Mansek Kembali Gelar Indonesia Corporate Day

Strategi Jaring Investor Asing

Jumat, 27/09/2013

NERACA

Jakarta –Kendatipun kondisi pasar modal dalam negeri terus mengalami fluktuasi yang cukup tinggi, tidak menyurutkan niat PT Mandiri Sekuritas Tbk untuk menjaring investor asing lebih banyak lagi. Pasalnya, perseroan tahun ini kembali menggelar Indonesia Corporate Day di London, Inggris. Event yang sama sebelumnya, juga dilakukan Mandiri Sekuritas di dua negara Asia lainnya yaitu Singapura dan Hong Kong.

Direktur Utama Mandiri Sekuritas Abiprayadi Riyanto mengatakan, rencananya Indonesia Corporate Day akan dilaksanakan pada tanggal 30 September – 1 Oktober 2013. Hal ini dilakukan juga bagian dari komitmen perseroan membangun pasar modal dalam negeri, “Peran aktif Mandiri Sekuritas dalam mengundang masuknya investor asing ini merupakan wujud komitmen perusahaan dalam memberikan kontribusi terbaik demi membangun pasar modal Indonesia yang terpercaya dan berkualitas,”kata dia di Jakarta, Kamis (26/9).

Nantinya, dalam acara Indonesia Corporate Day di London, Mandiri Sekuritas akan mempertemukan 14 emiten terkemuka Indonesia dengan 150 investor yang berbasis di London, Singapura dan Hong Kong. Diharapkan, event ini mendapatkan sambutan hangat dari investor disana, sebagaimana sambutan positif saat event yang sama di gelar tahun 2012 lalu.

Kata Abiprayadi, Indonesia Corporate Day memberikan kesempatan besar untuk menyampaikan gambaran terkini tentang tinjauan dan prospek makro ekonomi, kinerja emiten dari beberapa sektor industri serta peluang investasi di pasar modal Indonesia kepada investor asing. Oleh karena itulah, Mandiri Sekuritas memutuskan untuk kembali menggelar acara yang sama, sekaligus memperluas cakupan dengan mengundang lebih banyak lagi emiten dan investor asing, tidak hanya di Inggris, namun juga Hong Kong dan Singapura, “Harapan kami adalah agar investor asing dapat meningkatkan nilai portofolio investasinya di pasar modal Indonesia, yang selanjutnya dapat mendorong peningkatkan kapitalisasi pasar modal Indonesia, “ujarnya.

Selain itu, dia menilai laju pertumbuhan ekonomi Indonesia saat ini merupakan momentum yang tepat untuk mengundang lebih banyak lagi investor asing masuk ke pasar modal. Melalui acara Indonesia Corporate Day, para manajer investasi dapat memperoleh gambaran yang jelas, up-date dan komprehensif tentang berbagai hal, termasuk rencana aksi korporasi yang akan dilakukan emiten.

Perluas Jaringan

Sementara itu, Direktur Capital Market Mandiri Sekuritas Laksono Widodo menambahkan bahwa seiring dengan visi Mandiri Sekuritas untuk berekspansi secara internasional, maka perusahaan memandang perlu untuk terus memperkuat client base dan jaringan di pasar keuangan internasional melalui acara Indonesia Corporate Day. Kota London dipilih karena ibu kota Inggris ini merupakan hub bagi para investor di Eropa.

Menurut dia, selama ini pihaknya melihat bahwa minat investor asing pada IPO dan emisi obligasi sejumlah perusahaan di Indonesia terus meningkat. Sehingga, Mandiri Sekuritas berinisiatif untuk mengajak 14 emiten yang tercatat di Bursa Efek Indonesia (BEI) untuk bertemu langsung dengan para manajer investasi terkemuka sambil memaparkan informasi terkini tentang kinerja dan prospek usaha yang digelutinya.

Kegiatan ini juga dapat dimanfaatkan emiten untuk memperoleh gambaran mengenai jenis produk apa yang diinginkan dari sisi buyside sekaligus mendapatkan feedback terhadap kinerja mereka selama ini secara langsung dari para investor.

Sebagai informasi, tahun lalu Indonesia Corporate Day diikuti oleh 14 emiten yang terdiri dari 10 BUMN (Aneka Tambang, Bank Mandiri, Bank Tabungan Negara, Tambang Batubara Bukit Asam, Garuda Indonesia, Jasa Marga, Perusahaan Gas Negara, Telkom, Semen Indonesia, dan Wijaya Karya) serta 4 perusahaan swasta (ABM Investama, Lippo Karawaci, Tower Bersama, dan Ciputra Development). (nurul)