Mengatasi Ketiadaan Ruang Bermain Anak

Sabtu, 28/09/2013

Bagi orangtua, mungkin bermain bersama anak di dalam rumah akan banyak hal-hal menyenangkan untuk dilakukan. Apalagi jika di hunian kita memiliki arena taman bermain baik indoor ataupun outdoor. Lantas bagaimana kalau tidak, apakah permainan tak dapat dilakukan?

Sangat disayangkan jika anak-anak tidak diberikan kesempatan untuk bermain, karena dengan bermain kemampuan berfikir anak-anak dapat terasah, dan nantinya akan sangat berguna untuk kehidupan mereka dikala mereka dewasa.

Karenanya, sebagai orangtua harus pandai-pandai mengakali setiap sisi ruangan di ruamh, artinya semua ruangan bisa disulap sebagai arena bermain. Sehingga arena bermain tak melulu sebuah taman bermain yang khusus menyediakan aneka permainan anak.

Nah, demi mengembangkan kemampuan fisik, mental, serta kreativitas mereka (anak-anak). Berikut beberapa permaianan yang bisa dilakukan di seluruh bagian rumah, tanpa mengharuskan keberadaan taman bermain.

Membangun Benteng

Permainan ini dapat dilakukan dimanapun, baik di ruangan khusus bermain, kamar anak, atau ruangan lain yang tersedia di dalam rumah dapat dijadikan tempat untuk membangun sebuah benteng bersama anak-anak.

Dalam permainan ini, sebaiknya orangtua memandu anak-anak mereka, cara terbaik adalah membebaskan mereka memilih tema mereka sendiri.

Bermain Gelembung Sabun

Permainan sederhana lainnya adalah, bermain gelembung sabun. Caranya cukup mudah, Anda hanya perlu mencampur detergen cair pencuci piring, air untuk menghasilkan larutan yang dapat membuat gelembung sabun besar yang memungkinkan anak-anak untuk menikmati lingkungan yang penuh gelembung di dalam rumah.

Catatan untuk orangtua, jangan pernah lengah, karena anak-anak harus didampingi saat melakukan permainan gelembung, sebab cairan sabun bisa saja tertelan oleh mereka atas kelalaian orangtua. Rasanya, setiap anak menyukai gelembung sabun.

Membuat Scrapbooks

Permainan selanjutnya, adalah membuat Scrapbooks. Permainan sederhana ini mampu meningkatkan keterampilan dan kreativitas anak, permaian asah seni dan kerajinan ini dapat menggunakan media seperti foto, stiker, kertas berwarna, dan hiasan artistik lainnya yang dapat dijadikan scrapbook.

Nah, dengan bimbingan orangtua atau anak usia remaja, permainan ini bisa dilakukan. Bebaskan saja anak-anak memotong dan menyisipkan gambar kesukaan mereka dan bahan-bahan seni yang lain pada lembar scrapbook mereka.

Bermain Petak Umpat

Permainan sederhana yang terakhir dibahas di sini adalah permainan petak umpat. Permainan ini dapat mengasah kecerdasan, ketepatan pengelihatan, serta pendegaran anak. Dan yang pasti permainan ini dapat dilakukan dimanapun tanpa mengharuskan adanya taman bermain anak.