Kenali Penyakit Melalui Kuku

Sabtu, 28/09/2013

Kalau mata disebut ‘jendela jiwa’, kuku bisa diibaratkan jendela kesehatan. Ya, kuku bisa menjadi indikator kondisi tubuh. Ia mengindikasikan penyakit tertentu. Ya, hanya dengan melihat perubahan warna kuku, seseorang bisa memprediksi penyakit yang tengah dideritanya. Mengutip laman MNN, berikut beberapa penyakit yang bisa diindasikan lewat kuku.

Diabetes

Kuku yang berwarna kuning, sering disebut ‘sindrom kuku kuning’, menandakan diabetes. Itu disebabkan tingginya glukosa yang menyebabkan tumpukan protein kolagen di kuku. Tumpukan protein itulah yang membuat kuku tampak menguning.

Jika ada gejala lain seperti peningkatan rasa haus atau frekuensi buang air kecil, sebaiknya segera konsultasikan pada dokter dan cek kadar gula darah.

Asma

Asma atau penyakit pernafasan biasanya ditandai dengan kuku yang menebal dan tumbuh lebih lambat.

Anemia

Ada lagi, gejala yang dinamakan ‘kuku sendok’. Tandanya, kuku tumbuh melengkung ke atas. Posisi cekung itu bahkan bisa menampung beberapa tetes air. Jika ini terjadi, kemungkinan tubuh kekurangan zat besi, hipotiroidisme, atau menderita penyakit hati.

Jantung

Perubahan kuku juga bisa menjadi tanda masalah jantung. Biasanya kuku mengalami pendarahan yang terlihat dengan adanya garis merah dan cokelat. Artinya, ada infeksi pada katup jantung yang berhubungan dengan pembuluh darah.

Alergi

Sering ditemui, adanya bercak putih pada kuku. Sebagian orang percaya, itu tanda kekurangan kalsium. Belum tentu. Bercak putih bisa disebabkan luka pada kuku. Atau, bisa jadi itu merupakan reaksi alergi terhadap cat kuku atau infeksi ringan.