Kala Kreativitas dan Semangat Wirausaha Terintegrasi

Jumat, 27/09/2013

NERACA

Jakarta - Sebagian besar mahasiswa, khususnya, di tingkat akhir kerap merasa cemas menghadapi masa selepas wisuda. Bagaimana tidak? Ketatnya persaingan untuk mendapatkan lapangan pekerjaan saat ini serta tingkat pengangguran yang masih cukup tinggi membuat para lulusan perguruan tinggi harus cermat dan berupaya untuk menciptakan lapangan kerja dengan berwirausaha mandiri.

Sayangnya, generasi muda saat ini masih ragu mengambil pilihan ini dengan alasan tidak ada modal, kurang pengalaman dan takut gagal. Memahami kondisi tersebut, PT Bank OCBC NISP Tbk mengajak para mahasiswa, tidak hanya untuk berwirausaha namun berkompetisi di bidang social entrepreneurship melalui Young Entrepreneurship Spirit (YES) Competition 2013.

Dari 29 ide bisnis yang berhasil dituangkan dalam bentuk proposal bisnis, sejumlah 15 finalis akan berkompetisi kembali dalam tahap presentasi proposal usahanya pada 25 September 2013. Penjurian yang bekerjasama dengan Markplus Institute dan Yayasan KSE menilai antara lain dari teknik penulisan proposal, perencanaan usaha yang efektif, orisinalitas, kreativitas, inovasi ide, serta merangkul aspek social entrepreneurship yang dibuktikan melalui kontribusi ide bisnis.

Hadiah utama berupa tabungan TANDA Bank OCBC NISP senilai Rp10 juta diserahkan oleh Direktur Bank OCBC NISP – Rama P Kusumaputra kepada tim dari Institut Pertanian Bogor dengan ide bisnisnya berupa kreasi ikan bandeng yang praktis dan bergizi, dengan konsep zero waste system sehingga lebih ramah lingkungan.

“Kegiatan ini dimaksudkan agar rekan-rekan mahasiswa semakin mengasah keterampilan dengan mengintegrasikan kreativitas, inovasi dan semangat berwirausaha untuk memanfaatkan peluang dalam mengembangkan usahanya, tidak hanya semata untuk mencari keuntungan tetapi juga berkontribusi untuk memberdayakan masyarakat sekitarnya”, ungkapnya di Jakarta, kemarin. [ardi]