Layanan Pendidikan Madrasah Harus Lebih Bermutu - Lomba Karya Tulis dan Foto Inspiratif Kemenag

Sejalan dengan komitmen global dalam upaya peningkatan pemerataan akses pendidikan yang bermutu melalui program “Pendidikan untuk Semua”, Kementerian Agama (Kemenag) RI melalui Direktorat Jenderal Pendidikan Islam menetapkan kebijakan Percepatan Akreditasi Madrasah sebagai upaya mempercepat peningkatan mutu layanan pendidikan madrasah melalui peningkatan kapasitas madrasah dalam menghadapi proses akreditasi.

Dalam rangka pencapaian tujuan, keluaran, dan dampak dari program percepatan akreditasi, Kemenag menggelar lomba karya tulis dan foto yang menyajikan kisah inspiratif dari madrasah untuk bangsa yang ditujukan bagi para guru, tenaga kependidikan, dan siswa madrasah seluruh Indonesia.

Lomba penulisan kisah inspiratif adalah kompetisi karya tulis yang berupaya menggali berbagai pengalaman-pengalaman sederhana dan keseharian dari sebuah madrasah tetapi dikemas ke dalam bentuk kisah inspiratif yang membawa para pembaca untuk menyelami dan menangkap pesan inspiratif dari karya tulis tersebut.

Sedangkan Lomba foto inspiratif adalah ajang kompetisi karya fotografis yang menjadikan madrasah dan berbagai aspek tentang madrasah sebagai objek dari fotografi tersebut. Sehingga karya yang dihasilkan akan menjadi inspirasi bagi madrasah lain untuk semangat melakukan pengembangan madrasah serta menginspirasi masyarakat luas tentang madrasah sebagai pusat keunggulan pengetahuan, ketangguhan kemampuan, dan keistimewaan sikap.

Direktur Pendidikan Madrasah Kementerian Agama, M. Nur Kholis Setiawan, seperti dikutip dalam siaran pers yang diterima di Jakarta, belum lama ini mengatakan bahwa kegiatan bertajuk \\\"Lomba Penulisan Kisah dan Foto Inspiratif Madrasah\\\" tersebut bertujuan merekam inspirasi dari madrasah yang dikemas dalam narasi kisah dan karya fotografi.

\\\"Kegiatan lomba ini akan menyuguhkan kisah dan foto inspiratif madrasah sebagai inisiasi perubahan menuju kemajuan bangsa,\\\" kata dia.

Unit Pelaksana Program Akreditasi Madrasah (UPPAM) Direktorat Pendidikan Madrasah Kementerian Agama ditunjuk sebagai pelaksana lomba tersebut. UPPAM mendukung program tersebut dari sisi pencitraan terkait eksistensi madrasah serta kontribusinya pada pembangunan pendidikan nasional.

Ketua UPPAM Rohmat Mulyana menjelaskan bahwa keterbatasan fasilitas yang masih mendominasi kalangan madrasah, khususnya yang berstatus madrasah swasta, ternyata tidak menyurutkan daya juang guru dan tenaga kependidikannya untuk terus berikhtiar sekuat tenaga mendidik siswa-siswanya.

\\\"Mutiara berserak kisah perjuangan madrasah ini layak untuk dijadikan inspirasi bagi kita semua bahwa tiada kata menyerah untuk memajukan masa depan bangsa ini,\\\" ujar Kasubdit Kelembagaan Direktorat Pendidikan Madrasah itu.

Lomba Penulisan Kisah dan Foto Inspiratif Madrasah berhadiah trofi dan uang tunai jutaan rupiah. Peserta tidak dipungut biaya, hanya diwajibkan mengisi formulir pendaftaran yang dapat diunduh dari situs http://madrasah.kemenag.go.id atau www.akreditasi.madrasah.info, dan mengirimkan formulir pendaftaran itu beserta dokumen lomba berupa tulisan dan foto ke UPPAM Direktorat Pendidikan Madrasah Kementerian Agama paling lambat pada tanggal 30 September 2013.

BERITA TERKAIT

BPJS Ketenagakerjaan Siapkan Layanan Digital

      NERACA   Jakarta - Era digital menuntut semua pihak untuk dapat memenuhi tuntutan pelanggan dengan mudah dan…

Agenda Mewujudkan Keadilan Ekologis Harus Terus Dijalankan

Agenda Mewujudkan Keadilan Ekologis Harus Terus Dijalankan WALHI beserta seluruh elemen rakyat deklarasikan Platform Politik Lingkungan Hidup Indonesia NERACA Jakarta…

Sektor Teknologi dan Manajemen Risiko

  Oleh: Achmad Deni Daruri President Director Center for Banking Crisis     Korporasi Alibaba segera akan mengganti para akuntannya…

BERITA LAINNYA DI PENDIDIKAN

Sekolah Umum Tempat Tumbuhkan Radikalisme?

    Kementerian Agama menyebut radikalisme di dunia pendidikan justru tumbuh di sekolah umum dengan salah satu pemicunya waktu ajar…

15 Kepala Daerah Terima Penghargaan Kihajar

  15 Kepala Daerah di Indonesia menerima penghargaan Anugerah Kita Harus Belajar (Kihajar) 2017. Para kepala daerah ini terdiri dari…

237 SMK Terima Sertifikasi LSP-P1

      Sebanyak 237 Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) menerima Sertifikat Lisensi Lembaga Sertifikasi Profesi Pihak 1 (LSP-P1) dari Badan…