Percantik Tampilan Hunian dengan Furniture Minimalis

Meski Terlihat Simpel dan Sederhana

Sabtu, 21/09/2013

Pemilihan furnitur yang tepat akan menambah keindahan dan kenyamanan sebuah hunian, furnitur minimalis lebih tepat diaplikasikan untuk hunian bergaya minimalis. Pasalnya, furnitur bertipe ini (minimlais) memiliki ukuran kecil hingga tidak banyak memakan tempat.

NERACA

Furnitur minimalis semakin banyak diminati masyarakat, baik masyarakat Indonesia maupun masyarakat Internasional. Di Indonesia tren furnitur bergaya minimalis ini pertama kali mewabah hanya di daerah perkotaan. Sebab masyarakat perkotaan umumnya memiliki mobilitas yang tinggi, sehingga membutuhkan jenis furnitur yang tidak membutuhkan banyak waktu untuk merawatnya setiap hari.

Tapi, bukan berarti furnitur berdesain minimalis hanya diminati oleh masyarakat perkotaan, sebab kini tidak sedikit masyarakat pedesaan yang telah merenovasi rumahnya menjadi berdesain minimalis, dan tentunya mereka juga akan sangat membutuhkan furniture berdesain minimalis untuk mengisi perabotan rumahnya.Kebanyakan orang mungkin menilai dan bahkan setuju jika furnitur minimalis identik dengan jenis furnitur yang berdesain simpel.

Tidak salah memang, sebab untuk furnitur minimalis, kesederhanaan memang merupakan hal yang sengaja ditonjolkan, dan ini juga merupakan ciri khas dari furnitur minimalis itu sendiri. Tapi jangan salah, dibalik kesederhaan pada desainnya itu, sebenarnya ada kesan lain yang paling ingin ditonjolkan yakni kesan elegan dan kokoh atau kuat. Furnitur minimalis memang terlihat lebih elegan dan lebih kokoh dari pada desain furnitur lainnya.

Kesan kokoh dan kuat untuk furniture minimalis ini dapat dilihat dari ketebalan tiap-tiap komponen yang digunakan untuk membuatnya. Kebanyakan komponen yang digunakan untuk membuat furnitur minimalis dibuat dengan ukuran yang tebal. Dan tentu saja, komponen yang tebal akan membuat hasil akhir dari furniture yang dibuat menjadi kokoh dan kuat. Anda bisa mengamatinya langsung di lapangan untuk membuktikannya.

Meskipun ciri khas utama furnitur minimalis adalah kesimpelan pada desainnya, tapi bukan berarti tidak bisa ditambahkan aksen pemanis sama sekali pada desainnya. Sebab faktanya, banyak juga furnitur minimalis yang sengaja dibuat dengan menambahkan aksen atau ornamen tambahan pada desainnya seperti penambahan ukiran.

Tujuan penambahan aksen tambahan adalah agar lebih terlihat menarik. Namun bila dirasakan sebuah aksen tidak diperlukan dan lebih menyukai furnitur yang lebih simpel, lebih baik aksen tidak ditambahkan disebuah furniture. Hal ini lebih penting dibandingkan keindahan yang telah diberikan sebuah furnitur hilang karena sebuah aksen.

Tapi, penambahan ukiran ini tidak bisa dilakukan asal-asalan, harus ada pertimbangan supaya tidak menghilangkan keminimalisan pada desain furnitur tersebut. Ukiran yang ditambahkan harus dibuat dengan motif-motif yang simpel seperti cukup dengan menambahkan variasi ukiran bermotif garis-garis atau ukiran yang bermotif simpel lainnya.Sesuaikan juga furnitur dengan tema hunian kita, meskipun sebuah furnitur minimalis awamnya mudah disesuaikan dengan sebuah hunian, namun sebuah tema tetaplah penting.

Selain itu, penambahan aksen ukiran biasanya hanya dalam jumlah sedikit. Hal tersebut bertujuan supaya furnitur yang dibuat itu tidak terlihat rumit. Gambar di atas termasuk salah satu motif ukiran sederhana yang biasa ditambahkan pada furnitur berdesain minimalis. Salah satu hal yang penting untuk diperhatikan adalah penempatannya, dengan penempatan furnitur yang tepat akan membuat sebuah hunian tampat lenbih indah, selain itu, menyelaraskan warna sebuah furnitur sangatlah penting.