Kocek Tebal dengan Bisnis Play Land

Sabtu, 05/10/2013

Tak sekedar tempat berbelanja semata, beberapa mal kini tengah berlomba memberi fasilitas hiburan untuk memanjakan pengunjungnya berupa taman bermain anak. Fakta ini memberi peluang usaha tersendiri bagi para pelaku bisnis hiburan anak.

NERACA

Di Jakarta dan beberapa kota besar lainnya, bukan pemandangan aneh kalau pusat perbelanjaan seperti mal menyediakan beebrapa fasilitas hiburan terbaik. Tak hanya untuk orangtua saja, anak-anak pun dibuatkan fasilitas semenarik mungkin. Tujuannya satu, menarik pengunjung sebanyak-banyaknya.

Kini mal sudah semakin menunjukkan jati dirinya sebagai tujuan rekreasi keluarga, terutama bagi masyarakat di perkotaan. Karena, sejak beberapa tahun ke belakang pengelola mal berlomba-lomba melengkapi fasilitas mereka dengan membuat arena bermain anak. Akibatnya, potensi keuntungan bisnis hiburan anak ini pun kian mantap.

Ya, pengelola pusat perbelanjaan terus berupaya menjadikan pusat perbelanjaan mereka menjadi tujuan favorit keluarga untuk mengajak rekreasi anak mereka. Makanya jangan heran kalau kini banyak mal yang menyediakan arena bermain terlengkap.

“Anak saya suka rewel kalau diajak berbelanja, makanya dengan adanya tempat bermain menjadikan kegiatan belanja saya pun menjadi nyaman, tanpa adanya gangguan anak-anak,” ujar Nia, seorang ibu rumah tangga kala di temui tempat bermain di ITC Permata Hijau Jakarta Selatan.

Nah, karena melihat peminat arena bermain anak yang cukup lumayan, menjadikan bisnis ini nampaknya cukup menjanjikan. Karena selain di mal di tempat lain pun bisnis ini tetap menjanjikan. Terlebih di tempat-tempat di sekitar tempat wisata. Wajar saja, bila pertumbuhan bisnis taman bermain anak yang kian pesat. Sarana permainan yang mereka sediakan semakin variatif dan memasukkan unsur edukasi dan olahraga.

Mengenai potensi bisnis, jangan tanyakan lagi. Meskipun tiket masuk boleh dibilang mampu bikin dompet orangtua tipis, tetapi para orangtua rela demi menyenangkan anak. makanya jangan heran kalau pengunjung arena bermain selalu melimpah di mal-mal, terutama ketika memasuki akhir pekan atau masa liburan.

Harga tiket biasanya dihitung variatif per jam, mulai dari Rp10.000–Rp15.000 per jam. Sementara itu, kelebihan lain bisnis taman bermain anak adalah biaya pemeliharaan yang rendah. Ya, pengelola hanya perlu membersihkan peralatan dengan alat pemebrsih saja.

Karena untuk mainannya sendiri biasanya tidak benyak membutuhkan biaya perbaikan yang banyak. Paling tidak, untuk satu dua tahun harus ada pergantian maina. Hanya saja, pemilik tempat hiburan anak ini harus siap dengan dana operasional, utamanya untuk sewa tempat dan membayar gaji karyawan.

Maklum, harga sewa tempat di mal boleh dibilang cukup mahal. Tetapi hasil yang akan dihasilkan pun tak kalah hebat. Makanya, meski demikian peluang bisnis ini tetap prospek selama anak-anak masih ada.

Untuk itu, kalau Anda memang berminat untuk menggeluti bisnis ini. Kini terdapat banyak penawaran waralaba yang bisa dipertimbangkan. Dengan catatan Anda tidak ingin direpotkan dengan membuka usaha ini sendiri. Karena kalau urusan harga yang dipatok, harga yang disyaratkan kepada Anda nilainya bisa mencapai ratusan juta.

Tetapi tak perlu khawatir, karena keuntungan bisnis ini juga cukup besar. Coba saja dikalkulasikan sendiri. jika tiap hari dirata-ratakan 100 anak bermain di taman bermain milik Anda. rasanya tak perlu waktu lama bukan untuk mencapai titik impas.