Pemodal Besar Kuasai Bisnis dari Hulu hingga Hilir - Industri Padat Karya Rawan Praktik Monopoli dan Kartel

NERACA

 

Jakarta - Direktur sekaligus Pengamat Ekonomi dari Institute for Development of Economic and Finance (Indef) Enny Sri Hartati menghimbau pemerintah segera membersihkan praktik monopoli maupun kartelisasi di beberapa industri di tanah air. Salah satunya di industri padat karya yang dilakukan oleh industri skala menengah ke atas.

\"Kompetitor industri padat karya tidak selalu padat karya juga. Misalnya industri garmen dan tekstil skala Usaha Kelas Menengah (UKM), pesaingnya justru industri yang punya teknologi tinggi,\" kata dia saat dihubungi Neraca di Jakarta, Selasa (24/9).

Praktik monopoli dan kartel di industri padat karya, menurut Enny, bisa terjadi apabila pemodal besar menguasai jalur perdagangan, distribusi sampai pasar. \"Kalau hal itu terjadi, maka industri padat karya yang masih skala UKM atau tradisional lama-lama akan kolaps. Seperti industri garmen di Pekalongan dan Cirebon yang sedang menggenjot penetrasi besar-besaran,\" paparnya.

Enny berpesan, agar pemerintah dapat menciptakan struktur pasar atau pola tata niaga yang sehat. \"Struktur pasar yang sehat bisa mengeliminir dan menertibkan praktik monopoli dan kartel di industri padat karya, bahkan industri lainnya sehingga industri Indonesia dapat bersaing atau kompetitif,\" tukas Enny.

Sementara itu, salah satu andalan Indonesia dalam persaingan di ASEAN adalah industri tekstil. Menteri Perindustrian (Menperin) MS Hidayat mengatakan total populasi di ASEAN kurang lebih sebanyak 600 juta jiwa, sementara Indonesia memiliki 240 juta penduduk. Jika tidak mampu bersaing maka nantinya Indonesia hanya akan menjadi pasar bagi komunitas ASEAN tersebut. \"Oleh karena itu, tekstil harus kompetitif sehingga bisa mengekspor ke negara lain,\" kata Hidayat.

Hidayat mengatakan, pihaknya juga telah melakukan pembicaraan dengan para pengusaha tekstil Indonesia untuk bisa menyiapkan roadmap atau peta industri tekstil ke depan. \"Memang kekurangan kita adalah di mesin karena mulai dari komponen hingga mesin kita harus impor, dan hal tersebut yang melemahkan daya saing kita,\" kata mantan ketua umum Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia ini. Dengan kondisi seperti itu, lanjut Hidayat, maka pemerintah telah memberikan tax holiday untuk investor yang akan berinvestasi mesin di Indonesia.

Dia menyebutkan telah ada beberapa negara yang berminat untuk melakukan investasi, salah satunya perusahaan dari China. Menurut Hidayat, saat ini ada kurang lebih sebanyak 2.900 pabrik tekstil di Indonesia, dan sekitar 500 di antaranya membutuhkan peremajaan mesin beserta komponennya.

Menperin mengatakan, industri tekstil Indonesia diharapkan mampu meningkatkan kontribusi kebutuhan tektil dunia sebesar 5% dalam waktu 10 tahun ke depan. \"Kontribusi Indonesia untuk kebutuhan tekstil dunia baru 1,8%, saya berharap dalam waktu 10 tahun lagi meningkat menjadi 4 atau 5%,\" kata Hidayat.

Dia mengatakan, Indonesia memang bukan industri tekstil terbesar namun telah masuk dalam jajaran 10 besar di dunia. Bahkan untuk ASEAN saja peringkat Indonesia berada di bawah Vietnam yang menjadi negara dengan industri tekstil terbesar. \"Saya yakin industri tekstil di Indonesia akan meningkat, banyak investor dari China yang melirik untuk melakukan investasi di sini karena mereka memiliki masalah tenaga kerja di sana,\" ujar Hidayat.

Industri Tekstil

Sementara itu, Ketua API Ade Sudrajat mengatakan pihaknya menyambut baik permintaan Menperin MS Hidayat untuk menyiapkan peta industri tekstil Indonesia.\"Yang akan kita siapkan antara lain adalah negaranegara mana yang bisa didekati agar bisa meningkatkan ekspor, dan juga bagaimana kedepannya Indonesia mampu untuk membuat mesin sendiri,\" ujar Ade.

Dia mengatakan, untuk pembuatan mesin sendiri harus didahului dengan industri komponen dan didukung dengan industri motor penggerak dan utamanya sektor-sektor industri ringan. Indonesia merupakan salah satu pemasok tekstil dan produk tekstil (TPT) dan mampu memenuhi 1,8% kebutuhan dunia dengan nilai ekspor mencapai US$ 12,46 miliar atau setara dengan 10,7% dari total ekspor nonmigas.

Industri tekstil dan produk tekstil (TPT) mempunyai peran penting di dalam perekekonomian. Diawali pada tahun 1970-an industri TPT Indonesia mulai berkembang dengan masuknya investasi dari Jepang di sub-sektor industri hulu (spinning dan man-made fiber making).

Periode 1970 sampai 1985, industri tekstil Indonesia tumbuh lamban serta terbatas dan hanya mampu memenuhi pasar domestik (substitusi impor) dengan segment pasar menengah-rendah.

BERITA TERKAIT

NRE dan VKTR Sepakat Kembangkan e-MaaS di Indonesia

NERACA Jakarta – Pertamina New & Renewable Energy ("Pertamina NRE"), subholding PT Pertamina (Persero) yang fokus pada pengembangan energi bersih, dan…

Produksi PHE ONWJ Dioptimalkan

NERACA Cirebon – Tim dari Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) melakukan peninjauan proyek Offshore PT Pertamina Hulu Energi…

Investasi dan Ekspor Industri Mamin Semakin Lezat

NERACA Jakarta – Industri makanan dan minuman (mamin) merupakan salah satu sektor strategis dan memiliki peran penting dalam menopang pertumbuhan…

BERITA LAINNYA DI Industri

NRE dan VKTR Sepakat Kembangkan e-MaaS di Indonesia

NERACA Jakarta – Pertamina New & Renewable Energy ("Pertamina NRE"), subholding PT Pertamina (Persero) yang fokus pada pengembangan energi bersih, dan…

Produksi PHE ONWJ Dioptimalkan

NERACA Cirebon – Tim dari Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) melakukan peninjauan proyek Offshore PT Pertamina Hulu Energi…

Investasi dan Ekspor Industri Mamin Semakin Lezat

NERACA Jakarta – Industri makanan dan minuman (mamin) merupakan salah satu sektor strategis dan memiliki peran penting dalam menopang pertumbuhan…