Gorontalo, Kota Seribu Keindahan

Provinsi Gorontalo sebagian besar terdiri dari daerah pegunungan yang membentang dari utara ke selatan. Soal panorama tak perlu diragukan lagi, karena salah satu provinsi di Indonesia ini memiliki keindahan alam yang sangat menakjubkan.

NERACA

Indonesia memiliki daratan dan lautan yang sangat luas sekali, terbentang jauh dari sabang hingga merauke. Memiliki alam yang sangat indah membuat Indonesia menjadi tujuan wisata dunia, tak hanya wisatawan domestik saja, wisatawan dari berbagai belahan dunia pun sangat mudah ditemui di Indonesia. Indonesia memanglah dianugerahi keindahan alam yang tiada duanya, yang sangat sulit ditemui dibelahan dunia manapun.

Ya, di Gorontalo gunung-gunung dan hutan adalah rumah-rumah bagi flora dan fauna unik. Anoa, tarsius, burung maleo, dan babi rusa adalah salah satu spesies langka yang dapat Anda ditemukan di sini. Maleo, misalnya, adalah spesies burung yang telurnya lebih besar dari tubuhnya sendiri. Sementara Tarsius adalah primata terkecil di dunia, tetapi memiliki panjang sekitar 10 cm.

Memiliki seribu keindahan, dipenuhi pohon ebony, lingua, nantu, meranti, dan rotan membuat hutan Gorontalo menjadi hutan yang sangat indah akan keanekaragamannya. Di bagian selatan laut Gorontalo, yaitu di Teluk Tomini, ada beberapa pulau kecil yang tersebar. Pulau-pulau belum berpenghuni dan pasir putih sangat indah mengelilingi. Teluk Tomini dilintasi oleh garis khatulistiwa dan secara alami ditinggali oleh beragam jenis hewan laut. Karena itu, teluk Tomini adalah surga pagi para penyelam.

Benteng Otanaha menjadi salah satu situs sejarah yang dimiliki Gorontalo, digunakan para Raja Gorontalo ini sebagai tempat perlindungan dan pertahanan. Keunikan benteng terlihat adalah material yang digunakan untuk membangun benteng campuran pasir, plester, dan putih telur Maleo. Pemandangan Danau Limboto dapat dilihat jelas dari sini, karena letaknya di atas dataran tinggi. Ada dua benteng lagi yang terletak di daerah yang sama, yaitu Otahiya dan Istana Ulupahu. Pengunjung harus melewati 345 anak tangga untuk mencapainya.

Monumen Nani Wartabone adalah monumen sejarah pahlawan lokal Gorontalo, bernama Nani Wartabone. Ia berperan penting dalam perjuangan rakyatGorontalo. Monumen ini terletak di tengah Taman Taruna Remaja Gorontalo. Ada Mesjid Hunto (Sultan Amai). Masjid Hunto adalah salah satu masjid tertua di Gorontalo (300 tahun). Masjid ini terletak di desa Siendeng di kota Gorontalo. Di masjid ini, ada sumur dan beduk yang memiliki umur sama seperti Mesjid itu sendiri.

Gorontalo memang memiliki banyak keindahan alam seperti Pasir Putih Leato, di sana kita pun dapat melihat langsung proses perbaikan perahu kayu dengan cara tradisional. Kehidupan bawah air di tempat ini cukup menarik. Ada pula Taman Laut Olele sangat khas dari yang lain karena kekayaan sumber daya laut. Tidak tertinggal Danau Limboto yang memiliki berbagai jenis ikan air tawar yang hanya dapat ditemukan di danau ini. Selain itu, di danau ini ada sebuah lapangan pendaratan pesawat amfibi bernama Katelina, dahulu membawa Presiden Pertama Republik Indonesia, Bung Karno.

Terdapat pula Air terjun Ayuhulalo ini terletak di desa Ayuhulalo, Tilamuta. Berada sekitar 5 km dari Kabupaten Boalemo. Lingkungannya segar karena terdapat hutan hijau yang teduh dengan air segar disekitarnya. Jangan lupa juga untuk mengunjungi Pantai Indah Boalemo memiliki pantai pasir putih dengan air yang tenang dan jernih. Di sini Anda dapat merasa nyaman dan rileks, berenang, berperahu, atau menyelam. Di sepanjang pantai, terdapat kelapa dan pohon pinus.

Taman Laut Bitilia memiliki beberapa tempat menyelam dengan pemandangan bawah laut yang luar biasa indah. Tempat ini hanya 15 menit dari Pantai Boalemo Indah. Tak jauh kita juga bisa mengunjungi Pantai Bolihutuo, ditumbuhi pohon pinus raksasa, pohon ini menciptakan suasana yang sejuk dan tenang di sekitar pantai. Pasir putihnya yang tersebar di sekitar pantai membuat keindahan pantai lebih lengkap. Tersedia juga beberapa cottage di sini.

BERITA TERKAIT

Pemkot Palembang Petakan Lokasi Pengembangan Kota Baru

Pemkot Palembang Petakan Lokasi Pengembangan Kota Baru NERACA Palembang - Pemerintah Kota (Pemkot) Palembang memetakan tiga lokasi untuk pengembangan kota…

Resmi Pimpin Kota Sukabumi Pasangan Faham Sampaikan Visi Misi

Resmi Pimpin Kota Sukabumi Pasangan Faham Sampaikan Visi Misi NERACA Sukabumi – Pasangan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Sukabumi…

Paripurna Renja & HUT DPRD Kota Depok - OPD Harus Jamin Kepastian Hukum Perijinan Investor

Paripurna Renja & HUT DPRD Kota Depok  OPD Harus Jamin Kepastian Hukum Perijinan Investor NERACA Depok - Rencana Kerja (Renja)…

BERITA LAINNYA DI WISATA INDONESIA

Kemenpar Perluas Pasar Wisata Lewat Pameran di Luar Negeri

Kementerian Pariwisata serius menggarap potensi MICE (Meeting, Incentive, Convention, dan Exhibition), salah satunya dengan mengikuti pameran Incentive Travel & Convention,…

Pariwisata NTB Dipastikan Segera Pulih

Pariwisata Nusa Tenggara Barat (NTB) dipastikan segera pulih karena proses pemulihannya berjalan sesuai rencana yang dikawal langsung oleh dua Menteri…

Desa Wisata di Tobasa Siap Sambut Pengunjung

Jalan-jalan ke Danau Toba, tidak lengkap rasanya jika belum mengunjungi desa adat, salah satunya Desa Wisata Meat, Kecamatan Tampahan di…