properti yang satu ini. Ya, ruko atau yang sering di sebut sebagai rumah toko adalah gabungan dua fungsi ruangan yakni sebagai toko sekaligus sebagai hunian atau tempat tinggal.

Pasalnya, sejak beberapa tahun silam bekerja tidak lagi mengharuskan dilakukan di kantor, seketika itu pula bermunculan berbagai alternatif dalam mewujudkan kerja. Yakni dengan membuat rumah toko. Enaknya konsep ini, toko yang dikelola berada satu atap dengan rumah tinggal, sehingga pemilik usaha bisa meakukan pengawasan dan penjagaan secara langsung.

Mengenai desain, ruko pada umumnya memiliki desain menyesuaikan dengan desain rumah yang dibuat. Karena, biasanya selain digunakan sebagai tempat usaha juga dapat dijadikan sebagai tempat tinggal.

Maklum saja, perkembangan zaman terkini yang serba instan melahirkan berbagai konsep desain ruko. Ide- ide kreatif bermunculan dan berkembang menjadi mode atau tren bisnis. Salah satunya adalah desain ruko minimalis.

Ketika mendengar desain ini mungkin timbul beberapa pertanyaan mengenai desain ini, dan bagaimana mengaplikasikan desain ini. Sesuai namanya, ruko minimalis adalah rumah toko yang tetap mengusung konsep minimalis namun tetap simple dan praktis.

Soal desain ruko minimalis sudah terdapat banyak artikel yang membahasnya. Intinya, dari segi konsep yang dibuat bisa dikatakan hampir mirip dengan desain hunian minimalis, yang membedakan adalah konsep desain kali ini juga harus dapat diterapkan sebagai tempat bisnis.

Dalam hal desain ruko yang minimalis, hal yang paling ditekankan disini adalah bagaimana kita mengisi lahan kosong secara efisien. Tujuannya, untuk memaksimalkan luas tanah yang ada. Kesulitan yang biasanya muncul adalah menyesuaikan antara toko dan rumah.

Nah, keselarasan ini akan berdampak pada kenyamanan pemilik dan juga konsumen toko (tempat usaha). Bila berniat untuk mendesain ulang rumah untuk dijadikan ruko, rasanya tidak perlu merombak secara keseluruhan, cukup hanya dengan merombak bagian depan rumah untuk kemudian dijadikan sebagai ruko.

Karenanya, sebelum merancang desain ruko yang minimalis, tenentukan terlebih dahulu lokasinya. Perhatikan pula keamanan dan kenyamanan baik bagi pemilik atau konsumennya nanti. Nilai jual sebuah ruko biasanya berdasarkan keunikan sebuah ruko serta fasilitas yang ada.

Sehingga ruko yang disewakan memang benar cocok untuk keperluan pemilik usaha. Kosep desain pintu masuk juga harus diperhatikan, karena privasi dan kenyamanan antara penghuni rumah dan pengunjung toko harus dibuat dengan baik.

Untuk itu, usahakan Anda membuat dua jalan masuk yang menuju ke toko dan rumah kala mendesain sebuah ruko. Intinya, bedakan jalan masuk antara pemilik serta pengunjung. Karena itu akan membuat lebih nyaman.