Indonesia Pasar Utama Honda Mobilio

Sabtu, 05/10/2013

NERACA

Setelah lama ditunggu, akhirnya untuk pertama kali di dunia, Honda Jepang memilih Indonesia sebagai negara pertama(world premiere) untuk memperkenalkan MPV murah pertamanya, Honda Mobilio Concept di ajang IIMS 2013. Mobil ini dikembangkan secara khusus untuk pasar Indonesia yang bisa menampung tujuh penumpang. Karenanya, diprediksi bakal digemari masyarakat Indonesia.

Honda melihat segmen MPV merupakan segmen otomotif dengan pangsa pasar terbesar di Indonesia, mencakup sekitar 32% dari seluruh total market di tahun 2013. Segmen ini diminati konsumen karena menawarkan mobil keluarga berkapasitas tiga baris yang memiliki harga lebih terjangkau, sangat ideal dengan karakter sebagian besar konsumen di Indonesia yang banyak menghabiskan waktu bersama keluarga dan kerabat.

Berdaya tampung tujuh penumpang, konsep Honda Mobilio mempunyai dimensi panjang 4,390 meter yang merupakan ukuran ideal untuk menciptakan kabin lapang, namun tak menyulitkan saat parkir. Ground clearence setinggi 185mm dan wheelbase sepanjang 2,650 meter. MPV ini dibekali mesin I-Vtec berkapasitas 1.5 liter yang sanggup menghasilkan tenaga maksimum 118 PS dan torsinya 14,4 NM. Disediakan transmisi manual 5 speed dan otomatis CVT.

“Honda Mobilio akan menjadi produk istimewa bagi Honda di Indonesia karena secara khusus dirancang sesuai dengan kebutuhan konsumen dan karakter jalan di Indonesia. Honda Mobilio juga akan diproduksi di Indonesia, dan menjadi produk pertama dari pabrik baru Honda di Karawang yang kami rencanakan mulai beroperasi pada awal 2014,” tuturnya President Director PT Honda Motor, Tomoki Uchida.

Adapun kisaran harga yang ditawarkan oleh Honda kepada konsumennya Rp 150-180 juta. Setelah ajang IIMS 2013, Honda Mobilio akan dibawa ke kota-kota besar di Indonesia untuk dipamerkan dan diperkenalkan langsung kepada konsumen.