Manfaat Permainan untuk Kecerdasan Anak

Sabtu, 28/09/2013

Seperti kita ketahui terdapat banyak media pendidikan yang bermanfaat bagi peningkatan kecerdasan buah hati. Media pendidikan ini sangat beragam, bisa berbentuk mainan, buku, CD, dan lain sebagainya. Ya, buah hati kita yang berada dalam masa pertumbuhan otak tentu harus banyak distimulasi kecerdasannya dengan hal-hal yang menyanangkan.

Mainan yang ditujukan untuk melatih kecerdasan verbal seorang anak adalah dengan memberikan mainan yang dapat mengeluarkan suara atau bisa berbicara. Bisa berupa boneka, cd, fil anak-anak atau mendongeng, hal itu dapat mengasah kemampuan verbal anak.

Mengenai kecerdasan berhitung, harus disesuaikan dengan kemampuan anak dalam mengolah angka. Sebagai awal mungkin buah hati kita hanya perlu mengenal angka satu sampai sepuluh dulu dengan menggunakan jari tangan.

Sedangkan untuk kecerdasan ruang atau visual, berhubungan dengan pengenalan bangun. Kita bisa memberikan mainan puzzle, balok kayu, atau lego dan lain sebagainya. Mainan ini tidak hanya mengajak anak untuk mengenal bangun datar dan ruang yang pernah kita kenal. Namun juga mengenalkan berbagai bentuk lainnya.

Selanjutnya, untuk melatih kecerdasan memainkan nada. Cara menstimulasi kecerdasan ini bisa dengan memberikan alat-alat music mini. Atau setidaknya, berikan anak Anda “music box”, yaitu sebuah kotak yang jika dibuka akan terdengar alunan musiknya.

Terakhir, adalah menstimulus kecerdasan fisik anak. Kecerdasan ini berhubungan dengan ketrampilan anak dalam menggerakkan tubuhnya. Berikanlah sepeda sesuai dengan usianya. Ini sangat penting untuk meningkatkan kekuatan otot dan meningkatkan kecerdasan fisik anak.