Bunda Heart Center, Buka Pusat Jantung Terpadu

Didukung Teknologi Tinggi

Sabtu, 28/09/2013

Jumlah warga Indonesia yang berobat ke luar negeri terus bertambah. Keunggulan teknologi, kemampuan medik, dan keramahan layanan masih menjadi alasan pendorong. Namun sekarang tidak perlu berobat ke luar negeri terutama untuk pengobatan penyakit jantung RSIA Bunda membuka pelayanan Bunda Heart Center.

NERACA

Penyakit jantung masih menjadi pembunuh manusia nomor satu di Indonesia bahkan di dunia. Data terakhir dari WHO menyebutkan 60% dari seluruh kematian adalah akibat penyakit jantung.Bahkan sekitar 325 orang meninggal tiap tahunnya karena serangan jantung sebelum mereka mendapatkan pertolongan medis. Tapi banyak dari kematian tersebut sebenarnya bisa dihindari dengan bertindak cepat.

Terutama dengan mampu mengenali tanda gejala serangan jantung. Serangan jantung terjadi ketika aliran darah ke otot jantung terhambat. “Beberapa serangan jantung berlangsung mendadak dan cepat. Tapi kebanyakan timbul perlahan dengan nyeri ringan atau rasa tidak nyaman,” tutur spesialis jantung dan pembuluh darah dari Bunda Heart Center, dr Dicky Hanafy, SpJP.

Ia mengatakan gejala serangan jantung yang khas adalah rasa tidak nyaman di dada, seperti ditekan, diremas, rasa penuh atau nyeri yang berlangsung lebih dari beberapa menit, atau hilang timbul.

“Rasa nyeri atau tidak nyaman pada tubuh bagian atas, seperti di satu atau kedua lengan, punggung, leher, dagu atau perut. Sesak nafas dengan atau tanpa rasa tidak nyaman di dada,” tuturnya.

Tanda lain, lanjut Dicky, seperti berkeringat dingin, mual, muntah atau pusing melayang.Tidak ada yang bisa menjamin seseorang bisa tetap hidup jika mengalami serangan jantung. Banyak yang langsung meninggal sebelum sempat mendapatkan pertolongan. ”Tetapi sebagian lagi sangat bisa diselamatkan. Mereka iniliah yang harus segera dibawa ke rumah sakit untuk diupayakan selamat dari maut,” pungkas dr. Dicky , yang menjabat pengajar di Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia.

Sementara itu, Dr Erick Purba SpPD menambahkan pencegahan penyakit jantung koroner dapat dilakukan dari beberapa hal mulai dari gaya hidup sehat seperti berhenti meroko, mengurangi stress, rajin berolahraga, dan juga memperhatikan pola makan yang sehat.

Pola makan yang sehat diantaranya adalah mengurangi konsumsi daging berlemak jenuh tinggi, memperbanyak makan ikan seperti ikan tuna atau ikan salmon, buah-buahan, sayur dan biji-bijian yang mengandung antioksidan tinggi (Vitamin A, C dan E).

Selain itu mengontrol tekanan darah, kadar gula darah, dan kadar lemak darah sangat penting untuk mencegah penyakit koroner terutama yang memiliki riwayat diabetes dan darah tinggi baik diri sendiri atau dalam keluarga.

Bunda Heart Center

Yang beralamat di Jl. Teuku Cik Ditiro NO. 28, Jakarta Pusat, RSU Bunda Hadirkan Pusat Jantung Terpadu.

Semakin bertambahnya kasus jantung yang harus segera ditangani di RSIA Bunda, baik yang ditemukan sebelum atau sesudah persalinan, mendorong Bundamedik Healthcare System melalui RSU Bunda mengembangkan Pusat Jantung Terpadu “Bunda Heart Center” (BHC). “Demi memberikan layanan terbaik bagi masyarakat luas, Pusat Jantung Terpadu ini melayani pasien RSIA dan juga non-pasien RSIA,” tuturnya Kepala RSU Bunda, Dr. Didid Winnetouw.

Bukan sekedar menambah layanan, BHC bahkan ditetapkan menjadi salah satu layanan unggulan RSU Bunda. Kini BHC siap memberikan layanan khusus kesehatan kardiovaskular yang komprehensif, mulai dari screening kesehatan jantung, poliklinik jantung dan pembuluh darah, hingga prosedur yang invasif seperti kateterisasi koroner dan bedah jantung.

Visi menjadi cardiovascular centre yang terpercaya dan mampu menangani semua masalah kardiovaskular diwujudkan BHC dengan tim dokter handal yang dipimpin oleh Prof. DR. dr. Ganesja Harimurti, SpJP(K), FIHA, FASCC dan koordinator dr. Dicky A. Hanafy, SpJP.

Menurutnya selama ini RS Bunda identik dengan rumah sakit ibu dan anak. Namun semenjak akhir tahun 2012 lalu, Bunda Medik selaku pemilik jaringan RS Bunda membuka RSU Bunda yang melayani pasien umum. Menurut Didid, tiga pelayanan utama yang dimiliki RSU Bunda adalah Radiodiagnostik, Neuro Center, dan Bunda Heart Center atau pusat pelayanan jantung terpadu.

Pusat layanan jantung RSU Bunda Jakarta yang menyediakan pelayanan beragam untuk kesehatan jantung oleh dokter-dokter ahli dan berpenglaman.Bunda Heart Centre pun memiliki fasilitas dan teknologi termutakhir, selain fasilitas pendukung seperti Intensive Cardiac Care Unit (ICCU), Cath Lab, Bunda Philips International Radiodiagnostik Centre, Cardiac Disease Detection, dan Rehabilitasi Jantung.

Untuk menangani pasien yang mengalami serangan jantung, RSU Bunda menyiapkan unit khusus yang beroperasi selama 24 jam memberikan pertolongan cepat, tepat dan terpadu.