Rayakan HUT ke-257, Jogja Gelar Pesta Rakyat

Menyambut dan memeriahkan Hari Ulang Tahun Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) ke-257, Pemerintah Provinsi Daerah Yogyakarta menggelar acara meriah bertajukPesta Rakyat Jogja.Acara ini diisi dengan rangkaian kegiatan yang berlangsung simultan dan melibatkan warga Yogyakarta.

Beberapa kegiatan pendahulu sudah dilaksanakan sejak 7 September 2013 berupa festival kesenian yang diadakan di 45 Kelurahan di Yogyakarta. Festival kesenian tersebut digelar setiap Jum’at, Sabtu dan Minggu secara bergantian di 45 Kelurahan.

Sementara itu, pada 4 sampai 7 Oktober 2013 dilaksanakan Garebeg Mall Jogja. Kegiatan yang diikuti beberapa pusat perbelanjaan di Kota Yogyakarta ini menghadirkan diskon khusus bagi pembeli yang melakukan perbelanjaan di pusat-pusat perbelanjaan tersebut.

Pada 5 Oktober 2013 seluruh masyarakat Kota Yogyakarta termasuk Walikota Jogjakarta berramai-ramai memasang umbul-umbul dan penjor sebanyak 257 titik. Pemasangan dilakukan di beberapa titik stragetis yang telah ditentukan salah satunya di Titik Nol KM Yogyakarta.

Pada 6 Oktober 2013 pengunjung dan masyarakat Yogyakarta yang berada di sepanjang Jalan Malioboro dihibur panggung rakyat yang menampilkan berbagai potensi kesenian Yogyarta. Panggung rakyat tersebut berlangsung malam hari mulai pukul 18.00 sampai 24.00 WIB. Panggung hiburan dimeriahkan oleh penampilan dari Opera Van Java yang dilaksanakan pada 12 Oktober 2013 di Alun-alun Utara.

Puncak acara sendiri berlangsung pada 7 Oktober 2013 yang menggelar pawai budaya dan pisowanan agung pukul 14.00 sampai 17.30 WIB dari Taman Parkir Ngabean sampai ke Alun-alun Utara.

Kegiatan nikah massal juga turut meramaikan HUT Jogja ke-257. Acara tersebut diadakan pada 10 Oktober 2013 di Titik nol KM dengan menikahkan 50 pasang manten pada jam 14.30 hingga selesai.

Sejumlah kegiatan unik juga turut meriahkan HUT Jogja ke-257 di antaranya pembuatan tempe sepanjang 257 meter oleh warga Kampung Pandeyan.

Tidak mau ketinggalan, warga Kampung Mantrijeron juga melakukan cara unik untuk memeriahkan HUT Jogja ke-257 yaitu dengan mengibarkan 1.000 bendera Merah Putih. Pengibaran 1000 bendera merah putih tersebut dilakukan di sepanjang Jalan Mangkuyudan. Selain untuk memperingati hari jadi Jogjakarta, pengibaran 1000 bendera tersebut juga bentuk nasionalisme masyarakat setempat.

BERITA TERKAIT

KKP Bikin Percontohan Teknologi RAS Pada Unit Pembenihan Rakyat

NERACA Yogyakarta – Menteri Kelautan dan Perikanan, Susi Pudjiastuti melakukan tinjauan langsung ke Unit Pembenihan Rakyat (UPR) di desa wisata…

Baru Dua Anggota Apindo Yang Siap IPO - Momentum Tepat Gelar IPO

NERACA Jakarta – Melesatnya pertumbuhan indeks harga saham gabungan (IHSG) hingga mencapai rekor baru, dinilai menjadi momentum yang tepat untuk…

Surya Citra Incar Dana Segar Rp 3,57 Triliun - Gelar Private Placement

NERACA Jakarta – Perkuat modal dalam mendanai ekspansi bisnisnya, PT Surya Citra Media Tbk (SCMA) bakal menggelar penerbitan saham baru…

BERITA LAINNYA DI WISATA INDONESIA

Menikmati Musim Hujan di Bali

Semua orang sepakat jika Bali adalah anugerah bagi Indonesia, khususnya di sektor pariwisata. Beragam aktivitas bisa dilakukan turis saat berlibur…

Melihat Atraksi Pawai Tatung di Singkawang

Setelah Imlek, etnis Tionghoa di dunia juga bakal menggelar perayaan Cap Go Meh. Perayaan ini menandai 15 hari pertama setelah…

Samosir Terus Berbenah Tingkatkan Kunjungan Wisman

Pariwisata kini dianggap sebagai sektor unggulan yang memberikan kontribusi besar di Kabupaten Samosir, Sumatera Utara. Sepanjang tahun lalu sebanyak 55.771…