Agus Nardianto, Head Public Relation Dept Domestic Marketing Division, PT Astra Daihatsu Motor

Menjalankan Amanat Orang Tua

Sabtu, 05/10/2013

NERACA

Anda harus mengingat jasa baik orang yang berada di sekitar yang turut membantu memperlancar karier kita, karena tidak semua kesuksesan dapat di raih dengan prestasi kita sendiri. Itulah pesan orang tua Agus Nardianto kepada anaknya.

“Apa yang saya pilih untuk karier saya untuk ke depannya orang tua selalu suport,” tutur Agus kepada Neraca di arena IIMS, di Kemayoran, Jakarta Pusat, belum lama ini. Pria kelahiran di Ngawi, Jawa Timur, 19 Agustus 1964 itu kini menjabat sebagai Head Public Relation Dept Domestic Marketing Division, PT Astra Daihatsu Motor.

Mendapatkan hasil yang sangat memuaskan ketika berada di dunia pendidikan, membuat pria yang baru mempunyai anak satu ini diberi kepercayaan sepenuhnya dari orang tuanya untuk mengembangkan kariernya. “Kuliah di Insitut Teknologi Bandung, Jurusan Teknik Informatika, pastinya saya ingin menjadi insinyur informatika,” tuturnya pria dari empat bersaudara ini.

Menurutnya dunia public relations sudah menjadi bagian dari hidupnya, ini semua dikarenakan semua yang pernah dijalani di dunia kerja sebelumnya, jadi tidak merasa tercapai apa yang diinginkan. “Serius di satu bidang, bisa berinteraksi dengan banyak orang dan mempunyai keinginan wawasan yang luas dibandingkan fokus dengan satu bidang, ini semua ada di public relation dan ini yang saya inginkan,” tuturnya Agus yang pernah bekerja di dunia finance.

Kesibukan yang di jalani dengan pekerjaannya saat ini tidak membuat pria yang berbeda usia sepuluh tahun dengan istrinya ini tidak melupakan keluarga kecilnya, di hari libur selalu disempatkan untuk berkumpul dengan keluarga. “Keluarga adalah bagian dari hidup saya selain bekerja,” ungkapnya dengan rasa semangat.

Agus mempunyai keinginan untuk ADM ke depannya ingin memajukan dan memberikan sosialisasi tentang prestasi Daihatsu yang menurutnya selama ini belum maksimal. “Seperti kita ketahui Daihatsu sebagai pabrikan terbesar kapasitasnya di Indonesia, termasuk paling terdepan untuk lokal konten dan teknologi dan ini yang kami akan lakukan untuk ke depannya bagi Daihatsu,” tuturnya pria berkumis tipis.

Sebagai warga negara Indonesia, ia mempunyai keinginan untuk memberikan informasi kepada masyarakat, bahwa Indonesia itu bisa menjadi negara basis industri otomotif yang disegani oleh negara Asean dan negara lain. “Pontesi otomotif di Indonesia sebenarnya sangat besar mulai dari SDM dan SDA di negara kita ini sebenarnya sudah tersedia, seharusnya kita bisa merebut pasar otomotif di negara kita sendiri yang selama ini dikuasai oleh negara luar, sekarang kuncinya adalah belajar,” tuturnya Agus.

Mengenai LCGC untuk Daihatsu Ayla sebenarnya Daihatsu sudah memakai 85% komponen lokal, karena Daihatsu salah produsen yang sangat mendukung program-program pemerintah di Indonesia dan sangat mendukung kemajuan industri otomotif di Indonesia.

Ia mengatakan untuk pekerjaan di ADM dia sudah merasa puas, karena Daihatsu sudah memfasilitasi manufaktur (pabrik) disini bisa melihat teman-teman di pabrik, bagai mana dia disiplin baik itu dari mulai kerja dan sampai selesai, karena saya melihat pekerjaan di pabrik tidak boleh lengah dan tidak boleh capek karena akan mendapatkan risiko yang berat. “Kedisiplinan yang ada di Daihatsu membuat pelajaran yang sangat berharga buat saya dan pelajaran seperti ini yang saya tidak dapat di pekerjaan yang sebelumnya,” tuturnya Agus yang berhasil menyelesaikan jenjang S2 di Sekolah Tinggi PPM.

......

Curriculum Vitae

NAMA : AGUS NARDIANTO

TEMPAT / TGL LAHIR : Ngawi / 19 Agustus 1964

Agama : Islam

Alamat Rumah : Jl. Kintamani IX No. 1, Graha Cinere, Depok.

Nama Ayah : Panardi Wignyodiharjo (73 thn)

Nama Ibu : Kiyomi Budiyati (68 thn)

Saudara Kandung : Anak Sulung 4 Bersaudara

Nama Isteri : Nofianda Sari (bekerja)

Nama Anak : Kamal Husein Darmawan (SD Kelas 3, SD Islam Dian Didaktika)

Riwayat Pendidikan :

TK : FATIMA SOLO (1970)

SD : Pangudi Luhur SOLO (1971-1976)

SMP : Bintang Laut SOLO (1977-1980)

SMA : Negeri 3 SOLO (1980 – 1983)

S1 : Insitut Teknologi Bandung (1983-1993) – Jurusan Teknik Informatika

Lama karena keasyikan sambil bekerja setelah mata kuliah habis hingga wisuda.

S2 : Sekolah Tinggi PPM – Majoring in Finance (1993-1994)

Jl. Menteng Raya, samping Patung Tani.

Riwayat Pekerjaan :

1994 : PT Panatraco : distributor telekomunikasi

1994 – 1998 : PT Bank Umum Nasional (BUN) Kantor Pusat – Merchant Banking Division

1998 – 2001 : PT Astra International Tbk – Banking Relations Department

2001 – 2004 : PT Astra International Tbk – Asset Management Department

2004 – 2011 : PT Astra International Tbk – Media Relations Department

2011 – 2013 : PT Astra Daihatsu Motor – Public Relations Department