Bapepam LK Tegaskan Akuisisi Indosiar Sudah Selesai

Jakarta – Ditengah desakan agar akuisisi Indosiar oleh induk SCTV dibatalkan, Badan Pengawas Pasar Modal dan Lembaga Keuangan (Bapepam-LK) memberikan pernyataan tegas, bila proses pembelian saham PT Indosiar Karya Media Tbk (IDKM) oleh induknya SCTV, PT Elang Mahkota Teknologi Tbk (EMTK) sudah tuntas.

Kepala Biro Penilaian Keuangan Perusahaan (PKP) Sektor Jasa Bapepam LK, Gontor Ryantori Azis mengatakan, proses akuisisi Indosiar oleh PT Elang Mahkota Teknologi Tbk (EMTK) sudah selesai. Bahkan segala pandangan hukum dari Komisi Penyiaran Indonesia (KPI) Pusat tidak serta merta dapat menunda pelaksanaan aksi tersebut. “Transaksinya sudah done. Tender offer sudah selesai. Jadi tidak ada penundaan, meski ada pandangan dari KPI adanya potensi pelanggaran UU lain,"katan Gonthor di Jakarta akhir pekan lalu.

Menurutnya, pandangan KPI hanya bersifat masukan kepada lembaga negara yang berwenang atas regulasi penyiaran dan frekuensi, yakni Kementerian Komunikasi dan Informasi (Kemkominfo).

Hingga saat ini, tegas Gonthor, tidak ada surat keberatan atas proses akuisisi dan tender offer tersebut. Termasuk permintaan penundaan pembelian saham IDKM, dari pihak Kemkominfo."Dari Kementerian Komunikasi dan Informasi tidak ada surat keberatan sampai saat ini. Jadi jalan terus,"ujarnya.

Sebelumnya, Komisi Penyiaran Indonesia (KPI) Pusat telah menyampaikan pandangan hukum resmi kepada publik terkait rencana akuisisi saham IDKM oleh EMTK, selaku induk usaha PT Surya Citra Media Tbk (SCMA/SCTV).

Dalam pandangan hukum KPI, Komosioner Bidang Infratruktur KPI Pusat, Moch Riyanto, menyampaikan, aksi korporasi ini berpotensi melanggar UU Penyiaran serta Peraturan Pemerintah (PP) No. 50 Tahun 2005. "Rencana akuisisi EMTK atas saham IDKM milik PT Prima Visualindo, dalam kajian hukum kami memungkinkan terdapat potensi pelanggaran. Khususnya pada pasal 18 dan 34 UU Penyiaran," tandasnya.

Dalam UU serta Peraturan Pemerintah disampaikan, unsur memiliki potensi pelanggaran diversity of content serta divesity of ownership atas suatu lembaga penyiaran.

KPPU Ingatkan Soal Akuisisi

Penolakan keras soal akuisisi Indosiar juga datang dari Komisi Pengawas Persaingan Usaha (KPPU). Komisioner KPPU Erwin Syahril pernah bilang, EMTK untuk tidak arogan dan diminta untuk menaati berbagai produk undang-undang (UU), khususnya UU No 32 Tahun 2002 tentang Penyiaran "KPPU tidak akan menoleril sebuah perusahaan yang melakukan akuisisi jika jelas-jelas melanggar UU. Kita harus membenahi semua sistem di negara ini agar menjadi semakin baik," tegasnya.

Menurutnya, sampai saat ini apa yang telah dilakukan EMTK dalam mengakuisisi terhadap Indosiar belum dilaporkan kepada KPPU. "Biasanya, kalau ada laporan dari staf ke komisi KPPU, kami langsung membahasnya dan mengambil sikap terkait akuisisi sebuah perusahaan. Sampai saat ini, kami belum menerima laporan itu,"ujarnya. (bani)

BERITA TERKAIT

Konstruksi Infrastruktur Nasional Perlu Tegaskan Komitmen K3

Oleh: Muhammad Razi Rahman Awan hitam sedang menaungi berbagai proyek pembangunan infrastruktur di sejumlah lokasi di Tanah Air, karena adanya…

KREN Investasikan Dana Rp 4,3 Miliar - Akuisisi Sistem Mikroelektronik

NERACA Jakarta - PT Kresna Graha Investama Tbk (KREN) telah menuntaskan aksi anorganiknya untuk mengakuisisi saham PT Sistem Mikroelektronik Cerdas…

185 Juta Pengguna Prabayar Sudah Teregistrasi

    NERACA   Jakarta - Kementerian Komunikasi dan Informatika mencatat lebih dari 185 juta pengguna telepon seluler berhasil melakukan…

BERITA LAINNYA DI BURSA SAHAM

Minat Asuransi Meningkat - Zurich Buka Agen di Yogyakarta dan Jateng

NERACA Yogyakarta -Perluas penetrasi pasar asuransi di dalam negeri, perusahaan asuransi jiwa terkemuka di Indonesia Zurich membuka kantor keagenan keduanya…

Nusantara Infrastructure Bagikan Dividen

NERACA Jakarta - Berkah mencatatkan kinerja keuangan yang positif, PT Nusantara Infrastructure Tbk (META) berencana untuk memberikan deviden kepada para…

Metrodata Tuntaskan Merger Anak Usaha

PT Metrodata Electronics Tbk (MTDL) merampung merger dua entitas bisnis anak usahanya yakni PT Logicalis Metrodata Indonesia (LMI) dengan PT…