Asuransi Astra Galakkan Program Ramah Lingkungan

Senin, 23/09/2013

NERACA

Jakarta - PT Asuransi Astra Buana melalui AAB Peduli (Asuransi Astra Buana Pemberdayaan dan Darma Untuk Lingkungan) sebagai program Corporate Social Responsibility (CSR) terus menggalakkan berbagai kegiatan ramah lingkungan, mulai dari edukasi hingga implementasi di lapangan bersama masyarakat.

Melalui keterangan tertulisnya di Jakarta, pekan lalu, dijelaskan bahwa program ramah lingkungan yang telah dilakukan sejak 2008 ini merupakan salah satu kontribusi perusahaan pada pembangunan berkelanjutan melalui pelestarian lingkungan hidup.

Asuransi Astra sendiri hingga kini telah menanam sebanyak 48.503 pohon. Sementara total jumlah pohon yang telah berhasil ditanam oleh grup Astra tahun lalu saja sebanyak 550.000. lokasi penanaman bibit-bibit pohon tersebut diantaranya di Hutan Pendidikan Wanagama, Yogyakarta dan Taman Nasional Halimun, Bogor.

Tidak terbatas hanya pada penanaman pohon, dalam rangkaian program ramah lingkungan ini Asuransi Astra juga gencar mengkampanyekan penerapan ramah lingkungan dalam kehidupan sehari-hari. Tahun ini direncanakan dapat terwujud di lima kecamatan di DKI Jakarta serta di kecamatan-kecamatan yang lokasinya paling dekat dengan kantor Asuransi Astra cabang Lampung, Pekanbaru, Balikpapan, Bandung, Medan, dan Surabaya.

Hingga September 2013, kegiatan ramah lingkungan sudah terlaksana di lima lokasi di Provinsi DKI Jakarta dan Provinsi Lampung. Untuk Jakarta, lokasi kegiatan meliputi Bidaracina – Kec. Jatinegara, Gandaria Selatan – Kecamatan Cilandak, Kec. Pademangan, dan Kec. Menteng. Sementara untuk Lampung telah dilaksanakan di Kec. Teluk Betung Utara. Lokasi pencerahan ramah lingkungan kelima di Jakarta adalah di Kecamatan Kelapagading yang diselenggarakan pada 20 September 2013 di halaman kantor kecamatan.

Terpilihnya Kelapa Gading sebagai tempat pencerahan program ramah lingkungan dikarenakan wilayah ini rentan banjir, pemukiman dan pertokoan yang padat, serta sebagai bentuk dukungan dan kerja sama berkelanjutan dengan pemerintah Kecamatan Kelapa Gading seperti dalam mendukung Hari Bebas Kendaraan yang telah dilaksanakan tahun 2012 lalu.

Dalam pencerahan tersebut, warga diberikan informasi mengenai perilaku ramah lingkungan seperti hemat listrik, air, bahan bakar, mendaur ulang barang yang tak digunakan, menghindari penggunaan plastik, penggunaan bahan alami, penanaman pohon, dan pemakaian produk ramah lingkungan.

Mengakhiri kegiatan pencerahannya, Social Responsibility Head Asuransi Astra, Teguh Priyanto berujar ”Dengan upaya hemat listrik, hemat bahan bakar, tidak membakar sampah namun mendaur ulangnya, maka emisi CO2 dapat dikurangi. Sedangkan untuk menyerap kembali CO2, maka diperlukan penanaman pohon dan pemeliharaan berkelanjutan. Untuk itu, mari kita mulai menjaga bumi dan lingkungan ini dari tempat tinggal kita masing-masing," tandasnya. [ardi]