CIMB Niaga Syariah Salurkan Dana Kebajikan

Senin, 23/09/2013

NERACA

Jakarta - PT Bank CIMB Niaga Tbk, melalui Unit Usaha Syariahnya ("CIMB Niaga Syariah"), menyerahkan dana kebajikan (Qardhul Hasan) sebesar Rp160 juta melalui Lembaga Kemanusiaan ESQ 165 untuk disalurkan kepada 100 penerima beasiswa dari Sekolah Dasar, Sekolah Menengah Pertama, dan Sekolah Menengah Atas di Jakarta, Yogyakarta, dan Surabaya.

Penyaluran dana kebajikan ini menjadi bagian dari program Unifying Spirit for Humanity tahun 2013 yang diluncurkan pada 4 Juli lalu. Tahun ini, program Unifying Spirit for Humanity secara total menyalurkan dana sebesar Rp2,6 miliar kepada 18 Lembaga Kemanusiaan Amal dan Sosial atau meningkat 73% dibandingkan 2012 yang sebesar Rp1,5 miliar.

Head of Syariah Banking CIMB Niaga U. Saefudin Noer mengatakan, sesuai dengan tujuannya, maka Lembaga Kemanusiaan ESQ 165 akan menyalurkan dana kebajikan yang telah diterimanya untuk kegiatan pemberdayaan masyarakat di lokasi-lokasi yang telah dipilih. Dalam hal ini, dana akan digunakan untuk program beasiswa dari Lembaga Kemanusiaan ESQ 165.

“Lembaga Kemanusiaan ESQ 165 akan memilih dan menyeleksi langsung, pihak-pihak yang berhak menerima bantuan beasiswa, termasuk melakukan proses monitoring kepada penerima beasiswa, sehingga program Unifying Spirit for Humanity tidak melenceng dari tujuan awalnya,” terang Saefudin, saat penyerahan secara simbolis dana kebajikan melalui Lembaga Kemanusiaan ESQ 165 pekan lalu.

Selain penyerahan dana kebajikan, CIMB Niaga Syariah juga memberikan fasilitas Rekening Ponsel bagi para donatur Lembaga Kemanusiaan ESQ 165. Tujuannya agar memudahkan mereka dalam memberikan proses donasi langsung ke nomor ponsel khusus yang telah disiapkan untuk Lembaga Kemanusiaan ESQ 165.

Proses pendistribusian bantuan ke penerima beasiswa pun juga dapat dilakukan melalui Rekening Ponsel. Transfer dana langsung dilakukan ke nomor ponsel yang dapat berfungsi sebagai rekening bank dari orangtua penerima beasiswa. Apabila nomor ponselnya belum terdaftar, tinggal datang ke kantor cabang CIMB Niaga untuk mengaktifkannya, dan dana dapat diambil melalui ATM CIMB Niaga terdekat, tanpa perlu menggunakan kartu.

Program Unifying Spirit for Humanity terus mencatatkan peningkatan positif setiap tahunnya. Jika tahun lalu dana kebajikan disalurkan kepada 9 Lembaga Kemanusiaan, Amal dan Sosial, tahun ini bertambah menjadi 18 Lembaga Kemanusiaan, Amal dan Sosial, antara lain PMI, BAZNAS, LAZIS Nahdlatul Ulama, LAZIS Muhammadiyah, Al Azhar Peduli Ummat, PPPA Daarul Qur’an Nusantara, dan Yayasan Dompet Dhuafa Republika. Dengan bergabungnya Lembaga Kemanusiaan ESQ 165 dalam penyaluran dana kebajikan tahun ini, diharapkan akan semakin mendukung kegiatan-kegiatan Lembaga Kemanusiaan ESQ 165.

Dana kebajikan merupakan dana dari masyarakat yang berhasil dihimpun CIMB Niaga Syariah untuk dipergunakan dalam berbagai kegiatan kemanusiaan, amal, dan sosial. “Penggunaan dana kebajikan melalui Program Unifying Spirit for Humanity diharapkan tidak hanya berdampak positif kepada masyarakat penerima bantuan, namun untuk jangka panjang mampu menggerakkan roda perekonomian di lingkungan masyarakat penerima bantuan,” tutup Saefudin. [rin]