Mengunjungi Tempat-tempat Mustajab di Tanah Suci

Sabtu, 28/09/2013

Naik haji merupakan satu ibadah istimewa, selain dapat berwisata mengunjungi rumah Allah, kita juga bisa merasakan indahnya beribadah ketika menjalani serangkaian kegiatan haji. Berdoa jelas menjadi salah satu hal yang sangat penting saat berada ditanah suci, untuk soal yang satu ini, perlu diketahyui bahwa ada beberapa tempat yang dipercaya mustajab saat berada di tanah suci.

Kawasan Masjidil Haram

Area di sekitar Masjidil Haram adalah dianggap mustajab, yaitu doa-doa akan dikabulkan Allah. Namun ada beberapa bagian Masjidil Haram yang diutamakan. Yang pertama adalah Multazam, bagian dari Ka'bah, posisinya di antara pintu Ka'bah dan Hajar Aswad. Multazam paling jadi rebutan jamaah umrah dan haji usai tawaf untuk berdoa. Yang kedua adalah Maqam Ibrahim, batu pijakan Nabi Ibrahim saat membangun Ka'bah. Ada pula Hijr Ismail, bentuk kontruksi setengah lingkaran di sebelah barat Ka'bah.

Selain itu ada Hajar Aswad, adalah batu hitam di sudut Ka'bah yang diletakan Nabi Ibrahim. Batu beraroma wangi ini diimani sebagai batu yang berasal dari surga. Jamaah umrah dan haji sering berebut untuk menyentuh dan mencium Hajar Aswad. Di sudut Ka'bah yang berkebalikan dengan Hajar Aswad, ada Rukun Yamani yaitu sudut Ka'bah yang menghadap ke negara Yaman yang juga dianggap tempat istimewa. Dan pada saat Sa'i, tempat istimewa untuk berdoa adalah Bukit Shafa dan Marwa.

Kawasan Masjid Nabawi

Masjid Nabawi di Madinah adalah masjid terpenting kedua bagi umat Islam setelah Masjidil Haram di Makkah. Kawasan ini pun dianggap mustajab, terutama di Raudhah. Tempat ini aslinya adalah halaman rumah Nabi Muhammad SAW. Para jamaah haji selalu berupaya keras berdesak-desakan agar bisa masuk dan berdoa di tempat ini. Tempat ini sudah dibuka 24 jam, untuk mengurangi kepadatan jamaah. Jamaah perempuan pun punya jadwal tertentu agar tidak bercampur dengan jamaah pria.

Arafah saat waktu haji

Padang Arafah menjadi inti dari kegiatan haji tapi tidak dengan umrah. Hanya pada saat haji, para jamaah dari seluruh dunia berkumpul untuk melakukan ibadah wukuf dari tengah hari sampai sore hari. Berdoa saat wukuf di Arafah akan dikabulkan oleh Allah.

Muzdalifah

Usai dari Arafah, para jamaah haji menuju ke Muzdalifah, yang berada di antara Arafah dan Mina, untuk bermalam di tenda-tenda. Jamaah biasanya mengumpulkan batu kerikil untuk dilemparkan saat Jumroh. Pada malam hari adalah waktu yang cocok untuk berdoa dan diyakini akan dikabulkan Allah.

Jamarat

Jamarat adalah 3 pilar batu bersejarah yang pasti didatangi jamaah haji. Sedangkan jamaah umroh tidak pergi ke sini. Dalam sejarahnya, Nabi Ibrahim melempar setan dengan batu di ketiga tempat ini ketika menggodanya agar tidak mengurbankan Nabi Ismail. Ada tiga tempat untuk melempar jumroh yaitu Jumrotul Aqoba, Jumratul Wustho, Jumratul Ula. Para jamaah berdoa di sini.