BTN Batam Sediakan Layanan Prioritas

Incar DPK Tinggi

Jumat, 13/09/2013
NERACA

Batam - PT Bank Tabungan Negara Tbk serius mengejar perolehan Dana Pihak Ketiga (DPK) perseroan. Tahun ini, bank Badan Usaha Milik Negara (BUMN) itu mentargetkan Dana Pihak Ketiga dapat bertumbuh sekitar 22% pada akhir tahun 2013. Pada posisi Juni 2013 Dana Pihak Ketiga Bank BTN tercatat sebesar Rp82,6 triliun.

“Kami ingin bagaimana agar Dana Pihak Ketiga Bank BTN dapat didorong untuk terus tumbuh. Peningkatan layanan BTN Prioritas di kantor cabang Batam kami harapkan dapat mendorong perolehan Dana Pihak Ketiga Bank BTN,” kata Irman Alvian Zahiruddin, Direktur Bank BTN, dalam keterangan tertulisnya, Kamis (12/9).

Menurut dia, setelah sukses meningkatkan layanan kantor BTN Prioritas di kantor cabang Baikpapan pekan lalu, kini Batam giliran menjadi perhatian Bank BTN dalam peningkatan layanan pioritas di kantor cabang tersebut. Sesuai rencana bisnis tahun 2013, Batam termasuk salah satu kantor yang akan ditingkatkan pelayanannya.

Perkembangan bisnis yang luar biasa di wilayah Batam, imbuh Irman, menjadi pertimbangan manajemen Bank BTN untuk memberikan layanan lebih kepada para pelaku bisnis di wilayah ini. Setelah 16 kantor layanan BTN Prioritas hadir untuk memberikan layanan lebih kepada masyarakat, kini Bank BTN meningkatkan lagi layanan kantor tersebut di Batam.

Irman menambahkan, Batam merupakan salah satu pusat kegiatan perkonomian di Indonesia. Kegiatan ekonomi yang paling menonjol adalah bidang industri yang mendapat porsi 57%. Batam dengan jumlah penduduk sekitar 650 ribu orang pada tahun 2012 telah menjadi tempat tujuan pengembangan bisnis dengan lalu lintas yang cukup mudah menghubungkan Malaysia dan Singapura.

“Ini akan mendongkrak ekonomi di wilayah Batam yang berdampak pada perkembangan bisnis menjadi luar biasa di wilayah ini. Mudah-mudahan tepat jika Bank BTN akhirnya memutuskan untuk meningkatkan layanan prioritas di kantor cabang Batam,” jelasnya.

Dia menyebut, inovasi produk perbankan menjadi sebuah kebutuhan yang harus dipenuhi oleh Bank. Hal ini telah menjadi perhatian Bank BTN dalam pengembangan produknya. “Peningkatan layanan BTN prioritas di wilayah kantor cabang Batam adalah salah satu yang kami lakukan untuk memenuhi kebutuhan nasabah yang semakin luas,” jelas Irman.

Layanan BTN Prioritas, urai Irman, dapat memberikan layanan lebih kepada para nasabah Bank BTN. “Dengan peningkatan layanan lebih yang dapat kami berikan kepada nasabah di wilayah Batam, kami berharap dapat menambah perolehan Dana Pihak Ketiga Bank BTN Batam. Paling tidak dalam setiap peningkatan layanan yang kami lakukan bagaimana dapat berdampak pada bertambahnya Dana Pihak Ketiga. Kami serius untuk menggali dana masyarakat agar cost of fund Bank BTN dapat terus bersaing di pasar,” terang Irman.

Dia mengutarakan, sampai 30 Juni 2013, Bank BTN telah memiliki 817 kantor cabang (konvensional dan syariah) ditambah oleh 2.922 outlet Kantor Pos Online. Perseroan juga telah memiliki 1.499 ATM yang tersebar di seluruh Indonesia dan lebih dari 40 ribu ATM yang terkoneksi dengan jaringan ATM Link, Bersama dan Prima. Bank BTN juga telah dilengkapi dengan layanan prioritas di 17 kantor yang tersebar di beberapa wilayah Indonesia.

Saat ini, Bank BTN membukukan Asset sebesar Rp118,595 triliun, dengan Total Dana Pihak Ketiga yang berhasil dihimpun perseroan sebesar Rp82,656 triliun dan Kredit & Pembiayaan sebesar Rp91.403 triliun serta Laba Bersih perseroan sebesar Rp673 miliar. [kam]