Dukung APEC, Telkom Bangun 500 BTS di Bali

NERACA

Jakarta-Manajemen PT Telekomunikasi Indonesia Tbk (TLKM) mengaku ikut mendukung infrastruktur Information and Communication Technology (ICT) untuk acara Asia Pacific Economic Coorporation (APEC) 2013 yang diselenggarakan di Bali. Perseroan membangun jaringan yang diklaim sebagai jaringan kelas dunia, “always on”, dengan total 500 base transceiver station (BTS).

Vice President Public Relations Telkom Arif Prabowo mengatakan, jaringan yang dibangun tersebut terdiri dari fiber optic sejauh 148 km, Access Point Indonesia Wifi 1500 titik, dan tambahan BTS 3G Telkomsel di 150 site, “Sehingga total BTS sebanyak 500 yang meng-cover APEC.” katanya di Jakarta, Senin (23/9).

Selain itu, menurut dia, juga akan dilakukan live trial 4G LTE Telkomsel di 39 sites. Dengan demikian, seluruh layanan tersebutmampu menyalurkan bandwith internet sampai dengan 2x10 Gbps. Secara umum, infrastruktur ICT yang disediakan perseroan ini, kata dia, terdiri dari Switching, Transmission dan Access (STA) yang mampu menghasilkan layanan View berupa tayangan di tv nasional, internasional dan streaming; layanan Internet; dan layanan Phone mencakup Telkomsel, SLI dan PSTN (VIP).

Layanan tersebut, sambung dia, disediakan dengan jangkauan yang cukup luas yang mampu mencakup lima lokasi utama yaitu Media center, akomodasi hotel, security, international airport dan venue (MASIV). Selain membangun jaringan, perseroan juga menjadi Host Sponsor APEC Business Advisory Council(ABAC) Indonesia selaku penyelenggara acara ini. “Rangkaian acara APEC merupakan perhelatan internasional dan sudah menjadi kewajiban kita untuk menyukseskan kegiatan tersebut,” imbuhnya.

Sementara itu, untuk meningkatkan layanan 4G yang sebentar lagi diluncurkan, melalui anak usahnya, Telkomsel akan membangun 1.000 BTS dalam dua- tiga bulan ke depan. Rencananya, 1.000 BTS tersebut akan dibangun di lima kota besar di Indonesia. Pihak manajemen meyakini, di masa depan kebutuhan atas internet yang cepat terus meningkat.

Proyeksinya, di masa depan semakin banyak orang yang menonton TV di ponsel yang berjaringan 4G. Sementara untuk saat ini pelanggan Telkomsel masih didominasi ponsel 2G dengan persentase 70%. Jumlah tersebut dipastikan akan menurun karena pada 2015 Telkomsel akan berhenti membangun BTS 2G. “Bisa dibilang di 2015 nanti 2G sudah punah. Dan sekitar 80% negara di dunia sudah pakai 4G.” ucapnya. (lia)

Related posts