Mengatasi Ketiadaan Ruang Bermain Anak

Bagi orangtua, mungkin bermain bersama anak di dalam rumah akan banyak hal-hal menyenangkan untuk dilakukan. Apalagi jika di hunian kita memiliki arena taman bermain baik indoor ataupun outdoor. Lantas bagaimana kalau tidak, apakah permainan tak dapat dilakukan?

Sangat disayangkan jika anak-anak tidak diberikan kesempatan untuk bermain, karena dengan bermain kemampuan berfikir anak-anak dapat terasah, dan nantinya akan sangat berguna untuk kehidupan mereka dikala mereka dewasa.

Karenanya, sebagai orangtua harus pandai-pandai mengakali setiap sisi ruangan di ruamh, artinya semua ruangan bisa disulap sebagai arena bermain. Sehingga arena bermain tak melulu sebuah taman bermain yang khusus menyediakan aneka permainan anak.

Nah, demi mengembangkan kemampuan fisik, mental, serta kreativitas mereka (anak-anak). Berikut beberapa permaianan yang bisa dilakukan di seluruh bagian rumah, tanpa mengharuskan keberadaan taman bermain.

Membangun Benteng

Permainan ini dapat dilakukan dimanapun, baik di ruangan khusus bermain, kamar anak, atau ruangan lain yang tersedia di dalam rumah dapat dijadikan tempat untuk membangun sebuah benteng bersama anak-anak.

Dalam permainan ini, sebaiknya orangtua memandu anak-anak mereka, cara terbaik adalah membebaskan mereka memilih tema mereka sendiri.

Bermain Gelembung Sabun

Permainan sederhana lainnya adalah, bermain gelembung sabun. Caranya cukup mudah, Anda hanya perlu mencampur detergen cair pencuci piring, air untuk menghasilkan larutan yang dapat membuat gelembung sabun besar yang memungkinkan anak-anak untuk menikmati lingkungan yang penuh gelembung di dalam rumah.

Catatan untuk orangtua, jangan pernah lengah, karena anak-anak harus didampingi saat melakukan permainan gelembung, sebab cairan sabun bisa saja tertelan oleh mereka atas kelalaian orangtua. Rasanya, setiap anak menyukai gelembung sabun.

Membuat Scrapbooks

Permainan selanjutnya, adalah membuat Scrapbooks. Permainan sederhana ini mampu meningkatkan keterampilan dan kreativitas anak, permaian asah seni dan kerajinan ini dapat menggunakan media seperti foto, stiker, kertas berwarna, dan hiasan artistik lainnya yang dapat dijadikan scrapbook.

Nah, dengan bimbingan orangtua atau anak usia remaja, permainan ini bisa dilakukan. Bebaskan saja anak-anak memotong dan menyisipkan gambar kesukaan mereka dan bahan-bahan seni yang lain pada lembar scrapbook mereka.

Bermain Petak Umpat

Permainan sederhana yang terakhir dibahas di sini adalah permainan petak umpat. Permainan ini dapat mengasah kecerdasan, ketepatan pengelihatan, serta pendegaran anak. Dan yang pasti permainan ini dapat dilakukan dimanapun tanpa mengharuskan adanya taman bermain anak.

BERITA TERKAIT

Astra Graphia Beri Pinjaman Rp 125 Miliar - Kembangkan Anak Usaha

NERACA Jakarta – Dukung pengembangan bisnis anak usaha, PT Astra Graphia Tbk (ASGR) memberikan fasilitas pinjaman uncommited kepada dua anak…

Indika Energy Bikin Anak Usaha Bidang Jasa

Kembangkan ekspansi bisnis, PT Indika Energy Tbk. (INDY) mendirikan anak perusahaan baru bernama PT Indika Digital Teknologi (IDT). IDT memiliki…

5 Kegiatan Belajar untuk Perkembangan Emosi Anak

  Awal tumbuh kembang, anak menjalin hubungan timbal balik dengan orang-orang yang mengasuhnya. Interaksi anak dengan orang terdekat memengaruhi optimalitas…

BERITA LAINNYA DI HUNIAN

Separuh Generasi Milenial Tinggal di Kos - Survei IPW

Separuh Generasi Milenial Tinggal di Kos Survei IPW NERACA Jakarta - Survei Indonesia Property Watch (IPW) terhadap generasi milenial menunjukkan…

JRP Rampungkan Lebih Cepat Bintaro Plaza Residence

JRP Rampungkan Lebih Cepat Bintaro Plaza Residence   NERACA Tangerang Selatan - PT Jaya Real Property Tbk berhasil merampungkan lebih cepat…

Mitsubishi: Mulai Ada Tren Lift di Perumahan

Mitsubishi: Mulai Ada Tren Lift di Perumahan NERACA Jakarta - Presiden Direktur PT Mitsubishi Jaya Elevator and Escalator, Christian Satrya…