BRI Beri Bunga Bersaing - Tingkatkan Pangsa Pasar

NERACA

Jakarta - Dalam upaya meningkatkan market share Kredit Pemilikan Rumah (KPR) dan Kredit Kendaraan Bermotor (KKB), PT Bank Rakyat Indonesia (BRI) menawarkan bunga yang cukup bersaing yakni sebesar 7,75% fixed dua tahun dan bebas biaya administrasi. “Sedangkan untuk program KKB, dengan suku bunga 3,35% untuk 1 tahun dan bebas biaya administrasi serta bebas biaya provisi,” ujar Sekretaris Perusahaan BRI, Muhammad Ali, di Jakarta, Senin (23/9).

Ali juga menjelaskan, dengan struktur pendanaan yang bagus, BRI meyakini dapat menawarkan suku bunga yang sangat bersaing untuk KPR dan KKB. “Selain itu, BRI juga menawarkan kecepatan dan kemudian dalam pelayanan KPR dan KKB ini, dengan dokumen yang lebih sederhana dan proses yang hanya lima hari dan diharapkan bisa meningkatkan kepuasan nasabah,” jelas Ali.

Namun, Vice President Credit Consumer BRI, Joice Rosandi mengatakan, jika rencana revisi aturan Loan to value (LTV) yang ditetapkan oleh Bank Indonesia (BI) berlaku, maka perseroan akan mengikuti. “Kalau peraturan itu ditetapkan oleh regulator dalam ini BI, ya kita akan lakukan,” kata Joice.

Dia juga mengatakan, langkah BI untuk menetapkan peraturan LTV itu merupakan langkah yang sangat baik. “BI itu mengambil tindakan yang sangat tepat, karena untuk melindungi perbankan dan juga konsumen,” kata dia. Joice mengungkapkan, di Jakarta, memang banyak terdapat pengajuan kredit untuk rumah kedua, namun untuk di nasional itu cukup berimbang.

Sedangkan untuk pembiayaan mobil murah, Joice mengatakan, pihaknya bersedia membiayai jika keputusan resmi pemerintah sudah keluar. “Selama keputusan itu resmi dari pemerintah ya akan kita biayai,” ucap dia.

Sementara itu, menurut Ali, Kinerja KPR dan KKB BRI menunjukan peningkatan, yakni Per Juni 2013, penyaluran KPR dan KKB BRI masing-masing tercatat sebesar Rp9,9 triliun dan Rp2,2 triliun. “Ini naik dibandingkan Juni 2012 lalu yang tercatat sebesar Rp8,7 triliun dan Rp1,6 triliun,” kata Ali.

Sedangkan, guna memenuhi kebutuhan rumah dan kendaraan roda empat untuk masyarakat, BRI melakukan roadshow event KRK Expo di empat pusat perbelanjaan di Jakarta. Masing-masing yakni, Kota Kasablanka pada 23 hingga 29 September, Mall of Indonesia pada 28 September hingga 6 Oktober, Cibubur Junction 7 hingga 13 Oktober dan Livingworld 22 hingga 28 Oktober.

Ali mengatakan, rangkaian expo ini melibatkan sekitar 35 pengembang dan sekitar 10 dealer rekanan dengan memfokuskan pada program-program KPR dan KKB. “Diharapkan melalui expo ini akan meningkatkan brand awareness masyarakat terhadap KPR dan KKB BRI, juga dapat meningkatkan market share kredit konsumer BRI melalui akuisisi,” ucap Ali. [sylke]

BERITA TERKAIT

BEI Beri Edukasi Finalis Aban None Jakarta - Dorong Antusiasme Investor Muda

NERACA Jakarta – Genjot pertumbuhan investor pasar modal dari kalangan anak muda terus dilakukan PT Bursa Efek Indonesia (BEI) dengan…

KPK Beri Perhatian Khusus Korupsi Sektor Pangan

KPK Beri Perhatian Khusus Korupsi Sektor Pangan NERACA Jakarta - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) memberikan perhatian serius pada potensi korupsi…

BI Tahan Suku Bunga Acuan 5,25%

      NERACA   Jakarta - Rapat Dewan Gubernur (RDG) Bank Indonesia (BI) pada 18-19 Juli 2018 memutuskan untuk…

BERITA LAINNYA DI INFO BANK

BI Tahan Suku Bunga Acuan 5,25%

      NERACA   Jakarta - Rapat Dewan Gubernur (RDG) Bank Indonesia (BI) pada 18-19 Juli 2018 memutuskan untuk…

Kredit BTN Tumbuh 19,14%

      NERACA   Jakarta - PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk mencatatkan peningkatan penyaluran kredit sebesar 19,14% secara…

Laba Bank Jatim Tumbuh 5,01%

      NERACA   Jakarta - PT Bank Pembangunan Daerah Jawa Timur Tbk (Bank Jatim) mencatatkan laba bersih mengalami…