iOS 7, Control Center Cerdas yang Berbahaya

Sabtu, 28/09/2013

Setelah lama dinanti, akhirnya iOS 7 resmi diluncurkan dan telah siap untuk diunduh. Memiliki tampilan yang lebih segar, sistem operasi mobile untuk perangkat Apple ini memiliki beragam kelebihan. Ini perombakan total dibanding revisi yang dilakukan sebelumnya. Kali ini, desainnya tak lagi meniru benda di dunia nyata. Kini desainnya yang lebih flat dan cerah. Semua aplikasi standar direvisi logonya.

iOS 7 ini hanya bekerja pada model iPhone 4, iPod touch 5 dan iPad 2 ke atas, Selain itu, iOS 7 juga membawa banyak fitur baru. Perubahan yang pertama adalah kemunculan menu cerdas Control Center, Menu ini akan muncul saat Anda menyapu layar dari bawah ke atas. Control center akan memuat setelan Wifi, Bluetooth, kecerahan layar hingga lampu senter.

Selain itu adanya menu multitasking yang membuat iOS bisa menjalankan beragam aplikasi dalam satu waktu. Apple menjanjikan fitur ini tak akan menguras baterai. Pada tampilan Safari pun kini makin bersih tampilannya. Perpindahannya antar tab browser juga makin wah dengan tampilan 3D. Menu AirDrop yang memungkinkan perpindahan data dari iPhone ke iPad melalui jaringan wifi.

Pada lini kamera kini didesain makin mudah saat mengganti mode penjepretannya. Apple juga memberikan pilihan filter gambar seperti yang ada di instagram. Tidak lupa juga perubahan pada virtual asisten yang biasa disapa siri ini, selain memiliki pilihan suara pria, siri juga bisa mengoperasikan fungsi dasar ponsel, misalnya mengatur kecerahan layar. Hasil pencariannya tak hanya mengambil dari Google, tapi juga dari Bing, Twitter dan Wikipedia.

Pada App Store akan melakukan update otomatis di setiap aplikasinya. Pengguna juga bisa mencari aplikasi yang populer di daerahnya. iRadio adalah salah satu yang baru, fitur ini untuk streaming radio. Anda bisa mendengarkan musik di iRadio. Jika suka lagunya, bisa dibeli di iTunes. Fitur menelpon melalui wifi pun disematkan di sistem operasi ini.

Fitur Security, ponsel deprogram bisa menghapus semua data di iPhone jika iPhone hilang atau dicuri. Fitur ini juga mematikan ponsel iPhone, saat iPhone anda dicuri. Namun tidak hanya kelebihan saja, beberapa kekurangan dan kerawanan pada sistem operasi terbaru Apple ini pun sangat mengkhawatirkan. Hal ini ditemukan pada menu Control Center, pada menu ini bisa dipakai untui menembus Lock Screen di iOS7.

Artinya, pencuri atau pengguna illegal bisa menggunakan perangkat yang memakai iOS7 meski telah terkunci dengan kode akses. Setelah terkunci dengan kode akses, keluarkanlah meu Control Center, lalu pilih aplikasi clock, tekan tombol power hingga keluar pilihan cancel, setelah itu pilihlah home pada control home, maka kita akan langsung ke menu meski tanpa memasukan kode akses. Ini jadi membuat kode akses Lock Screen tdak berfungsi sama sekali.

Meski begitu, pihak Apple sendiri belum memberikan tanggapan atas hal ini. Solusi sementara adalah dengan mematikan akses control center di lock screen lewat menu pengaturan, lalu pilih control center, dan pillih off pada menu access on lock screen, dengan ini lock screen dapat berfungsi dengan baik.