Menimbang Keuntungan Bisnis Haji dan Umrah

Jika Anda berniat mendirikan sebuah usaha, rasanya usaha di bidang tour and travel laik dipertimbangkan. Khususnya travel haji dan umrah yang Pangsa pasarnya masih terbuka lebar dan terus menunjukkan peningkatan.

Ya, bisnis travel haji dan umrah memang terbukti masih banyak dilirik pengusaha agen tour and travel di Indonesia. Karena, selain memberi keuntungan yang cukup menggiurkan, bisnis haji dan umrah juga tidak pernah sepi. Apalagi hampir semua masyarakat muslim sangat menginginkan untuk pergi ke tanah suci Mekkah.

“Kalau untuk berangkat haji kan kita daftar sekarang ya berangkatnya 10 tahun lagi, artinya kan walaupun kondisi ekonomi Indonesia sedang morat marit tetap umat Islam ingin pastinya ingin menjalankan rukum Islam yang ke lima,” sebut Syamsul pemilik sebuag agen perjalanan haji dan umrah di bilangan Jakarta Barat.

Nah, karena daftar tunggu untuk berangkat haji begitu panjang. Paket perjalanan umrah sangat diminati, karena ibadah umrah itu merupakan haji kecil. Tak heran, ibadah umrah pun begitu diminati laiknya ibadah haji. Dan tak seperti ibadah haji, ibadah umrah setiap bulannya selalu ada jadwal penerbangan.

Lantas, kalau dikalkulasikan, sesungguhnya mana yang lebih menguntungkan, apakah bisnis haji atau umrah? Menurut pihak-pihak yang berkecimpung di usaha ini menjalani bisnis travel haji dan umrah memang menyenangkan. Tak hanya keuntungan yang didapat, melalui bisnis ini si empunya usaha juga dapat beramal dengan membantu saudaranya untuk berhaji menjalankan perintah Allah SWT.

Memang, untuk ibadah haji ada keterbatasan kuota dan akan banyak kendala akan ditemuai, tapi jika ditilik dari keuntungan yang dihasilkan jelas mengusrus perjalanan haji jelas lebih menguntungkan daripada umrah.

Tetapi bisnis umroh, walaupun keuntungannya lebih kecil, tetap memiliki keuntungan tersendiri. Ibadah umrah sangat diminati umat Islam mengingat sulitnya persyaratan untuk naik haji, kelebihan ibadah umrah bisa dilakukan di setiap bulan.

Seperti diketahui setiap bulan pasti ada saja jamaah yang berangkat umrah. Hal itu menunjukkan kalau segmen pasarnya usaha perjalanan umrah sudah sangat jelas. Apalagi jika membuka usaha di kota-kota besar yang taraf kehidupan masyarakatnya sudah lumayan.

Karena terlalu banyak peminatnya, pihak agen tour and travel terpaksa memberangkatkan jamaah umrah negara lain seperti Malaysia jika jadwal penerbangan tidak bisa menampung semua jamaah. Maklum, bandara udara Cengkareng tak akan mampu meng-handle semua penerbangan.

Ya, agar tak mengecewakan, biasanya agen perjalanan haji dan umroh memang memberangkatkan jamaah melalui negara Malaysia. Kalau tidak begitu, rasanya mustahil agen perjalanan haji dan umrah milik Anda akan mendapat apresiasi konsumen (jamaah)

BERITA TERKAIT

Jaga Kerukunan dan Toleransi Pasca Kekerasan Terhadap Pemuka Agama

  Oleh : Sulaiman Rahmat, Mahasiswa Universitas Lancang Kuning, Pekanbaru Pada akhir Januari 2018 kemarin, masyarakat dihebohkan dengan kabar ulama…

KNPI Harus Menjadi Inspirator Implementasi Pancasila dan UUD '45 - Bupati Sukabumi

KNPI Harus Menjadi Inspirator Implementasi Pancasila dan UUD '45 Bupati Sukabumi NERACA Sukabumi - Bupati Sukabumi Marwan Hamami meminta Komite…

Menkop Dukung Pemuka Agama Bertausyiah Bisnis

Menkop Dukung Pemuka Agama Bertausyiah Bisnis NERACA Mojokerto - Menteri Koperasi dan UKM AAGN Puspayoga mendukung para ulama ataupun pemuka…

BERITA LAINNYA DI PELUANG USAHA

Cara Mudah Dapat Penghasilan Tambahan - Lewat Medsos

Internet telah berkembang secara pesat. Terbukti dari data Kominfo tentang pengguna internet di Indonesia yang saat ini sudah mencapai 63…

Intip Peluang Usaha Kemitraan Takoyaki

Takoyaki termasuk salah dari sekian banyak kudapan khas negeri Sakura yang populer di dalam negeri. Camilan ini digemari banyak orang…

Sruput Manisnya Usaha Minuman Nuguy Coklat

Ada begitu banyak waralaba minuman coklat yang ditawarkan di pasaran. Mulai dengan yang harganya di atas 10 juta hingga yang…