Study Tour Ala Pelajar SMAN 77 Jakarta - Kampanyekan Save Animals

Berwisata biasanya identik dengan bersenang-senang, namun berbeda dengan sekelompok pelajar Sekolah Menengah Atas Negeri 77 Jakarta. Tidak hanya bersenang-senang, mereka berwisata sambil mengkampanyekan pelestarian fauna yang keberadaannya semakin terancam.

Berawal dari ide Sigit Nugroho yang juga seorang Guru Geografi SMAN 77 Jakarta, ia mengatakan bahwa ide ini muncul saat ia merencanakan sebuah study tour untuk murid-muridnya kelas XI IPS angkatan 2015 SMAN 77 Jakarta ini.

Study Tour memang merupakan kegiatan pembelajaran yang dilaksanakan diluar sekolah, murid-murid sekolah biasanya sangatlah antusias saat mengikuti kegiatan ini karena mereka tidak hanya belajar saja, tapi mereka pun diajak untuk mengenal lebih dekat apa yang sedang mereka pelajari. Acara ini pun diadakan di Taman Margasatwa Kebun Binatang Ragunan, selain bisa lebih dekat alam dan satwa, para murid-murid IPS SMA 77 Jakarta ini dibagi menjadi berbagai kelompok agar terlatih untuk membangun teamwork sertaleadership.

“Project Save Animals Ini pun kali pertamanya saya sebagai guru melakukan kolaborasi dengan anak - anak kelas XI IPS angkatan 2015 SMAN 77 Jakarta untuk membuat proyek bersama,” ucap dia.

Kegiatan ini pun dimulai sekitar jam 08.30 pagi, semua pelajar berkumpul di pintu utara Ragunan. Setelah itu, dimulai pembukaan kegiatan sertabriefinguntuk persiapan acara ini. Kemudian, para pelajar mulai mengerjakan proyeknya sesuai pembagian kelompoknya. Proyekyang dijalankan sambil berwisata alam dan satwa ini yaitu, membuat sebuah video yang isinya tentang kampanye untuk melestarian fauna yang keberadaannya sudah semakin terancam. Masing - masing kelompok bersaing untuk membuat video “save animals\\\" yang paling menarik.

Rencananya, hasil video yang dibuat akan dilombakan supaya membangun suasana berkompetisi dikalangan pelajar. Para pelajar diberikan waktu sampai sekitar pukul 12.00 untuk syuting dan mengambil gambar. Ada sebagian dari mereka yang memanfaatkan waktu untuk melihat berbagai fauna yang ada, ada juga yang mengelilingi kebun binatang Ragunan dengan bersepeda sambil menyaksikan lingkungan kebun binatang yang asri dan hijau dengan pepohonan.

“Harapan saya, selain belajar melakukan observasi, anak-anak juga bisa sambil berlibur bersama teman-teman, sejenak melepaskan lelah selama belajar di sekolah,” tambahnya.

Kegiatan yang berjalan lancar dan sukses ini diharapkan akan menimbulkan semangat belajar dan mencintai lingkungannya, kompak, juga memilikiteamworkyang baik serta mendapatkan wawasan serta pengalaman yang berkesan selama masa sekolah.

\"Makna belajar, tidak sekedar menghafal isi dari berbagai buku yang ada, dan mengerjakan soa-soal. Makna belajar juga bisa berarti membangun kepedulian,kreatifitas,teamwork, leadershipdan aksi nyata,” ungkap Guru Georgrafi ini.

BERITA TERKAIT

HALAL BIHALAL PEMPROV DKI JAKARTA

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan (ketiga kanan) dan Wakil Gubernur Sandiaga Uno (kiri) bersalaman dengan pegawai Pemprov DKI dan warga…

PJU di Jl. Terusan Jakarta, Bandung, Rusak

Di Jl. Terusan Jakarta No. 181, Antapani Kulon, Antapani, Kota Bandung, mengalami kerusakan sudah lama tidak nyala/berfungsi, kondisi gelap setiap…

“Puasa” 6 Tahun, DKI Jakarta Akhirnya Raih Opini WTP

      NERACA   Jakarta – Pemerintah Provinsi DKI Jakarta mendapatkan opini Wajar Tanpa Pengecualian atas Laporan keuangan Pemerintah…

BERITA LAINNYA DI WISATA INDONESIA

Ini Pilihan Tempat Menginap di Bandung

Bandung menjadi "pelarian" bagi warga Jakarta yang ingin liburan sambil merasakan hawa dingin. Di musim libur, seperti Lebaran, Paris van…

Menikmati Wisata Susur Sungai Martapura di Malam Ramadan

Bulan Ramadan bukan berarti menjadi berakhirnya aktivitas petualangan. Warga kota Banjarmasin, Provinsi Kalimantan Selatan, justru memiliki tren wisata baru yakni…

Wisata Jalur Vulkanik Jadi Berkah dari Gunung Merapi

Pekan kemarin Gunung Merapi kembali menunjukkan statusnya sebagai gunung api teraktif di Indonesia. Gunung yang terletak di perbatasan Provinsi Jawa…