Go Global, Semen Indonesia Tingkatkan Daya Saing

Masuk Forbes Global 2000

Jumat, 04/10/2013

NERACA

Jakarta - Kinerja PT Semen Indonesia Tbk (SMGR) kembali diakui oleh dunia internasional. Pasalnya, perseroan kembali masuk dalam Forbes Global 2000, daftar 2000 perusahaan publik berkinerja terbaik di seluruh dunia. Informasi tersebut disampaikan perseroan dalam siaran persnya di Jakarta, kemarin.

Kata Direktur Utama PT Semen Indonesia Tbk, Dwi Soetjipto, kembali masuknya Semen Indonesia pada daftar Forbes Global 2000 menunjukkan kinerja perseroan yang semakin kuat, kompetitif, dan punya daya saing global. Ini sekaligus membuktikan kiprah perseroan diakui dan memenuhi ekspektasi publik internasional.

Menurutnya, masuk dalam Forbes Global 2000 merupakan kebanggaan tersendiri bagi perseroan, “Setelah melakukan transformasi korporasi dengan menjadi strategic holding dari empat perusahaan semen, perseroan terus memacu kinerja. Langkah kami go global dengan mengakuisisi Thang Long Cement Vietnam semakin menempatkan perseroan di posisi terhormat dalam peta dan pergaulan bisnis internasional,” jelas Dwi.

Dia menambahkan, untuk terus meningkatkan kepercayaan pasar, perseroan telah telah mempunyai rencana bisnis yang sangat jelas untuk meningkatkan kapasitas desain menjadi 40,8 juta ton semen pada 2017 dan perluasan pemasaran dengan terus menambah packing plant dan jaringan distribusi. ”Kami melakukan ekspansi secara agresif dan terukur untuk memenuhi kebutuhan pasar yang terus meningkat sekaligus memastikan posisi perseroan tetap menjadi pemimpin pasar di industri semen nasional yang semakin kompetitif,”tuturnya.

Lanjutnya, perseroan mempunyai tugas berat untuk mempertahankan kinerja cemerlang di tengah kondisi ekonomi yang penuh tantangan saat ini seiring belum pulihnya kondisi ekonomi global. ”Dalam kondisi yang penuh tantangan ini, inovasi menjadi kunci. Karena itu, tak henti-hentinya perseroan terus melakukan inovasi, baik dari sisi kualitas produk, tata kelola perusahaan, pengembangan SDM, hingga distribusi ke pasar,”tandasnya.

Belum lama ini, perseroan melalui salah satu anak usahanya, PT Varia Usaha meresmikan gudang penjualan baru di Kabupaten Blora, Jawa Tengah. Gudang baru itu berkapasitas 1,44 juta ton semen per tahun. Direktur Utama Varia Usaha, Sunardi Prionomurti mengatakan, pengembangan bisnis Varia Usaha ini akan semakin memperkuat penetrasi distribusi produk-produk dari Semen Indonesia. Hal ini sekaligus mengoptimalkan nilai tambah dalam mata rantai bisnis Grup Semen Indonesia, mulai dari produksi hingga distribusi produk semen. (bani)