Daihatsu Bina 105 UMKM

Sabtu, 12/10/2013

NERACA

Tidak sekadar menempatkan komitmen membangun negeri melalui lini bisnisnya, PT Astra Daihatsu Motor (ADM) secara langsung memainkan peran membangun masyarakat dan lingkungan melalui kegiatan tanggung jawab sosial dalam kerangka utama bisnis secara keseluruhan, terutama yang berada di sekitar area operasi perusahaan.

Sejalan dengan Catur Dharma Astra, ADM terus berupaya konsisten dalam menjalankan program Corporate Social Responsibility (CSR). Program ini berdiri diatas 4 pilar fundamental, yakni Sejahtera Bersama Daihatsu, Sehat Bersama Daihatsu, Pintar Bersama Daihatsu, dan Hijau Bersama Daihatsu.

Untuk membangun bisnis yang berkelanjutan, melalui pilar Sejahtera Bersama Daihatsu, ADM bertumbuh kembang bersama masyarakat dengan sebuah pemberdayaan. Dimana, Pilar Sejahtera Bersama Daihatsu telah membina 105 Usaha Mikro Kecil dan Mengah (UMKM).

Usaha Mikro Kecil dan Menengah tersebut telah diberi bantuan peralatan, dibina, dimonitor dan diberikan pelatihan untuk mengembangkan usahanya. Jenis UMKM yang dibantu meliputi usaha makanan minuman, konveksi, jasa, manufaktur dan kerajinan.

Selain sejahtera, Daihatsu juga menyadari bahwa kesehatan masyarakat adalah kebutuhan dasar untuk meraih mass depan yang lebih baik. Untuk itu kesehatan dijadikan pilar kedua dalam program CSR. Aktivitas yag dilakukan antara lain membina 105 Posyandu, pemeriksaan kesehatan gratis, kompetisi olahraga di RW binaan Daihatsu, serta Lomba Posyandu Binaan Daihatsu yang bertujuan untuk mengevaluasi pelaksanaan kegiatan Posyandu, tingkat partisipasi masyarakat, kesadaran akan pentingnya pemantauan status gizi pads bayi dan balita.

Pilar ke tiga adalah Pintar bersama Daihatsu, merupakan komitmen untuk berkontribusi dalam meningkatkan kualitas pendidikan seiring dengan perkembangan bisnis Daihatsu. Pintar dijadikan pilar karena perusahaan melihat adanya GAP antara kebutuhan industri akan kompetensi tenaga kerja dengan para lulusan sekolah khususnya Sekolah Menengah Kejuruan (SMK).

Kegiatan yang dilakukan antara lain Industrial Seminar, Raw Model Workshop, Integrasi Kurikulum, Lomba Keterampilan Siswa (LKS), donasi berbagai fasilitas pendidikan, bimbingan belajar daihatsu, pengadaan Daihatsu Smart Car yang menyediakan buku bacaan keliling serta program beasiswa.

"Sebagai perusahaan yang beroperasi di lingkungan masyarakat, Daihatsu tentunya ingin maju dan berkembang bersama masyarakat serta memberikan manfaat bagi lingkungan. Pintar dan Sehat merupakan kunci utama untuk mencapai Sejahtera," ujar Corporate Social Responsibility Department Head ADM, Asjoni.

Sedangkan pilar keempat adalah Hijau Bersama Daihatsu yang merupakan peran Daihatsu dalam mengurangi dampak lingkungan dan berkontribusi membangun bisnis yang berkelanjutan. Pengadaan Taman Daihatsu dengan 4.000 pohon di Cibubur Jakarta Timur adalah salah satu aktivitas hijau yang telah dilakukan sejak 2007.

Selain itu, lomba Daihatsu BerHIAS (Bersih, Hijau, Asri dan Sehat) diselenggarakan di RW Binaan Daihatsu secara berkala. Program hijau lainnya yang terus dikembangkan adalah Penyu untuk Indonesia serta Penanaman 30.000 pohon, yang sejalan dengan pencapaian produksi Daihatsu yang mencapai 3 juta unit ditahun 2013 ini.